Manfaat Hutan

3 min read

Manfaat Hutan

Indonesia merupakan salah satu negara yang meliki wilayah hutan yang sangat luas, terutama di pulau Kalimantan. Namun, permasalahan lain terkait hutan masih banyak ditemui, seperti pembakaran hutan, penebangan liar, dan persoalan lain masih sering kita dengar. Padahal hutan memiliki segudang manfaat baik bagi lingkungan ataupun manusia

Berikut uraian sederhana mengenai manfaat hutan bagi kehidupan.

1. Hutan Menyediakan Udara Bersih

Manfaat Hutan

Udara terasa sangat segar karena oksigen yang dihasilkan oleh pepohonan yang ada di dalam hutan melalui proses fotosintesis. Pepohonan di hutan pun mengeluaran uap air sehingga kelembapan udara tetap terjaga.

Di samping itu, pepohonan di dalam hutan juga menyerap karbon dioksida yang berbahaya apabila dihirup secara berlebih oleh manusia. Karbon dioksida berasal dari berbagai aktivitas manusia, seperti asap kendaraan bermotor, asap pabrik, proses pernapasan manusia, dan asap hasil kegiatan rumah tangga.

Dengan adanya hutan, udara di bumi menjadi bersih dan segar. Sebaliknya, rusaknya hutan mengakibatkan produksi oksigen bagi atmosfer jauh berkurang dan konsentrasi karbon dioksida semakin bertambah sehingga suhu bumi semakin panas.

2. Hutan Menyediakan Sumber Air Bersih

Manfaat Hutan

Beberapa sumber menyatakan bahwa walaupun ketersediaan air di dunia melimpah, air yang dapat dikonsumsi oleh manusia untuk keperluan minum hanya lima persen, sedangkan sisanya adalah air laut. Walaupun volume air di udara yag jatuh sebagai hujan cukup melimpah, ketika hujan mencapai permukaan bumi yang menjadi aliran mantap hanya 25% saja dan hampir tiga perempatnya terbuang ke laut.

Gambaran ini menunjukkan bahwa berapa pentingnya keberadaan hutan sebagai penyimpan air dan menjaganya di dalam tanah sebagai persediaan air bagi manusia. Perusakan hutan turut serta dalam menambag kurangnya ketersediaan sumber air bersih. Bila keberadaan hutan tidak dijaga dan dilestarikan, krisis air bersih akan kita alami.

3. Hutan Mencegah Banjir dan Erosi

Manfaat Hutan

Akar-akar pohon di hutan dapat menyimpan air di saat kemarau dan mencegah banjir pada musim penghujan. Akibatnya, banjir da tanah longsor dapat dikendalikan. Hal ini dikarenakan hutan memiliki kemampuan besar dalam menyerap dan menyimpan air hujan.

Jika tidak ada hutan, air hujan akan langsung dialirkan di atas permukaan tanah sehingga terjadi longsor, begitu pun debit air pada sungai akan meningkat drastis sehingga terjadi banjir.

Sebaliknya jika ada hutan, air hujan akan terperangkap oleh serasah yang banyak terdapat di permukaan tanah hutan, kemudian diserap oleh pori-pori tanah. Ketika musim kemarau, air yang terserap menjadi cadangan air tanah akan dialirkan sedikit-sedikit melalui mata air dan mengalir sebagai sungai sehingga tidak terjadi kekeringan.

4. Hutan Menahan Intrusi Air Laut

Di daerah pesisir pantai, hutan menahan masuknya air asin ke daratan (intrusi). Ini sangat penting untuk mendukung usaha pertanian di daerah pantai. Masuknya air laut ke daratan akan mengakibatkan semakin berkurangnya air bersih karena air tanah sudah terkontaminasi dengan air laut yang memiliki rasa asin.

Begitu pun dengan usaha pertanian yang akan terganggu ketersediaan air tawar untuk irigasi semakin berkurang. Intrusi sering menyebabkan gagal panen.

5. Hutan sebagai Tempat Hidup Satwa

Manfaat Hutan

Hutan merupakan tempat hidup beragam satwa liar, seperti anoa, babi rusa, dan berbagai jenis burung. Selain sebagai tempat tinggal, hutan juga berperan sebagai pemasok dan penyedia makanan, serta tempat berkembang biak bagi satwa yang tinggal di dalamnya.

Bagi ekosistem hutan, keberadaan satwa berperan dalam penyebaran biji tumbuhan dan meremajakan hutan. Perusakan hutan akan menyebabkan habitat satwa semakin berkurang. Akibatnya, banyak satwa yang akhirnya berkeliaran di perkebunan hingga pemukiman warga.

6. Hutan Menyediakan Hasil Hutan Kayu dan Bukan Kayu

Hutan menyediakan hasil hutan berupa kayu yang bermanfaat untuk bahan bangunan, bahan bakar, dan lain-lain. Hutan juga menyediakan hasil hutan bukan kayu, seperti buah, biji, pandan, rotan, damar, dan madu. Hasil hutan bukan kayu ini biasanya dipungut untuk dimanfaatkan langsung oleh masyarakat setempat ataupun untuk diperjualbelikan.

7. Hutan sebagai Sumber Pangan

Manfaat Hutan

Hutan menyediakan makanan bagi masyarakat sekitar yang meliputi sumber protein, bermacam buah dan biji. Bermacam varietas bahan makanan yang dapat diambil dari dalam hutan seperti sayur-sayuran, termasuk berbagai pakis dan umbi-umbian, bermacam buah dan jamur, sagu, madu, ikan, serta hewan air tawar lainnya.

Ikan dan hewan air tawar di sungai dan danau di hutan membantu pemenuhan kebutuhan protein hewani masyarakat sekitar hutan. Mengumpulkan bahan makanan dari hutan, berburu, dan memancing adalah kegiatan tambahan bagi masyarakat sekitar hutan. Apabila hutan hilang, mengambil madu, ikan, sagu, dan hasil hutan lainnya tidak lagi menjadi sumber mata pencaharian masyarakat.

8. Hutan sebagai Sumber Plasma Nutfah dan Penghasil Obat-obatan

 

Manfaat Hutan

Hutan tropis Indonesia merupakan salah satu hutan yang paling menentukan untuk kehidupan berbagai makhluk hidup di muka bumi. Kondisi hujan dan sinar matahari yang melimpah setiap saat menciptakan habitat yang sangat ideal bagi tumbuhnya berbagai flora dan fauna.

Sejumah tumbuhan dan binatang dengan keanekaragaman jenis yang tinggi telah berkembang lama dalam sejarah perkembangan hutan hujan tropis. Telah dijumpai sebanyak 28.000 jenis tumbuhan, 350.000 jenis binatang, dan 10.000 mikroba yang hidup secara alami di Indonesia. Jumlah ini bisa saja terus bertambah setelah dilakukan penelitian oleh para ahli flora dan fauna.

Oleh karena itu, Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang mempunyai megadiversity jenis hayati dan merupakan megacenter keanekaragaman hayati dunia. Hutan berperan sebagai sumber plasma nutfah (sumber gen) karena di dalam hutan masih terdapat tumbuhan dan hewan yang mempunyai sifat unggul. Hutan juga merupakan penghasil berbagai jenis tumbuhan obat. Banyak jenis tanaman obat yang banyak ditemukan di hutan.

9. Hutan sebagai Penyedia Wisata Alam

Manfaat Hutan

Di samping menyimpan beragam tumbuhan dan satwa, hutan juga memiliki potensi berupa panorama alam yang indah dan dapat dijadikan objek dalam kegiatan wisata alam. Wisata alam adalah wisata minat khusus, cocok bagi mereka yang mendambakan suasana sepi tapi segar udaranya.

Atau bagi yang mendambakan suara alam sepertu kicau burung di alam bebas, desir angin, gemericik air terjun karena setiap hari telinga lelah mendengar hiruk pikuknya pabrik atau kendaraan. Atau juga yang mendambakan warna-warni lembut seperti warna lumut yang menempel di pohon dan hijaunya daun.

Nah, itulah dia manfaat hutan bagi lingkungan dan manusia. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi kita untuk menjaga kelestarian hutan di Indonesia. Demikian artikel yang dapat kami bagikan tentang salah satu materi geografi dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Contoh Barang Tambang

Poer Poer
2 min read

Ketahanan Pangan

Poer Poer
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *