Persebaran Flora di Indonesia

2 min read

Persebaran Flora di Indonesia

Persebaran flora di Indonesia terbentuk karena adanya peristiwa geologis yang terjadi pada jutaan tahun yang lalu, yaitu pada masa pencairan es (zaman glasial). Pada saat itu terjadi pencarian es secara besar-besaran yang menyebabkan naiknya permukaan air laut di bumi. Hal ini menyebabkan beberapa wilayah yang dangkal kemudian menjadi tenggelam oleh air laut dan membentuk wilayah perairan yang baru.

Beberapa wilayah perairan baru di sekitar Indonesia yang terbentuk pada masa berakhirnya zaman glasial itu adalah Laut Jawa yang terdapat di daerah Dangkalan Sunda dan Laut Arafura yang terdapat di daerah Dangkalan Sahul. Terbentuknya perairan baru di daerah dangkalan tersebut menyebabkan flora yang semula dapat dengan bebas bermigrasi akhirnya terhambat oleh perubahan kondisi geologis.

Jenis tumbuhan yang tersebar di wilayah Indonesia meliputi hutan tropis, hutan musim, hutan pegunungan, hutan bakau, dan sabana tropis.

Baca: Persebaran Fauna di Indonesia

4 Kelompok Persebaran Flora di Indonesia

Persebaran Flora di Indonesia

Persebaran flora di wilayah Indonesia itu sendiri terbagi ke dalam empat kelompok besar wilayah flora Indonesia, yaitu sebagai berikut.

1. Wilayah Flora Sumatera-Kalimantan

Tersebar di Pulau Sumatra dan Kalimantan serta pulau-pulau kecil di sekitarnya (Nias, Enggano, Bangka, Belitung, Kepulauan Riau, Natuna, Batam, Buton, dan lain-lain). Contoh flora khas yang tumbuh adalah bunga bangkai (Rafflesia arnoldii).

2. Wilayah Flora Jawa-Bali

Tersebar di Pulau Jawa, Madura, Bali, dan kapulauan-kapulauan kecil di sekitarnya (Kepulauan Seribu, Kepulauan Karimunjawa). Contoh flora khas yang tumbuh adalah pohon burohal (kepel).

3. Wilayah Flora Kepulauan Wallace

Tersebar di Pulau Sulawesi, Timor, Kepulauan Maluku, dan Nusa Tenggara. Contoh flora yang tumbuh adalah pohon sagu.

4. Wilayah Flora Papua

Meliputi wilayah Pulau Papua dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Contoh flora khas yang tumbuh adalah eukaliptis, sama dengan jenis tumbuhan yang tumbuh di daerah Queensland, Australia Utara.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

Tumbuh-tumbuhan yang hidup di suatu tempat ada yang tumbuh secara alami dan ada juga yang dibudidayakan oleh manusia. Flora atau dunia tumbuhan di berbagai tempat di dunia pasti berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain iklim, jenis tanah, relief atau tinggi rendah permukaan bumi, dan biotik (pengaruh makhluk hidup).

Adanya faktor-faktor tersebut, Indonesia memiliki keanekaragaman jenis tumbuh-tumbuhan. Iklim memiliki pengaruh yang sangat besar terutama suhu udara dan curah hujan. Daerah yang curah hujannya tinggi memiliki hutan yang lebat dan jenis tanaman lebih bervariasi, misalnya di Pulau Sumatra dan Kalimantan.

Adapun daerah yang curah hujannya relatif kurang tidak memiliki hutan selebat seperti di Nusa Tenggara. Daerah ini banyak ditumbuhi semak belukar dengan padang rumput yang luas. Suhu udara juga memengaruhi tanaman yang dapat hidup di suatu tempat.

Zonasi Pembatasan Wilayah Flora di Indonesia

Junghuhn telah membuat zonasi (pembatasan wilayah) tumbuh-tumbuhan di Indonesia sebagai berikut.

  • Daerah panas (0-650 meter), tumbuhan cocok di daerah ini adalah kelapa, padi, jagung, tebu, dan karet.
  • Daerah sedang (650-1.500 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah kopi, teh, tembakai, dan sayuran.
  • Daerah Sejuk (1.500-2.500 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah teh, sayuran, kina, dan pinus.
  • Daerah Dingin (di atas 2.500 meter), tidak ada tanaman budi daya.

Jenis Flora di Indonesia yang Dipengaruhi Oleh Iklim

Persebaran Flora di Indonesia
Stepa

Beberapa jenis flora di Indonesia yang dipengaruhi oleh iklim antara lain sebagai berikut.

1. Hutan Musim

Hutan musim terdapat di daerah di Indonesia yang memiliki suhu udara tinggi dan memiliki perbedaan kondisi tumbuhan di musim hujan dan musim kemarau. Pada musim kemarau, pohonnya akan meranggas dan pada musim hujan akan tumbuh hijau kembali. Contoh hutan musim adalah hutan jati dan kapuk randu. Hutan musim banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

2. Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis terdapat di daerah yang curah hujannya tinggi. Indonesia beriklim tropis dan dilalui garis khatulistiwa sehingga Indonesia banyak memperoleh sinar matahari sepanjang tahun, curah hujan tinggi dan temperatur udara tinggi. Di Indonesia hutan hujan tropis terdapat di Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

3. Sabana

Sabana terdapat di daerah yang curah hujannya sedikit. Sabana berupa padang rumput yang diselingi pepohonan yang bergerombol. Sabana terdapat di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

4. Stepa

Stepa adalah padang rumput yang sangat luas. Stepa terdapat di daerah yang curah hujannya sangat sedikit atau rendah. Stepa terdapat di Nusa tenggara Timur. Wilayah Stepa umumnya baik untuk peternakan.

5. Hutan Bakau atau Mangrove

Hutan bakau atau mangrove adalah hutan yang tumbuh di pantai yang berlumpur. Hutan bakau banyak terdapat di pantai Papua, Sumatra bagian timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan.

Nah, itulah informasi mengenai persebaran flora di Indonesia beserta pembagian kelompok, zona wilayah persebaran, dan jenis flora di Indonesia yang dipengaruhi oleh iklim. Demikian artikel yang dapat kami bagikan tentang persebaran flora di Indonesia dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Manfaat Hutan

Poer Poer
3 min read

Cara Melestarikan Hutan

Poer Poer
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *