Pengertian Reservasi

3 min read

Pengertian Reservasi

Reservasi adalah? Front Office atau yang berarti kantor depan ialah bagian pertama dan terakhir para tamu melihat atau memandang. Bahkan, tidak hanya itu , bagian Front Office lebih dari melakukan  itu. Front Office yang akan melayani  tamu yang masih membooking tempat lewat dari telepon, khususnya bagian dari  Reservasi.

Semakin bertambahnya waktu, saat ini untuk pemesanan kamaar bisa dilakukan hanya tinggal klik aplikasi yang menyediakan program sejenis ini. Hal  ini memang menguntungkan kedua belah pihak. Baik bagi pemilik dari hotel atau vila, juga baik untuk tamu. Keinginan para tamu yang melakukan reservasi terlebih dahulu, akan bisa dicapai jika kondisi hotel bisa dilakukan  jauh-jauh hari dan tidak perlu repot keluar rumah. Jadi para tamu bisa mendapatkan kamar sesuai dengan apa yang mereka inginkan jika hotel menyediakan layanan reservasi.

Dengan diadakannya layanan reservasi yang profesional, diharapkan para calon pelanggan  akan mendapat layanan yang memang profesional. Maka dari itu, berikut ini ulasan mengenai reservasi, manfaat dan macam-macamnya. Yuk, disimak!

Pengertian Reservasi

Reservasi adalah pemesanan kamar dan juga fasilitas lain yang dilakukan sebelum calon pelanggan tiba di suatu layanan jasa. Baik itu seperti hotel atau villa. Sebutan lain dari Reservasi ialah booking, yang berarti memesan sebelum calon pelanggan datang ke tempat layanan jasa tersebut. Alasan dibalik munculnya Reservasi adalah tinggi rendahnya tingkat hunian kamar yang dimiliki oleh layanan jasa dan dibutuhkan oleh pelanggan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi reservasi adalah proses, pembuatan, dan cara memesan (tempat, barang, dsb.) kepada orang lain. Istilah reservasi sering digunakan dalam hal-hal yang berhubungan dengan ticketing (pemesanan tiket), transportasi, hotel, pemesanan tempat duduk restoran atau tempat makan.

Pengertian Reservasi Menurut Para Ahli

Menurut Anggraini (2008:23), Reservasi atau reservation berasal dari kata kerja to reserve yang berarti memesan dan menyediakan tempat. Dalam hal ini pengertian rervasi adalah suatu transaksi yang menyangkut tentang penyedian tempat, pelayanan khusus fasilitas-fasilitas lainnya untuk penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan jasa pesawat terbang.

Menurut Sahulata (dalam Anggraini, 2008:23), Reservasi adalah penyediaan tempat atau pembukuan pada dinas-dinas penerbangan bagi calon penumpang beserta dengan permintaan akan fasilitas khusus.

Menurut Mayasari (2011:20), Reservation secara umum dapat diartikan sebagai penyediaan tempat duduk, yang meliputi keseluruhan proses kegiatan yang berkatian dengan pendistribusian produk, pencatatan keseluruhan transaksi pemesanan tempat untuk pencapaian pendapatan yang optimal.

Menurut Suartana (1987:14), Reservasi adalah pemesanan fasilitas yang diantaranya akomodasi, meal, seat pada pertunjukan, pesawat terbang.

Pengertian Reservasi Hotel

Pengertian Reservasi
Reservasi hotel

Reservasi hotel adalah suatu proses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon calon tamu hotel untuk periode waktu tertentu. Seluruh permintaan pesanan kamar akan ditangani oleh petugas reservasi dengan mempertimbangkan keberadaan kamar hotel pada saat itu.

Manfaat Reservasi

Selain itu pengertian Reservasi, kamu juga harus tahu manfaat lain dari Reservasi, agar nanti ketika kamu ingin memesan kamar, kamu tahu apa yang akan kamu dapatkan. Manfaat lain jika kamu menggunakan Reservasi ialah kamu akan mendapat kepastian untuk mendapatkan tempat, contohnya kamar hotel. Manfaat bagi calon pelanggan yaitu bisa memperkirakan biaya yang pasti dikeluarkan ketika memesan kamar dan dapat membuat calon pelanggan mudah mendapatkan fasilitas.

Sedangkan bagi penyedia layanan Reservasi, manfaatnya ialah bisa mempermudah dalam penyiapan semua keperluan calon pelanggan, mempersiapkan fasilitas yang ada sebelum calon pelanggan menggunakannya, serta dapat mengetahui kapasitas  tempat di hari-hari tertentu sehingga tidak akan terjadi tumpang-tindih antar calon pelanggan.

Keuntungan Reservasi

Menurut Menurut Anggraini (2009:21) keuntungan dari reservasi yaitu:

1. Bagi Produsen

Keuntungan reservasi bagi produsen adalah akan dapat melakukan evaluasi terhadap produk yang akan mereka jual melalui tingkat tinggi rendahnya jumlah reservasi jauh sebelum produk tersebut dijual (barang) ataupun diselenggarakan (jasa), di mana hasil evaluasi tersebut akan membantu produsen untuk menentukan langkah pemasaran yang akan diambil terhadap produk yang akan dijual tersebut.

2. Bagi Konsumen

Keuntungan reservasi bagi Konsumen adalah konsumen dapat menimbang terlebih dahulu sebelum membeli produk sampai dengan waktu yang telah ditentukan (time limit). Sampai dengan time limit yang ditentukan, produk yang telah dipesan tersebut tidak boleh dijual kepada konsumen lain, karena secara tertulis maupun tidak, sampai dengan time limit produk tersebut telah diprioritaskan kepada konsumen yang telah melakukan reservasi.

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan konsumen, kareana sampai dengan time limit yang ditentukan, konsumen dapat melakukan perbandingan dengan produk lain. Selain itu, jika terjadi sesuatu dan lain hal yang mengharuskan konsumen untuk batal membeli produk tersebut, konsumen yang bersangkutan tidak harus membeli produk tersebut.

Macam-Macam Reservasi

Karena kita sudah mengetahui pengertian  Reservasi, sesuai judul kita juga akan membahas macam-macam Reservasi yang bisa kamu pesan. Antara lain ada New Reservation, yaitu Reservasi yang pertama kali dibuat. Ada juga Amended Reservation, yaitu reservasi yang sudah diubah atau diperbaharui. Biasanya, perubahan yang terjadi untuk Reservasi adalah tanggal kedatangan , jenis kamar yang akan digunakan, maupun jumlah orang yang akan menginap.

Lalu ada Cancelled Reservation, yaitu pembatalan reservasi. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, yaitu perubahan jadwal kunjungan, karena kondisi keamanan yang sangat tidak mendukung, perubahan tempat kunjungan, dan masih banyak lagi sebabnya. Ada pula yang disebut Confirm Reservation, ialah Reservasi yang sudah dikonfirmasi dan sudah pasti akan dipesan.

Kamu juga harus mengetahui Individual Reservation, yaitu Reservasi yang dipakai untuk calon pelanggan yang datang secara perorangan. Selain individual, sudah pasti ada Group Reservation, yaitu Reservasi yang dipakai untuk calon pelanggan rombongan. Confrence Resevation, artinya Reservasi yang bertujuan untuk memesan suatu ruangan untuk kegiatan seminar ataupun konferensi. Ada pula Guaranted Reservation, artinya reservasi yang memiliki jaminan antara lain pre-payment, advance deposit, voucher, guarantee later, credit card. Sebaliknya, ada pula yang no-guaranteed reservation.

Perbedaan Reservasi dan Booking

Pengertian Reservasi
Perbedaan reservasi dan booking

Reservasi adalah jika Anda bertanya untuk mendapatkan informaso mengenai rute penerbangan, tanggal dan harga dari penerbangan suatu Maskapai. Sedangkan Booking adalah jika Anda sudah mengunci informasi tentang rute penerbangan, tanggal dan harga tiket pesawat dari suatu penerbangan Maskapai. Dengan booking Anda akan memproleh kode booking dan time limit (batas akhir) pembayaran.

Dengan booking Anda akan memproleh kode booking dan time limit (batas akhir) pembayaran. Sedangkan kalau hanya reservasi Anda belum mendapatkan Data Kode Booking dan Time Limit, sehingga harganya bisa berubah-ubah setiap saat. Tapi, jika sudah booking, maka harga tiket akan terkunci dan tidak berubah selama Anda membayar sebelum time limit.

Itulah ulasan mengenai pengertian Reservas, manfaat, keuntungan, perbedaan dan macam-macamnya. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi arti dari Reservasi dan manfaat apa yang akan kamu dapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Arti Kompleksitas

Avatar Freedoms
1 min read

Pengertian Konseptual

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *