Manfaat Laut Bagi Manusia di Bidang Ekonomi

3 min read

Manfaat Laut Bagi Manusia di Bidang Ekonomi

Dengan wilayah laut yang sangat luas, maka Indonesia memiliki potensi kelautan yang melimpah. Berbagai sumber daya alam yang berada di laut menjadi kekayaan bangsa Indonesia.

Apakah kita akan membiarkan begitu saja kekayaan kelautan Indonesia dimanfaatkan oleh bangsa lain untuk kesejahteraan mereka, sedangkan rakyat Indonesia sebagai pemiliknya hidup dalam kemiskinan?

Tentu saja hal tersebut tidak boleh dibiarkan. Marilah kita bangun Indonesia, tingkatkan kesejahteraan rakyat, dan gali potensi kelautan yang ada!. Oleh karena itu, tentunya kita harus mengetahui apa saja manfaat laut bagi kehidupan. Kita mulai dari manfaatnya di bidang ekonomi yaitu sebagai berikut.

1. Sumber Pangan (Perikanan)

Manfaat Laut Bagi Manusia di Bidang Ekonomi

Laut Indonesia juga berfungsi sebagai sumber pangan, terutama protein hewani dalam bentuk ikan dan hasil laut lainya. Ikan termasuk salah satu komoditas ekspor nonmigas bangsa Indonesia yang telah sejak lama menjadi salah satu tulang punggung ekonomi bangsa Indonesia. Melalui usaha penangkapan ikan laut, bangsa Indonesia mampu mengekspor ikan dan hasil laut ke mancanegara, terutama ke Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.

Indonesia juga berhasil dalam mengembangkan usaha budaya perikanan, baik untuk memenuhi keperluan dalam negeri maupun untuk tujuan ekspor. Tidak kurang dari 9 juta ton ikan dihasilkan oleh laut dan wilayah perairan Indonesia, baik dalam usaha penangkapan ikan maupun usaha budi daya perikanan.

2. Pertambangan

Manfaat Laut Bagi Manusia di Bidang Ekonomi

Laut juga termasuk wilayah pertambangan yang sangat potensial bagi bangsa Indonesia. Salah satu hasil tambang terpenting yang dihasilkan dari laut Indonesia adalah minyak dan gas bumi yang sudah diekspor ke mancanegar. Selain itu, Indonesia juga terkenal sebagai penghasil timah dan pasir besi, selain bauksit dan juga granit. Sungguh banyak hasil tambang dapat digali dari laut yang mendatangkan manfaat besar bagi kesejahteraan rakyat Indonesia.

Dalam penambangan memang harus dipertimbangkan agar tidak merusak lingkungan biota laut dan terumbu karang yang banyak terdapat di perairan laut Indonesia. Selain di dasar laut, air laut itu sendiri mengandung aneka tambang yang tidak sedikit karena air laut adalah zat pelarut yang terbaik sehingga semua logam mulia terdapat di dalam air laut. Untuk melakukan penambangan air laut diperlukan teknologi mutakhir.

3. Sumber Energi

Manfaat Laut Bagi Manusia di Bidang Ekonomi

Laut juga terkenal sebagai salah satu sumber energi terbarukan yang pada saat ini memang belum tergarap dengan sempurna. Berbagai potensi energi terbarukan sebenarnya terdapat di laut Indonesia dalam jumlah yang sangat besar, diantaranya arus laut abadi yang menghubungkan dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Pasifik yang di bawah lautnya terdapat arus abadi yang jika digunakan untuk menggerakkan turbin listrik, bukan saja Indonesia melainkan juga daratan Asia bisa terang benderang olehnya.

Sayangnya arus laut yang menghubungkan dua samudra ini belum sama sekali digarap sebagai sumber energi potensial. Selain itu juga terdapat energi pasang surut, perbedaan suhu air laut, gelombang, dan sebagainya. Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau bekerja sama dengan perguruan tinggi di Riau dan Lembaga Riset ESDM Jakarta telah menemukan arus pasang surut di Selat Malaka sangat potensial untuk dikembangkan sebagai sumber energi listrik, terutama untuk daerah Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, dan Pelalawan. Termasuk juga sebagian dari daerah Indragiri Hilir.

4. Rekreasi dan Pariwisata

Manfaat Laut Bagi Manusia di Bidang Ekonomi

Sebagai sebuah negara tropis, panorama alam laut Indonesia sangat luar biasa memiliki keragaman yang dapat dijadikan sebagai pusat wisata bahari. Di kawasan Indonesia bagian timur sangat terkenal daerah Bunaken di Sulawesi Utara dan Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Termasuk juga di daerah Irian, Jawa, dan Maluku Utara yang sangat terkenal dengan keindahan alam lautnya.

Untuk Indonesia bagian barat, keindahan alam laut yang terkenal adalah di bagian pantai barat Sumatra dan selatan Jawa. Termasuk juga di daerah Kepulauan Natuna yang memiliki keindahan alam laut dan pantai yang sangat luar biasa. Untuk daerah Riau terdapat daerah Kepulauan Arwah di Rokan Hilir, dengan pantai Pulau Jemur yang indah memesona. Pada saat sekarang sedang dikembangkan pula bono Kuala Kampar yang ternyata sudah menjadi daya tarik yang sangat luar biasa bagi peselancar dunia.

Baca juga: Manfaat Hutan Bagi Lingkungan dan Manusia

5. Bahan Baku Obat-obatan

Manfaat Laut Bagi Manusia di Bidang Ekonomi

Laut juga sangat terkenal dengan kekayaan alami nabati dan hewani yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan (herbal). Ekstrak dari berbagai jenis tanaman dan hewan itu sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, baik untuk mengobati maupun untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Salah satu contoh sederhana saat ini yang sedang dikembangkan adalah ekstrak albumin dari ikan gabus yang dapat dipakai untuk mempercepat proses penyembuhan orang-orang yang memerlukan operasi ringan ataupun berat. Air laut dalam sekarang sudah populer digunakan sebagai air mineral yang dapat menyegarkan tubuh manusia.

6. Sumber Air bersih

Manfaat Laut Bagi Manusia di Bidang Ekonomi

Sudah tidak dapat diragukan lagi bahwa laut bisa menjadi sumber air bersih bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Di dalam alut ternyata banyak terdapat sumber mata air tawar termasuk juga sumber air mineral yang siap untuk ditambang sebagai sumber air bersih.

Selain itu, air laut juga dapat menjadi sumber air bersih dengan melakukan penyulingan buatan seperti yang sudah dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi di Jeddah yang dapat digunakan untuk memenuhi keperluan, bukan saja bagi manusia melainkan juga bagi hewan ternak dan tumbuh-tumbuhan yang memang sangat bergantung dari sumber air bersih yang dipompakan ke sekitar akar sehingga tanaman itu bisa hidup di padang pasir yang gersang.

7. Saran Transportasi

Manfaat Laut Bagi Manusia di Bidang Ekonomi

Laut bagi bangsa Indonesia bukanlah sebagai pemisah, melainkan sebagai pemersatu bangsa melalui jalur komunikasi dan transportasi termurah. Melalui jalur lautlah sebagian terbesar dari keperluan bangsa Indonesia diangkut. Oleh karena itu, laut benar-benar berfungsi sebagai pemersatu bangsa Indonesia. Hal ini sesuai dan sangat relavan dengan lambang negara Indonesia berupa burung garuda yang di bawahnya terdapat kata-kata “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Nah, itulah manfaat laut bagi kehidupan manusia di bidang ekonomi beserta penjelasannya. Demikian artikel yang yang dapat freedomnesia.id bagikan tentang salah satu materi dalam pelajaran geografi dalam bab “Potensi dan Pemanfaatan Kelautan”. Semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Contoh Barang Tambang

Poer Poer
2 min read

Ketahanan Pangan

Poer Poer
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *