Pengertian Presipitasi

2 min read

Pengertian Presipitasi

Presipitasi adalah? ada begitu banyak istilah yang kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya tidak semua dari kita paham benar apa arti dari seluruh istilah tersebut. Katakanlah, istilah sederhana yang berkaitan dengan atmosfer.

Atmosfer yang kita kenal selama ini berfungsi sebagai pelindung bumi. Ia adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi sampai ketinggian 300 km. Bisa dibayangkan betapa luasnya atmosfer kita tersebut. Atmosfer berisi berbagai macam gas. Yaitu nitrogen, oksigen, dan argon.

Atmosfer berfungsi sebagai jaket pelindung yang selalu siap sedia melindungi bumi dari bahaya ultra violet sinar matahari. Sehingga penduduk bumi bisa hidup aman dan nyaman menikmati limpahan sinar matahari dari hari ke hari tanpa takut terpapar dampak negatif sinar ultraviolet yang dikeluarkan oleh matahari.

Berbagai proses kimia terjadi di lapisan atmosfer. Salah satunya adalah presipitasi. Tahukah kamu apa itu presipitasi?

Pengertian Presipitasi

Presipitasi adalah sebuah peristiwa jatuhnya titik-titik air dari atmosfer ke permukaan bumi, baik berbentuk cair ataupun kristal salju. Bentuk utama dari presipitasi diantaranya hujan, salju, dan hujan es. Dengan demikian, presipitasi merupakan turunnya air (Hujan) dari atmosfer menuju permukaan bumi dan juga laut dalam bentuk yang berbeda antara lain curah hujan di daerah tropis dan curah hujan serta salju dan di wilayah beriklim sedang

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ada bermacam-macam tergantung dari sudut keilmuan yang diambil. Menurut ilmu geografi dan geologi, presipitasi adalah proses pengendapan, baik dari dalam larutan maupun dari udara permukaan ke permukaan bumi. Sementara menurut ilmu meteorologi, presipitasi adalah kandungan kelembapan udara yang berbentuk cairan atau bahan padat, seperti hujan, embun dan salju. Presipitasi juga merupakan jenis kata benda yang menunjukkan percepatan, biasanya bersifat tiba-tiba dan tidak diharapkan.

Definisi presipitasi lainnya adalah proses perubahan bentuk uap air yang kemudian menjadi hujan yang diturunkan akibat proses kondensasi di lapisan atmosfer. Presipitasi berhubungan erat dengan tingkat curah hujan yang terjadi di suatu daerah.

Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli

Ada banyak pendapat para ahli mengenai presipitasi, diantaranya adalah sebagai berikut.

Menurut Triatmodjo (2008), bentuk turunan uap air yang diturunkan dari lapisan atmosfer ke atas permukaan bumi dalam bentuk air, hujan, dan salju disebut presipitasi.

Sosrodarsono (1976), lebih menekankan pengertian presipitasi sebagai bagian dari siklus hidrologi dimana uap air terkondensasi dan akhirnya jatuh ke tanah. Kondensasi adalah sebuah proses perubahan uap air dan benda gas menjadi benda cair pada suhu udara di bawah titik embun.

Menurut Endang Tituk (dkk, 2005), presipitasi adalah suatu peristiwa terjadinya proses pengendapan antigen terlalut oleh antibodi. Sehingga presipitasi pada akhirnya antigen terlalut tersebut bisa bergerak dan semakin mudah untuk ditangkap oleh sel fagosit.

Pengertian Presipitasi

Faktor presipitasi

Faktor presipitasi adalah beberapa hal yang mempengaruhi terjadinya proses presipitasi. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kelembaban udara, tingkat kebasahan udara karena dalam udara air selalu terkandung dalam bentuk uap air. Kandungan uap air dalam udara hangat lebih banyak daripada kandungan uap air dalam udara dingin
  2. Energi Matahari, yaitu energi yang berupa sinar dan panas dari matahari. Energi matahari merupakan sebuah mesin yang mempertahankan berlangsungnya daur hidrologi, da n sifatnya mempengaruhi terjadinya perubahan iklim.
  3. Angin adalah gerakan massa udara, yaitu gerakan atmosfer atau udara nisbi terhadap permukaan bumi. Kecepatan angin sangat penting karena dapat menentukan besarnya kehilangan air melalui proses evapotranspirasi dan mempengaruhi kejadian-kejadian hujan.
  4. Suhu udara, suhu mempengaruhi besarnya curah hujan, laju evaporasi dan transpirasi.Suhu juga di anggap sebagai salah satu factor yang dapat memprakirakan dan menjelaskan kejadian dan penyebaran air dimuka bumi

Pengertian Geografi

Geografi sendiri merupakan ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi. Geografi sendiri dibagi-bagi kembali menjadi beberapa istilah. Diantaranya adalah geografi fisik, geografi maritim, dan geografi matematika. Geografi fisik adalah cabang ilmu geografi tentang ciri-ciri dan sifat-sifat permukaan bumi, atmosfer, iklim, dan sebagainya.

Geografi Maritim

Geografi maritim membahas tentang permukaan bumi, khususnya yang berhubungan dengan lautan, daratan yang berbatasan langsung dengan penduduknya, dan hubungan timbal balik antara penduduk dan lingkungan laut tersebut. Sementara itu, geografi matematika berisi pembahasan mengenai perkiraan bentuk, ukuran, serta gerakan bumi, yaitu lintang dan bujur geografi, meridian, paralel, luas permukaan bumi dan sebagainya.

Pengertian Meteorologi

Meteorologi adalah ilmu fisika yang memfokuskan diri dalam membahas tentang ciri-ciri fisika dan kimia atmosfer. Biasanya digunakan untuk meramalkan keadaan cuaca. Ada sebelas cabang ilmu meteorologi. Yaitu, meteorologi aeronautika, meteorologi bahari, meteorologi dinamis, meteorologi fisika, meteorologi kesehatan, meteorologi percobaan, meteorologi pertanian, meteorologi radar, meteorologi sinoptik, meteorologi teori dan meteorologi terapan.

Pengertian Geologi

Geologi adalah ilmu yang membahas tentang komposisi, struktur, dan sejarah bumi. Geologi memiliki cabang seperti geologi bulan dan geologi minyak. Geologi bulan adalah komposisi, struktur, dan sejarah bulan. Sedangkan geologi minyak adalah cabang geologi ekonomi yang berhubungan dengan asal, kejadian, perpindahan, pengumpulan, dan tempat pencarian minyak dan gas bumi.

Nah, itulah pengertian mengenai presipitasi secara umum menurut para ahli, beserta pengertian lainnya yang masih berhubungan dengan presipitasi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Pengertian Imitasi

Avatar Freedoms
2 min read

Arti dan Kepanjangan GWS

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Intervensi

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *