Arti Prognosa, Diagnosa, dan Prognosis

2 min read

Arti Prognosa, Diagnosa, dan Prognosis

Arti Prognosa adalah? Dalam dunia medis terdapat beberapa istilah umum seperti diagnosa, prognosa atau prognosis. Istilah tersebut tidak cuman terbatas dalam bidang medis saja. Diagnosa mengacu pada identifikasi dan juga penyebab fenomena, sedangkan prognosa dan prognosis mengacu pada masa depan kondisi.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu diagnosa, prognosa, dan juga prognosis yang banyak diajarkan di sekolah dalam meteri pelajaran biologi dan juga ekonomi. Berikut pengertian dari diagnosa, prognosa, dan juga prognosis.

Pengertian Diagnosa

Diagnosa adalah suatu cara penentuan jenis penyakit dengan memeriksa atau meneliti gejala-gejala yang timbul atau terjadi dengan memeriksa suatu hal, contohnya seperti memeriksa bagian tubuh mana yang sakit, kemudian menyimpulkan penyakit apa yang diderita.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diagnosa adalah suatu cara penentuan jenis penyakit dengan cara meneliti atau memeriksa gejala-gejalanya.

Dalam sosiologi, diagnosa adalah pemeriksaan terhadap suatu hal. Sedangkan dalam dunia medis, diagnosa adalah penentuan jenis penyakit berdasarkan tanda atau gejala yang timbul dengan menggunakan suatu cara atau alat seperti laboratorium, Rontgen (radiografi), foto, dan klinik.

Diagnosa hampir sama dengan diagnosis, tapi diagnosis mengacu pada identifikasi menganai sesuatu. Jadi diagnosis tidak hanya digunakan dalam bidang medis, tapi juga digunakan dalam bidang teknik, bisnis, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

Diagnosis medis adalah suatu cara penentuan kondisi kesehatan yang sedang dialami oleh seseorang sebagai dasar pengambilan keputusan medis untuk prognosis dan pengobatan. Umumnya, diagnosis dilakukan untuk menjelaskan apa gejala dan tanda klinis yang dialami oleh pasien, terutama dalam membedakan kondisi lain yang serupa.

Dengan demikian, diagnosis adalah kesimpulan atau evaluasi yang didapat dari suatu percobaan atau temuan.

Pengertian Prognosa

Prognosa adalah sebuah bentuk pengacuan kepada masa depan dari sebuah kondisi yang ada. Prognosa memberikan sebuah penjelasan mengenai kemungkinan dari suatu kondisi, dimana jika sudah jelas dapat dilakukan penjelesaian.

Sebuah prognosa tidaklah menjadi sebuah tujuan dibandingkan dengan pengukuran, namun prognosa menjadi sebuah bentuk komentar subjektif yang didasari atas berbagai macam kasus yang terjadi di masa lampau.

Pengertian lainnya, prognosa adalah sebuah angka proyeksi dari pencapaian tahunan yang sedang berjalan, dimanakan dibuat sebagai bentuk dasar dari penetapan target yang ada di masa depan.

Prognosa mengacu pada masa depan kondisi, dimana akan menjelaskan kemungkinan kondisi untuk bisa diselesaikan. Prognosa tidak memberikan gagasan tentang durasi. Dalam prngobatan, prognosis bisa baik atau buruk.

Pengertian Prognosis

Prognosis adalah suatu tindakan untuk memprediksi perjalanan penyakit yang didasarkan pada informasi diagnosis yang tersedia atau yang sudah dilakukan sebelumnya. Prognosis ini menunjukkan prediksi dokter mengenai bagaimana perkembangan kondisi pasien dan apakah ada kemungkinan untuk bisa pulih.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prognosis adalah suatu ramalan tentang peristiwa yang akan terjadi, khususnya yang berhubungan dengan penyakit dan juga penyembuha setelah operasi.

Dalam dunia medis, prognosis umumnya digunakan dalam laporan medis dari pandangan dokter mengenai suatu kasus, terutama dalam hal penyakit seperti kanker, patah kaki, dan lain sebagainya.

Tujuan dan Fungsi Prognosis

Tujuan prognosis adalah untuk mengkomunikasikan prediksi dari kondisi pasien di masa datang mengenai penyakit yang diderita. Sedangkan fungsi dari prognosis adalah untuk menentukan rencana terapi selanjutnya sebagai bahan pertimbangan perawatan dan juga rehabilitasi.

Prognosis akan mengungkapkan apa yang paling mungkin terjadi di masa depan berdasarkan apa yang sudah diketahui saat dilakukan pemeriksaan (diagnosa). Terkadang diagnosis tidak akurat, sehingga terjadi salah tafsir. Namun, biasanya diagnosis tepat tapi prognosisnya kurang akurat, dan kadang-kadang keduanya, yaitu diagnosis dan prognosisnya akurat.

Proknosis atau prediksi di masa depan harus dilakukan dengan hati-hati sehingga prognosisnya bisa akurat dan sesuai dengan diagnosa yang ada. Hal ini juga untuk mengantisipasi adanya konsekuensi yang lebih berat pada saat penyembuhan atau pemulihan. Jadi, untuk mewujudkan penyembuhan yang efektif dibutuhkan prognosis yang efektif pula.

Nah, itulah artikel yang dapat saya bagikan mengenai pengertian diagnosa, prognosa, dan juga prognosis beserta fungsi dan tujuan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai istilah dalam dunia medis dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *