Letak Geologis, Geomorfologis, Maritim, Sosiografis

1 min read

Letak Geologis, Geomorfologis, Maritim, Sosiografis

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak di wilayah Asia Tenggara. Indonesia terdiri dari beberapa pulau besar dan pulau kecil, dan 6.000 diantaranya tidak berpenghuni. Berdasarkan letak astronomis, Indonesia menjadi sebuah negara yang beriklim tropis.

Sedangkan secara geografis Indonesia terletak di antara dua Benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Serta Indonesia juga terletak di antara dua samudera, yaitu samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Salah satu keuntungan dari letak geografis Indonesia adalah Indonesia menjadi poros silang dunia, dimana hal ini menjadikan Indonesia memiliki keunggulan pada sektor perekonomian dan pariwisata.

Selain secara astronomis dan geografis, letak Indonesia juga masih meliputi letak geologis, letak geomorfologis, letak maritim, dan letak sosiografis. Adapun penjelasan dan letak-letak tersebut adalah sebagai berikut.

1. Letak Geologis Indonesia

Letak Geologis, Geomorfologis, Maritim, Sosiografis

Letak geologis adalah letak suatu daerah atau negara berdasarkan struktur batu-batuan yang ada pada kulit buminya. Leta geologis Indonesia dapat terlihat dari beberapa sudut, yaitu dari sudut formasi geologinya, keadaan batuannya, dan jalur-jalur pegunungannya.

Dilihat dari jalur-jalur pegunungannya, Indonesia terletak pada pertemuan dua rangkaian pegunungan muda, yaitu rangkaian Sirkum Pasifik, dan rangkaian Sirkum Mediterania.

Oleh karena itu, di Indonesia banyak memiliki gunung berapi yang masih aktif dan sering terjadi gempa. Terdapat bukti-bukti tersier yang kaya akan barang tambang, seperti minyak bumi, batu bara, dan bauksit.

Adapun letak Indonesia secara geologis adalah sebagai berikut.

  • Indonesia dilalui oleh dua buah rangkaian pegunungan besar di dunia, yaitu rangkaian Sirkum Meditrania dan Sirkum Pasifik.
  • Indonesia terletak pada pertemuan lempeng lithosfer, yaitu lempeng Indo – Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.
  • Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu Dangkalan Sunda, Dangkalan Sahul, dan Daerah laut pertengahan Australia Asiatis.

2. Letak Geomorfologi indonesia

Letak Geologis, Geomorfologis, Maritim, Sosiografis

Letak geomorfologi adalah letak suatu tempat berdasarkan tinggi rendahnya tempat tersebut terhadap permukaan air laut atau dilihat dari bentuk permukaan bumi. Letak geomorfologi di Indonesia dipengaruhi oleh letak geologis Indonesia sendiri.

Pengaruh Letak Geomorfologi

Perbedaan letak geomorfologis Indonesia memberikan pengaruh yang bermacam-macam, yaitu sebagai berikut.

  • Adanya suhu yang berbeda-beda sangat berpengaruh terhadap jenis tanaman.
  • Menentukan ada tidaknya mineral-mineral yang dikandung oleh batuan tersebut.
  • Menentukan kepadatan penduduk, misalnya tempat-tempat yang morfologi daratannya berbukit atau terjal kepadatan penduduknya kecil.
  • Perlu memperhitungkan morfologi daerah sebelum membangun bangunan-bangunan, jembatan-jembatan, gedung-gedung, dan jalan-jalan raya.

Baca juga: Letak Indonesia Secara Astronomis dan Geografis

3. Letak Maritim Indonesia

Letak Geologis, Geomorfologis, Maritim, Sosiografis

Letak maritim adalah letak suatu tempat ditinjau dari keadaan kelautan di sekitanya, yaitu apakah tempat itu dekat atau jauh dari laut serta apakah sebagian atau seluruhnya dilingkungi oleh laut, dan sebagainya.

Letak maritim Indonesia sangat baik sebab wilayahnya yang berbentuk kepulauan dikelilingi oleh tiga lautan besar, yaitu bagian timur Indonesia berhadapan dengan Samudra Pasifik, bagian selatan Indonesia berhadapan dengan Samudra Hindia, dan bagian utara Indonesia berhadapan dengan Laut Cina Selatan.

Keuntungan Letak Maritim Indonesia

Letak maritim yang demikian tentu saja membawa akibat yang baik bagi Indonesia, misalnya adanya usaha atau kegiatan di bidang pelayaran, perikanan, serta pelabuhan di wilayah Indonesia menyebabkan Indonesia mempunyai potensi ekonomi besar untuk dikembangkan dan Indonesia mempunyai posisi penting dalam percaturan politik dunia.

4. Letak Sosiografis Indonesia

Letak sosiografis adalah letak suatu tempat ditinjau dari sosio-kulturalnya, seperti segi ekonomi, segi politis, dan sebagainya. Intinya letak sosiografis merupakan  letak suatu daerah atau negara yang ditinjau dari segi sosial dan budaya.

Nah, itulah penjelasan mengenai letak Indonesia secara geologis, geomorfologi, sosiografis, dan letak maritim Indonesia. Demikian artikel yang dapat kami bagikan mengenai salah satu materi dalam geografi, sekian dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *