Cara Melestarikan Hutan

2 min read

Cara Melestarikan Hutan

Indonesia adalah negara dengan wilayah hutan yang sangat luas. Akan tetapi, hingga saat ini berbagai persoalan lain terkait dengan hutan, seperti pembakaran hutan dan persoalan lain masih sering kita dengar. Bagaimana seharusnya pengelolaan sumber daya kehutanan dilakukan?

Hutan adalah paru-paru dunia yang dapat menyerap karbon dioksida dan menyediakan oksigen bagi kehidupan di muka bumi ini. melihat kondisi hutan Indonesia sekarang masuk pada fase sangat mengkhawatirkan, maka hutan harus terjaga keberadaannya. Untuk itu, perlu adanya upaya untuk menjaga kelestarian hutan.

Cara Melestarikan Hutan

Adapun beberapa cara atau upaya yang dapat kita lakukan untuk melestarikan hutan yaitu sebagai berikut.

1. Melakukan Reboisasi

Reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang (tandus, gundul). Reboisasi merupakan salah satu alternatif untuk melestarikan hutan. Kita dapat menanam kembali hutan-hutan yang sudah dirusak sehingga hutan akan tetap terjaga keberadaannya.

2. Menerapkan Sistem Tebang Pilih

Pemerintah harus menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon. Hal ini dapat mengurangi penebangan hutan secara liar dan dalam jumlah besar-besaran. Selain itu, sistem ini juga berguna untuk masyarakat agar tidak sembarangan dalam melakukan penebangan hutan.

3. Menerapkan Sistem Tebang Tanam

Sistem ini sangat berguna bagi pelestarian hutan. Sistem penebangan hutan yang kemudian diganti dengan menanam pohon yang telah ditebang agar hutan tetap terjaga keberadaannya.

4. Meakukan Penebangan secara Konservatif

Penebangan secara konservatif adalah penebangan dengan cara menebang pohon yang sudha tidak berproduktif lagi. Jangan sampai pohon yang masih muda dan produktif di tebang.

5. Menerapkan Larangan Penebangan Hutan secara Sewenang-wenang dan Memberikan Sanksi yang Berat bagi Pelakunya

Selain masyarakat yang harus menaga kelestarian hutan, pemerintah juga harus ikut terlibat dalam pelestarian hutan. Pemerintah harus ikut turun tangan dalam pelestarian hutan ini. Sebaliknya, pemerintah juga memberikan sanksi yang berat bagi para pelakunya, yang bisa membuat mereka jera dan tidak melakukan kesalahan lagi.

6. Melakukan Sosialisasi Pentingnya Hutan kepada Masyarakat

Cara Melestarikan Hutan

Masyarakat juga harus memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian hutan kita. Kalau boleh mencegah terjadinya penebangan liar, kita harus lakukan. Kita harus ingat benar bahwa hutan yang kita miliki adalah warisan leluhur kita, dan itu harus kita wariskan buat anak cucu kita kelak. Apa jadinya hidup mereka bila hutan yang kita miliki saat ini sudah punah di generasi mereka?

Memang ada banyak faktor pendorong yang mempercepat kerusakan hutan di Indonesia. Sebagai contoh, pengusahaan hutan yang dilakukan secara tidak berkelanjutan (unsustainable), tidak adanya kesadaran untuk menanam kembali hutan yang sudah diusahakan/dikelola, dan adanya inefisiensi yang sering terjadi mulai dari penebangan sampai kepada pemakaiannya.

Semantara itu, kenyataan di lapangan juga berbicara secara jelas bahwa jumlah jenis pohon kayu yang disukai pasaran hanya sebagian dari jumlah jenis kayu komersial yang telah diketahui. Ini tentu saja mempercepat habisnya jenis kayu tersebut. Ada efek penggandaan (multiplier effect) yang terjadi akibat hutan yang sebelumnya tidak pernah dijamah kini telah menjelma menjadi daerah yang mudah ditembus. Hutan menjadi rentan rusak dan dikotori.

7. Memperketat Perizinan HPH dan Alih Fungsi Hutan

 

Agar hutan kita tetap lestari, perlu memperketat perizinan Hak Pengelolaan Hutan (HPH) ataupun perizinan alih fungsi hutan untuk lahan perkebunan. Perusahaan yang mengajukan HPH harus diverifikasi dengan teliti bahwa perusahaan tersebut betul-betul akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan kredibilitasnya.

Hutan merupakan suatu wilayah yang cukup luas dimana di dalamnya berisi antara tumbuhan dan berbagai satwa serta beraneka unsur tak hidup lainnya, mampu mencitakan iklim dan kondisi lingkungan yang khas yang berbeda dari wilayah luarnya. Bagi kehidupan, keberadaan hutan memiliki peran penting dengan memberikan beragam manfaat.

Oleh karena itu, keberadaannya harus dijaga dan dilestarikan. Banyak fakta yang dapat menjadi pembelajaran bahwa jika hutan dirusak, hutan pun akan mengancam dengan bencana yang datangnya tidak dapat diduga. Untuk itu, kita harus memiliki kecintaan terhadap hutan agar dapat berpartisipasi menjaga dan melestarikannya.

Baca juga: Penyebab Kerusakan Lingkungan

Nah, itulah artikel mengenai cara melestarikan hutan dan upaya pemerintah dalam melestarikan hutan. Demikian artikel yang dapat kami bagikan tentang salah satu materi geografi dalam bab “menganalisis sebaran dan pengolahan sumber daya kehuatanan” dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Manfaat Hutan

Poer Poer
3 min read

Penyebab Kerusakan Lingkungan

Poer Poer
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *