Persebaran Fauna di Indonesia

1 min read

Persebaran Fauna di Indonesia

Persebaran flora dan fauna di Indonesia secara umum dibagi menjadi tiga wilayah utama, yaitu wilayah Indonesia bagian timur, Indonesia bagian barat, dan Indonesia bagian tengah. Akibat letaknya secara geomorfologi, Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna yang cukup besar.

Bagian barat Indonesia dekat dengan Banua Asia sehingga flora dan fauna yang terdapat juga memiliki kesamaan dengan flora dan fauna Asia. Adapun untuk Indonesia bagian timur yang dekat dengan Australia, flora dan faunanya juga mirip dengan flora dan fauna Australia.

Sedangkan Indonesia bagian tengah merupakan daerah peralihan antara Indonesia barat dan Indonesia bagian timur sehingga di daerah ini memiliki ciri khas sendiri untuk jenis flora dan faunanya.

Baca: Persebaran Flora di Indonesia

Persebaran Fauna di Indonesia

Persebaran fauna di Indonesia juga dibagi menjadi tiga bagian, wilayah Indonesia bagian timur, tengah, dan barat. Ketiga wilayah ini dibatasi oleh garis Wallace di bagian barat dan Weber di bagian timur. Berikut adalah daerah persebaran fauna di Indonesia.

1. Indonesia Bagian Barat

Persebaran Fauna di Indonesia
Siamang (Kera Hitam)

Persebaran hewan di bagian barat Indonesia meliputi Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Fauna yang hidup di wilayah ini antara lain hewan mamalia seperti gajah, badak bercula satu, tapir, rusa, benteng, kerbau, monyet, orang utan, macan, tikus, bajing, kijang, kelelawar, landak, babi hutan, sertai harimau yang tersebar di daerah Sumatra, dan Kalimantan.

Fauna yang termasuk reptil, terdiri dari buaya, kura-kura, kadal, ular, tokek, biawak, dan bunglon. Sebangsa burung, terdiri dari burung hantu, elang, jalak, merak, kutilang, serta macam-macam unggas.

Hewan khas dari Indonesia barat antara lain siamang yaitu kera hitam yang tak berekor, dan ikan pesut di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Fauna-fauna tersebut sebagian besar mirip dengan fauna yang terdapat di Benua Asia.

2. Indonesia Bagian Tengah

Persebaran Fauna di Indonesia
Komodo

Persebaran hewan di bagian tengah Indonesia meliputi Pulau Sulawesi dan kepulauan di sekitarnya, Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Timor, dan Kepulauan Maluku. Jenis fauna yang ada antara lain mamalia yang terdiri dari anoa, babi rusa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, tarsius, monyet seba, kuda, dan sapi.

Jenis reptil yaitu buaya, komodo, dan biawak. Amfibi terdiri dari katak pohon, katak terbang, dan katak air serta sebangsa burung. Di kawasan ini terdapat hewan khas yang hanya dapat dijumpai di Indonesia, yaitu anoa di Sulawesi, babi rusa di Sulawesi dan Maluku Barat, biawak dan komodo di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, serta burung maleo yang terdapat di Sulawesi dan Kepulauan Sangihe.

3. Indonesia Bagian Timur

Persebaran Fauna di Indonesia
Cendrawasih

Persebaran hewan di bagian timur Indonesia meliputi wilayah Papua dan pulau-pulau di sekitarnya. Fauna di daerah ini antara lain mamalia yang berkantong seperti kanguru dan kuskus yang juga terdapat di Australia.

Reptil terdiri dari buaya, biawak, ular, kadal, dan kura-kura. Amfibi dari katak pohon, katak terbang, dan katak air. Sebangsa burung, yang memiliki bulu yang sangat indah terdiri dari nuri, raja udang, cenderawasih, kasuari, dan namundur.

Nah, itulah persebaran fauna di Indonesia yang terbagi ke dalam tiga wilayah, yaitu barat, tengah, dan timur beserta contoh hewannya. Demikian artikel yang dapat kami bagikan dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Manfaat Hutan

Poer Poer
3 min read

Cara Melestarikan Hutan

Poer Poer
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *