Aspek Geografi

3 min read

Aspek Geografi

Geografi merupakan suatu ilmu pengetahuan dengan objek utamanya adalah bumi beserta segala isinya, termasuk di dalamnya segala peristiwa atau fenomena yang timbul akibat adanya hubungan interaksi antara berbagai unsur fisik maupun sosial dilihat dari konteks keruangan. Aspek-aspek google meliputi aspek fisik dan aspek sosial.

Dalam materi geologi di sekolah, kita akan diajarkan mengenai materi geografi yang di dalamnya terdapat bab-bab yang sangat penting. Geografi sendiri adalah suatu bidang ilmu yang membahas mengenai lokasi, persamaan, dan perbedaan kerungan atas fenomena fisik dan juga manusia di atas permukaan bumi.

Di dalam geologi akan dibahas mengenai konsep geografi, prinsip geografi dan aspek geografi. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja aspek-aspek dalam geografi. Aspek geografu Terdapat dua aspek, yaitu sebagai berikut.

Aspek Fisik

Aspek Geografi

Aspek fisik dalam geografi hanya membahas unsur-unsur geosfer yang bersifat fisik. Tentu saja dalam aspek-aspek geografis fisik yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia begitu banyak, tapi dalam pembahasan ini terbatas pada beberapa aspek. Berikut adalah aspek fisik yang dapat memengaruhi kehidupan manusia.

1. Cuasa

Cuasa adalah keadaan udara pada saar tertentu dan wilayah tertentu yang relatif sempit serta pada jagka waktu yang singkat. Cuaca terbentuk dari gabungan unsur cuaca dan jangka waktu cuaca biasanya beberapa jam saja sehingga keadaan cuaca berbeda-beda untuk setiap tempat dan setiap jamnya. Dalam kehidupan manusia, cuaca sangat berpengaruh terutama dalam dunia perhubungan, khususnya untuk kelancaran sarana transportasi pesawat terbang dan kapal laut.

2. Iklim

Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca dalam waktu 1 tahun. Iklim merupakan elemen geografi penting yang dapat mempengaruhi kegiatan manusia. Kondisi iklim di permukaan bumi bervariasi. Pengaruh iklim terhadap kegiatan manusia antara lain sebagai berikut.

  • Arsitektur di wilayah yang memiliki dua musim lebih banyak ventilasi karena kondisi yang lembap, sedangkan wilayah yang memiliki empat iklim lebih tertutup dan rapat karena perbedaan panas dan dingin yang mematikan.
  • Sekitar bulan Oktober-April petani dan Asia mulai bekerja di tanah mereka karena dalam bulan-bulan tersebut memiliki musim hujan.

3. Vulkanisme

Vulkanisme adalah peristiwa yang terjadi sehubungan dengan naiknya magma dari dalam bumi. Magma adalah campuran batu-batuan dalam keadaan cair, liat, serta sangat panas yang berada di dalam perut bumi. Vulkanisme ini berkaitan dengan aktivitas gunung api. Aktivitas gunung api tidak hanya menimbulkan kerugian, tetapi juga dapat memberikan keuntungan, diantaranya daerah di sekitar gunung api sangat subur sehingga hasil pertaniannya sangat besar.

4. Gampa Bumi

Gempa bumi adalah gerakan kulit bumi secara tiba-tiba akibat adanya patahan atau letusan gunung api yang diikuti serangkaian getaran yang dirambatkan hingga ke permukaan bumi. Baik gempa tektonik maupun vulkanik sangatlah memengaruhi kehidupan manusia. Efek yang dihasilkan oleh gempa pada kehidupan di permukaan bumi sangat luas, bisa berdampak negatif seperti rusaknya bangunan dan jatuhnya korban jiwa, tetapi juga bisa memberikan efek positif misalnya sebagai berikut.

  • Kehadiran gempa tektonik dapat membantu ahli geologi untuk menentukan isi dari mineral dalam litosfer.
  • Kehadiran gempa dapat membantu arsitek dalam menentukan bentuk rumah dan bahan yang digunakan untuk membangun rumah yang tahan gempa.

5. Relief (Batuan Bumi)

Relief atau batuan bumi adalah tinggi rendahnya permukaan bumi. Relief bumi merupakan aspek fisik geografi yang memengaruhi kehidupan manusia maupun tumbuhan. Hal ini sangat berpengaruh pada aktivitas ekonomi masyarakat. Pada masyarakat yang tinggal di dataran tinggi mayoritas berkebun, sedangkan di dataran rendah bertani. Berikut adalah contoh pengaruh relief bumi terhadap pertumbuhan tanaman dalam klasifikasi iklim junghuhn.

Aspek Geografi
Klasifikasi iklim Junghuhn

Aspek Sosial

Aspek Geografi

Selain aspek fisik, aspek geografi juga mencakup aspek sosial. Geografi mengkaji manusia yang hidup didalamnya atas keterkaitan dengan fenomena yang terjadi di geosfer. Aspek sosial meliputi aspek penduduk, mobilitas penduduk, dan persebaran penduduk yang tidak merata.

Pada aspek ini manusia dipandang sebagai fokus utama dari kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran manusia dalam ruang dan kaitan perilaku manusia dengan lingkungannya.  Aspek sosial yang dapat memengaruhi kehidupan manusia di antaranya sebagai berikut.

1. Populasi Penduduk

Salah satu aspek sosial yang memengaruhi kehidupan manusia adalah jumlah penduduk. Potensi besar penduduk dapat mendukung atau menghambat pembangunan. Sebagai contoh, besarnya jumlah penduduk usia produktif adalah sumber tenaga kerja, tetapi jika kuantitas tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas penduduk dapat berdampak pada banyaknya jumlah tenaga kerja yang kurang terdidik.

Potensi penduduk yang dapat mendukung pengembangan antara lain sebagai berikut.

  • Penduduk usia produktif merupakan sumber tenaga kerja.
  • Populasi besar dapat digunakan sebagai tenaga kerja perkembangan.
  • Kualitas tinggi dari tenaga kerja dapat digunakan sebagai ahli.

2. Mobilitas Penduduk

Dalam hal ini yang dikaji adalah urbanisasi. Urbanisasi memberi dampak pada daerah tujuan maupun daerah yang ditinggalkan. Fenomena yang bisa kita lihat di daerah perkotaan sebagai dampak dari urbanisasi adalah penyebaran dan tingkat perumahan kumuh yang tinggi. Sementara itu, fenomena yang muncul di daerah perdesaan adalah menurunnya produktivitas pertanian sebagai dampak dari kehilangan pekerja usia muda.

3. Penyebaran Penduduk yang Tidak Merata

Penyebaran penduduk yang tidak merata dapat menyebabkan pembangunan wilayahnya juga tidak merata sehingga terjadilah kesenjangan ekonomi. Kesenjangan ekonomi akan berdampak pada stabilitas masyarakat.

Baik aspek fisik maupun sosial tidak dibahas secara sendiri-sendiri, melainkan saling berhubungan (korelasi) membentuk berbagai gejala dan fenomena di permukaan bumi yang tidak terlepas dari kegiatan alam dan manusia secara bersama-sana serta saling memengaruhi. Sebagai contoh, ketersediaan air tanah bergantung pada banyak sedikitnya peresapan air ke dalam tanah.

Hal ini dipengaruhi oleh jenis batuan dan jenis penutupan lahan. Jenis penutupan lahan sangat bergantung pada aktivitas manusia dalam mengolah lahan. Jika lahan banyak ditutup oleh tembok-tembok karena kegiatan industri atau permukiman. Kesempatan tanah untuk menyerap air sangat sedikit dan akibatnya cadangan air tanah akan berkurang.

Aspek Geografi Menurut Para Ahli

Aspek Geografi

Seorang tokoh bernama William Kirk menyusun struktur lingkungan geografi menjadi dua aspek, yaitu aspek fisik dan aspek nonfisik. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Aspesk Fisik

Aspek fisik geografi yaitu sebagai berikut.

  • Aspek tolopogi, membahas hal-hal yang berkenaan dengan letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka buminya, luas area, dan batas-batas wilayah yang mempunyai ciri khas tertentu.
  • Aspek biotik, membahas karakter fisik dari manusia, hewan, dan tumbuhan.
  • Aspek nonbiotik, membahas tentang tanah, air, dan atmosfer (termasuk iklim dan cuaca).

2. Aspek Nonfisik

Aspek nonfisik, mentitikberatkan pada kajian manusia dari segi kerakteristik perilakunya. Pada aspek ini mansuia dipandang sebagai fokus utama dari kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran manusia dalam ruang dan kaitan perilaku manusia dengan lingkungannya. Beberapa aspek kajian pada aspek nonfisik antara lain sebagai berikut.

  • Aspek sosial, membahas tentang adat, tradisi, kelompok masyarakat, dan lembaga sosial.
  • Aspek ekonomi, membahas tentang industri, perdagangan, pertanian, transportasi, pasar, dan sebagainya.
  • Aspek budaya, membahas tentang pendidikan, agama, bahasa, kesenian, dan lain-lain.
  • Aspek politik, misalnya membahas tentang kepertaian dan pemerintahan.

Nah, itulah aspek-aspek geografi secara umum (aspek fisik dan aspek sosial), dan juga aspek menurut para ahli (Willian Kirk) beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomnesia.id bagikan mengenai materi geografi tentang aspek geografi dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *