Pengertian Alibi

1 min read

Pengertian Alibi

Alibi adalah? Alibi artinya apa? Kata alibi pasti sudah tidak asing di telinga, ya. Memang, kata yang satu ini sering dilontarkan baik dalam percakapan sehari-hari ataupun dalam tulisan-tulisan yang berseliweran di media sosial. Namun, kadang ada saja orang yang salah menempatkan kata alibi ini lantaran tidak paham apa arti kata tersebut.

Nah, supaya kamu tidak ikut-ikutan salah juga, yuk, pahami dulu pengertian alibi yang benar! Simak ulasan di bawah ini sampai selesai, ya!

Pengertian Alibi

Menurut Wikipedia Indonesia, alibi merupakan sebuah kata yang berkenaan dengan hukum. Alibi sebenarnya merupakan bahasa latin yang sama, alibi, yang berarti tempat lain. Pengertiannya, alibi merupakan suatu keterangan yang memberi pernyataan bahwa seseorang sedang ada di tempat lain saat suatu peristiwa sedang terjadi.

Alibi bisa melindungi seseorang dari jeratan hukum jika alibi tersebut disertai dengan alasan dan bukti-bukti yang kuat. Sebaliknya, jika alibi tersebut tidak terbukti atau biasa disebut dengan alibi palsu, maka justru seseorang dapat dikenakan hukuman. Bagaimana, mudah dipahami bukan, pengertian alibi menurut Wikipedia ini?

Pengertian Alibi Menurut KBBI

Menilik Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, maka alibi memiliki arti yang juga tak jauh beda dengan Wikipedia.

Alibi/ali.bi/n Huk adalah bukti bahwa seseorang berada di tempat lain saat peristiwa pidana terjadi.

Dengan kata lain, seseorang tersebut sedang tidak berada di tempat kejadian perkara. KBBI lebih mengerucutkan pengertian alibi ini pada sebuah tindak pidana. Jika ditelaah lebih jauh, maka alibi akan mengarah pada terdakwa atau seseorang yang dicurigai sebagai tersangka dalam satu peristiwa pidana.

Baca juga: Pengertian Ambigu

Contohnya begini. Ada seorang yang dituduh sebagai tersangka dalam sebuah peristiwa kriminal. Namun, tidak ada saksi mata yang melihatnya di tempat tersebut pada saat peristiwa itu berlangsung. Maka, tersangka itu perlu menghadirkan seorang alibi yang menyatakan bahwa dia tidak ada di sana saat kejadian berlangsung. Artinya, seseorang yang dijadikan alibi ini sedang ada bersama si tersangka ketika waktu kejadian berlangsung atau paling tidak memang melihat si tersangka sedang berada di tempat lain saat peristiwa kriminal itu terjadi.

Arti Alibi dalam Bahasa Gaul

Nah, setelah mengamati arti kata alibi dari Wikipedia dan KBBI di atas, sebenarnya kata-kata tersebut tidak cocok bukan, jika digunakan dalam percakapan sehari-hari? Dikarenakan, alibi merupakan kata formal yang berkaitan dengan hukum atau tindak pidana.

Namun demikian, masyarakat Indonesia sendiri sudah menjadikan alibi sebagai bahasa gaul yang digunakan dalam obrolan sehari-hari. Tentunya, pengertian alibi dalam bahasa gaul ini menjadi melenceng atau berbeda dari arti kata alibi yang sebenarnya. Kata alibi yang biasa digunakan para kaum muda ini lebih mengacu pada arti lain, yakni alasan atau pun argumentasi untuk menjawab sebuah pertanyaan. Mungkin, alibi sama artinya dengan ngeles.

Misalnya saja, ada perkataan yang terlontar seperti ini :

“Halah, hubungan persahabatan Dino dan Anggi itu cuma alibi saja. Aslinya toh, mereka pacaran.”

Dalam kalimat ini, konteks arti alibi menjadi bermakna alasan atau sebuah pengalihan. Kalimat di atas mengartikan bahwa Dino dan Anggi aslinya berpacaran, namun mereka mengaku hanya bersahabat saja. Persahabatan di sini berperan sebagai alibi atau alasan atau sesuatu yang digunakan untuk menutupi hubungan pacaran mereka.

Nah, itu dia definisi alibi jika ditilik dari Wikipedia, KBBI, dan bahasa gaul anak muda. Bagaimana, sekarang sudah paham betul bukan, arti kata yang satu ini? Jangan salah kaprah lagi, ya!

Arti Kompleksitas

Avatar Freedoms
1 min read

Pengertian Konseptual

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *