Letak Indonesia Secara Astronomis dan Geografis

2 min read

Letak Indonesia Secara Astronomis dan Geografis

Indonesia adalah negara berbentuk kepulauan yang terletak di wilayah Asia Tenggara. Indonesia memiliki 13.487 pulau besar dan kecil, dengan sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni. Secara astronomis Indonesia merupakan sebuah negara dengan iklim tropis.

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km² dan luas perairannya 3.257.483 km². Pulau terpadat penduduknya adalah Pulau Jawa dan setengah populasi indonesia bermukim di pulau ini.

Indonesia terdiri dari lima pulau besar, yaitu Jawa dengan luas 132.107 km², Sumatra dengan luas 473.606 km², Kalimantan dengan luas 539.460 km², Sulawesi dengan luas 189.216 km², dan Papua dengan luas 421.981 km².

Batas Wilayah Indonesia

Batas wilayah Indonesia diukur dari kapulauan menggunakan teritorial laut 12 mil laut serta Zona Ekonomi Ekslusif 200 mil laut, searah penjuru mata angin, yaitu sebagai berikut.

  1. Batas Utara: Malaysia, Singapura, Filipina, dan Laut Cina Selatan.
  2. Batas Selatan: Australia, Timor Leste, dan Samudra Hindia.
  3. Batas Barat: Samudra Hindia.
  4. Batas Timur: Papua Nugini, Timor Leste, dan Samudra Pasifik.

Untuk lebih memahami kondisi wilayah Indonesia, bisa simak letak fisiografi di bawah ini. Letak fisiografi adalah letak suatu tempat berdasarkan segi fisiknya, seperti segi garis lintang dan garis bujur, posisi daerah lain, permukaan bumi, dan kaitannya dengan laut. Letak fisiografi meliputi letak astronomis dan letak geografis.

Letak Astronomis Indonesia

Letak Indonesia Secara Astronomis dan Geografis

Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan koordinat garis lintang dan garis bujurnya. Letak Astronomis Indonesia adalah 6° LU (Lintang Utara) – 11° LS (Lintang Selatan) dan 95° BT (Bujur Timur) – 141° BT (Bujur Timur).

Keuntungan Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis ini mengakibatkan Indonesia mengalami iklim tropis yang sangat membawa keuntungan bagi negara Indonesia. Keuntungan yang didapat oleh Indonesia dengan posisi/letak astronomis tersebut adalah memilik curah hujan yang tinggi dan penyinaran matahari sepanjang tahun.

Lahan-lahan pertanian sangat bergantung dengan curah hujan yang tinggi dan penyinaran matahari sehingga dapat memberikan kesuburan pada lahan pertanian. Dengan demikian, memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Selain itu, wilayah Indonesia juga banyak terjadi penguapan sehingga kelembapan udara cukup tinggi. Hal ini sangat menguntungkan bangsa Indonesia untuk bercocok tanam ataupun beraktivitas dalam segala bidang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Batas wilayah Indonesia berdasarkan letak astronomis adalah sebagai berikut.

  1. Wilayah Indonesia paling utara  adalah Pulau We, yang terletak pada 6°.08′ LU.
  2. Wilayah Indonesia paling selatan adalah Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur terletak pada 11°.15′ LS.
  3. Wilayah Indonesia paling barat adalah Pulau We di ujung utara Pulau Sumatra terletak pada 95°.45′ BT.
  4. Wilayah Indonesia paling timur adalah kota Merauke terletak pada 141°.05′ BT.

Berdasarkan posisi bujurnya wilayah Indonesia terbagi atas tiga wilayah waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB) GMT + 7, Waktu Indonesia Tengah (WITA) GMT + 8, dan Waktu Indonesia Timur (WIT) GMT + 9.

Letak Gerografis Indonesia

Letak Indonesia Secara Astronomis dan Geografis

Letak geografis adalah letak suatu tempat dilihat dari kenyataannya di muka bumi atau letak suatu tempat dalam kaitannya dengan daerah lain di sekitarnya. Letak geografis disebut juga letak relatif.

Disebut relatif karena posisinya ditentukan oleh fenomena-fenomena geografis yang membatasinya, misalnya gunung, sungai, lautan, benua, dan samudra.

Secara geografis wilayah Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra, yaitu Benua Asia dan Benua Australia, sedangkan samudra yang membatasi adalah Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Letak geografis ini sangat berpengaruh terhadap keberadaan wilayah Indonesia, baik dilihat dari keadaan fisik dan sosial maupun ekonomi politik. Adapun keuntungan dari letak geografis Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Indonesia memiliki kekayaan biota laut yang begitu melimpah.
  • Indonesia menjadi poros silang dunia, dimana hal ini menjadikan Indonesia memiliki keunggulan pada sektor perekonomian dan pariwisata.
  • Indonesia berada pada cincin api pasifik (ring of fire), hal ini menjadikan Indonesia memiliki banyak gunung-gunung berapi yang membuat tanah di Indonesia menjadi gembur dan subur.

Nah, itulah informasi lengkap tentang batas dan letak wilayah Indonesia secara astronomis dan geografis. Demikian artikel yang dapat kami bagikan tentang salah satu materi Geografi dalam bab letak wilayah Indonesia dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *