Pengertian Geografi

3 min read

Pengertian Geografi

Bumi adalah satu-satunya planet yang ditemukan adanya kehidupan. Bumi memiliki arti yang sangat penting bagi berbagai makhluk hidup yang ada di dalamnya. Semua makhluk hidup tumbuh dan berkembang di permukaan bumi.

Berbagai unsur yang terdapat di bumi ini sangat memengaruhi baik buruknya kehidupan manusia dan sebaliknya. Manusia memiliki kontribusi untuk menentukan baik buruknya kondisi bumi.

Oleh karena itu, manusia mulai mempelajari corak mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu yang selaras dengan kehidupan berkelanjutan.

Untuk mempelajari itu semua, kita dapat mempelajarinya melalu ilmu geografi. Geografi mempelajari segala fenomena yang terdapat di muka bumi, termasuk hasil interaksi manusia dan lingkungan.

Pengertian Geografi

Pengertian Geografi

Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo yang artinya bumi dan graphein yang artinya lukisan, tulisan, atau deskripsi. Jadi geografi adalah ilmu yang menggambarkan atau mendeskripsikan tentang bumi. Berikut pengertian geografi menurut para ahli.

1. Immanuel Kant

Menurut Immanuel Kant, Geografi adalah disiplin ilmu yang memiliki objek benda-benda atau gejala-gejala yang tersebar dan berasosiasi dalam ruang. Geografi tidak hanya mempelajari keadaan alam, tetapi juga dasar dari sejarah.

2. Bintarto

Menurut Bintarto, Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menceritakan dan menerangkan sifat bumi, menganalisis gejala alam dan penduduk, mempelajari corak yang khas dalam kehidupan, serta berusaha mencari fungsi unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.

3. I Made Sandy

Menurut I Made Sandy, Geografi adalah ilmu yang berusaha mengemukakan, menemukan, dan memahami persamaan dan perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi, geografi melihat gejala sesuatu dalam kaitanya dengan ruang.

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut, ditemukan adanya kesamaan titik pandang mengenai kahian dari geografi, yaitu sebagai berikut.

  • Setiap wilayah di bumi memiliki ciri khas.
  • Hubungan manusia dengan lingkungannya (interaksi).
  • Data dan fakta dalam kajian geografi dapat diperoleh di mana pun dan kapan pun.
  • Pendekatannya spasial (keruangan), ekologi (kelingkungan), dan regional (kewilayahan).

Sejarah Perkembangan Geografi

Pengertian Geografi

Orang yang pertama kali memunculkan istilah Geografi adalah seorang ilmuan Yunani Kuno yaitu Eratosthenes, dalam bukunya yang berjudul Geographica. Menurut Eratosthenes, Geographica berasal dari gabungan geo = bumi dan graphica = penulisan. Geographica, diartikan sebagai penulisan atau penggambaran tentang bumi.

Eratosthenes menulis tentang gambaran permukaan bumi, sejarah, dan konsep utama geografi. Oleh karena itu, Eratosthenes dianggap sebagai peletak dasar pengetahuan geografi.

Perkembangan geografi selanjutnya adalah munculnya tokoh geografi yang bernama Claudius ptolomeus. Menurut Ptolomeus, geografi diartikan sebagai suatu penyajian dari sebagai atau seluruh permukaan bumi melalui peta. Ptolomeus berhasil membuat peta yang dikenal dengan atlas Ptolomeus.

Perkembangan selanjutnya muncul dua pandangan dalam geografi, yaitu fisis dterminisme dan posibilisme.

a. Fisis Determinisme

Pandangan fisis determinisme mempercayai bahwa alam sangat menentukan sifat, karakter, dan pola kehidupan manusia. Tokoh yang menganut pandangan ini adalah Karl Ritter, Friederich Ratzel, dan Elsworth Huntington.

  1. Karl Ritter, konsepnya adalah geografi merupakan suatu telaah tentang bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi objek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan bumi, baik organik maupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.
  2. Friederich Ratzel, mengemukakan konsep geografi dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie. Konsep tersebut diberi nama lebensraum yang artinya wilayah geografi sebagai sumber sarana bagi organisme untuk berkembang. Ia melihat suatu negara cenderung meluaskan lebensraumnya sesuai kekuatan yang dimiliki.
  3. Elsworth Huntington, ia mengatakan geografi sebagai studi tentang fenomena permukaan bumi beserta penduduk yang menghuninya. Ia menjelaskan adanya hubungan timbal balik antara gejala dan sifat-sifat permukaan bumi dengan penduduknya. Ia juga mengemukakan bahwa kelangsungan hidup dan peradaban manusia sangat dipengaruhi oleh iklim. Pandangan Huntington kemudian terkenal sebagai determinisme iklim (memandang iklim sebagai penentu kehidupan).

b. Posibilisme

Menurut pandangan ini, manusia selain dipengaruhi oleh alam, juga berperan terhadap alam sesuai dengan perkembangan kebudayaan. Tokohnya adalah Pail Vidal de La Biache. Ia berpendapat bahwa penentu kemajuan wilayah adalah kemampuan manusia, sedangkan alam hanya memberikan kemungkinan untuk diolah dan dikembangkan.

Atas dasar itu, konsepnya disebut genre de vie atau mode of live (cara hidup). Dalam konsep ini, geografi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaiman proses produksi dilakukan manusia terhadap kemungkinan yang ditawarkan oleh alam.

Ruang Lingkup Geografi

Pengertian Geografi

Pembahasan tentang bumi dalam geografi tidak hanya berhubungan dengan fisik alamiah bumi dan bagian-bagian alam semesta yang berpengaruh terhadap bumi, tetapi juga meliputi semua fenomena yang ada di permukaan bumi, baik lingkungan fisik maupun sosial. Oleh karena itu, perlu adanya batasan yang menjadi ruang lingkup bahasan geografi.

Ruang lingkup bahasan geografi meliputi sebagai berikut.

  • Geografi fisik, yaitu mempelajari berbagai fenomena alam yang berhubungan dengan bentuk, relief, iklim, serta segala proses fisik yang terjadi di darat, laut, dan udara yang memengaruhi kehidupan manusia.
  • Geografi sosial, yaitu mempelajari segala aktivitas manusia di bumi serta interaksinya dengan lingkungan fisik maupun sosial.
  • Geografi regional, yaitu mempelajari suatu daerah atau wilayah secara khusus, baik mengenai aspek fisik maupun sosial.
  • Geografi teknis, yaitu kajian penggunaan keahlian teknis dalam geografi untuk menyelesaikan berbagai masalah.

Ruang Lingkup Geografi Menurut Rhoads Murphey

Adapun menurut Rhoads Murphey, ruang lingkup geografi adalah sebagai berikut.

  • Distribusi dan hubungan timbal balik antara manusia di permukaan bumi dan aspek-aspek keruangan permukiman penduduk  serta kegunaan dari bumi.
  • Hubungan timbal balik antara masyarakat dan lingkungan fisiknya sebagai bagian studi perbedaan area.
  • Kerangka kerja regional dan analisis wilayah secara spesifik.

Cabang Ilmu Geografi

Pengertian Geografi

Begitu luasnya ruang lingkup geografi sehingga menimbulkan adanya kebutuhan spesialisasi dari cabang ilmu geografi antara lain sebagai berikut.

  • Geomorfologi, yaitu ilmu yang mempelajari bentuk permukaan bumi dan proses bertukarnya.
  • Hidrologi, yaitu ilmu yang mempelajari pergerakan distribusi dan kualitas air.
  • Biogeografi, yaitu ilmu yang mempelajari persebaran hewan dan tumbuhan.
  • Kartografi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang proses pemetaan.
  • Geografi tanah, yaitu ilmu yang mempelajari sifat dan karakteristik tanah, persebarannya di atas permukaan bumi, serta pemanfaatan tanah untuk kehidupan.
  • Geografi kependudukan, yaitu ilmu yang mempelajari tentang segala aspej keruangan yang berkaitan dengan manusia sebagai penduduk di suatu wilayah, seperti penyebaran dan kepadatan penduduk.
  • Geografi ekonomi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang variasi wilayah di permukaan bumi dalam hubungannya dengan aktivitas manusia yaitu produksi, distribusi, serta konsumsi barang dari jas.

Nah, itulah pengertian mengenai geografi secara umum, dan menurut para ahli, beserta sejarah perkembangan geografi di dunia, dan ruang lingkup geografi. Demikian artikel yang dapat freedomnesia bagikan dan semoga bermanfaat.

Citra Foto

Avatar Freedoms
2 min read

Pendekatan Geografi

Avatar Freedoms
2 min read

Penginderaan Jauh

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *