Pengertian Urgensi

2 min read

Pengertian Urgensi

Urgensi adalah? Anda tentu sering mendengar istilah urgensi dalam pergaulan sehari-hari. Urgensi artinya berasal dari Bahasa latin urgere (merupakan kata kerja) yang berarti mendorong. Dalam Bahasa inggris berasal dari kata urgent (menunjuk kata sifat) yang berarti penting. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), urgensi  merupakan kata benda yang berarti keharusan yang mendesak atau hak yang sangat penting.

Pengertian Urgensi

Urgensi adalah adalah sesuatu yang mendorong atau memaksa kita untuk segera menyelesaikan atau menindaklanjuti suatu hal yang sangat penting dan mendesak. Definisi urgensi menunjuk pada suatu hal yang mendorong seseorang, atau hal yang memaksa kita untuk segera menyelesaikannya. Urgensi erat kaitannya dengan suatu prioritas. Prioritas adalah menentukan urutan mana yang lebih penting. Prioritas itu ditentukan dengan cara membuat skala. Skala prioritas inilah yang dilihat menurut urgensinya. Seberapa mendesak suatu masalah harus segera diselesaikan.

Urgensi merupakan sesuatu hal yang harus dilakukan secara cepat, tepat dan butuh keberanian untuk melakukannya. Dalam pekerjaaan tentu banyak hal yang harus diselesaikan. Anda tidak dapat melakukan banyak hal sekaligus. Akan banyak pekerjaan yang harus Anda pilih dan selesaikan terlebih dahulu. Hal ini dilihat dari masalah mana yang lebih urgensi posisinya. Urgensi dalah hal pekerjaan sangat diperlukan penanganan yang cepat dan tanpa ditunda lagi.

Pengertian Urgensi
Ilustrasi urgensi

Urgensi kadangkala tidak sejalan dengan biaya yang ada, namun para pelaku bisnis harus memilih dengan cermat mana yang lebih penting. Hal ini menyangkut resiko bisnis pada setiap perusahaan. Karena setiap perusahaan tentu mempunyai tujuan mendapatkan keuntungan. Definisi urgensi inilah yang harus dipahami oleh setiap pelaku bisnis dalam menjalankan proses bisnisnya.

Dengan kata lain, proses bisnis yang dijalankan harus dikaji dengan benar dan melalui analisa usaha yang dapat dipertanggung jawabkan. Intinya, untuk mendapatkan keuntungan harga pokok harus lebih kecil daripada harga jual.

Urgensi Tarbiyah

Urgensi merupakan keharusan yang mendesak dan bersifat penting. Sedangkan Tarbiyah berasal dari bahasa Arab yang berarti pendidikan. Tarbiah adalah usaha sadar yang dimaksudkan untuk mengantar peserta didik ke arah yang lebih baik atau kesempurnaannya. Tarbiyah memiliki urgensi yang sangat besar bagi kehidupan seseorang secara pribadi maupun sosial. Al-Qur’an menyebut umat yang tidak tarbiyah sebagai umat jahiliyah yang lekat dengan kebodohan, kehinaan, kelemahan, dan perpecahan.

Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan

Urgensi pendidikan kewarganegaraan adaah sebuah proses untuk meningkatkan sebuah kedisiplinan yang harus dilakukan oleh setiap warga negara dalam mencapai suatu tujuan negara dengan meggunakan bahasa Indonesia yang benar dan tepat agar tercermin warga negara yang baik, serta bisa mencerminkan suatu warga negara dimana ia berada.

Dengan demikian, kita sudah mengetahui bahwasanya kita sebagai warga Negara Indonesia harus memakai bahasa Indonesia yang benar dan tepat dimana dengan bahasa Negara kita menunjukkan bahwa kita adalah warga Negara Indonesia.

Urgensi Penelitian

Sebenarnya, pengertian mengenai urgensi penelitian yang jelas tidak ada. Secara intuitif, urgensi penelitian dikembangkan dari kata “urgensi” yaitu tingkat pentingnya (kepentingan). Urgensi penelitian bisa dikatakan sebagai tingkat kepentingan dalam melakukan melakukan penelitian.

Menurut Sutrisno Hadi (2001:10), urgensi penelitian adalah untuk menemukan pengetahuan baru, mengembangkan pengetahuan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan. Metodelogi merupakan suatu jalan yang harus ditempuh oleh peneliti guna mendapatkan ilmu pengetahuan luas dan relavan.

Contoh Urgensi

Contoh masalah urgensi biasanya lebih kepada urusan nyawa dan yang mempunyai resiko besar. Ketika seseorang sakit, maka penanganan medis yang harus didahulukan adalah pasien yang mempunyai penyakit yang lebih berat. Sehingga urgensi yang harus dilakukan adalah perawatan pasien secara  intensif di ICU. Dengan melihat ilustrasi di atas, dapat membuat Anda lebih paham akan urgensi.

Ada beberapa pepatah yang menggunakan kata urgensi, diantaranya pepatah tersebut dinyatakan oleh Leonardo da Vinci, lalu ada pula kata-kata bijak dari H. Jackson Brown Jr. Selain kata pepatah dari kedua tokoh tersebut, masih banyak kata-kata pepatah atau bijak yang bisa Anda ketahui. Pepatah atau kata-kata bijak tersebut dapat Anda temui di internet dengan mudah. Tentu saja, kata-kata tersebut sangat cocok bagi yang sedang membutuhkan motivasi.

Urgensi dapat dilihat juga dari contoh berikut. Sesuatu yang urgen tentu banyak terjadi di sekitar Anda. Kendati pendidikan formal lainnya penting, namun pendidikan Agama bagi anak-anak merupakan suatu urgensi dibandingkan dengan pendidikan tambahan lainnya.

Kini banyak anak dijejali pendidikan non formal seperti les piano, les renang, les menyanyi dan lain  sebagainya sehingga waktu yang dipunyai anak-anak semakin sedikit. Kadangkala anak-anak kelelahan sehingga urusan pendidikan agama kurang mendapat perhatian. Urgensi pendidikan agama sejak dini.

Dari paparan-paparan diatas, semoga Anda dapat memahami pengertian urgensi. Banyak hal yang dapat menjadi urgensi kapanpun dan dimanapun. Walaupun tentu dalam setiap aktivitas menghasilkan resiko, namun tetap sesuatu yang lebih urgen yang harus Anda pilih dan tentunya hal tersebut harus Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Arti Kompleksitas

Avatar Freedoms
1 min read

Pengertian Konseptual

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *