Pengertian Implikasi

2 min read

Pengertian Implikasi

Implikasi adalah? Implikasi artinya? Arti implikasi apa? Seringkali orang menggunakan kata atau istilah implikasi, sehingga membuat kita bingung mengenai apa sebenarnya implikasi itu? Penggunaan kata implikasi ini sebetulnya jarang digunakan di dalam kalimat obrolan sehari-hari. Penggunaan kata implikasi ini kebanyakan secara umum digunakan di dalam sebuah bahasa penelitian.

Maka dari itu sedikit orang yang mau untuk membahas arti implikasi itu sendiri. Namun jika mendengar istilah kata implikasi, hal pertama yang bisa terpikirkan banyak orang mengenai kata ini adalah sebuah akibat atau suatu hal perihal yang punya dampak secara langsung, kepada hal lain.

Pengertian Implikasi

Implikasi adalah suatu konsekuensi (akibat langsung) dari hasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Implikasi sangat berkaitan dengan kesimpulan dan saran dalam sebuah penelitian ilmiah.

Kata Implikasi merupakan sebuah kata yang memiliki persamaan kata yang beragam, diantaranya adalah keterkaitan, keterlibatan, efek, akibat, konotasi, maksud, siratan, dan sugesti. Persamaan kata implikasi tersebut lebih umum digunakan di dalam obrolan sehari-hari. Implikasi lebih umum atau cocok digunakan di dalam konteks obrolan dalam bahasa ilmiah dan penelitian.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), implikasi adalah sebuah keterlibatan atau dalam keadaan terlibat, yang termasuk atau tersimpul, yang disugestikan, tetapi tidak dinyatakan.

Definisi implikasi menurut pakar atau para ahli belum ada yang dapat menjelaskannya secara jelas. Hal ini karena cakupan makna implikasi yang luas. Secara umum dapat dikatakan sebagai suatu konsekuensi atau akibat langsung berasal dari hasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Pengertian atau arti implikasi  lainnya adalah suatu analisis atau hasil akhir temuan atas suatu penelitian.

Tujuan implikasi penelitian adalah membandingkan hasil penelitian yang sudah ada dengan hasil penelitian yang terbaru atau baru dilaksanakan melalui sebuah metode.

Jenis-Jenis Implikasi

Terdapat jenis-jenis implikasi metode penelitian yang dilaksanakan untuk menjalankan sebuah kajian ilmiah dan penelitian. Berikut penjelasannya!

1. Implikasi Teoritis

Implikasi teoritis adalah dimana seorang peneliti dapat memanfaatkan kelengkapan data yang bersifat gambar-gambar atau foto. Hal ini memiliki tujuan untuk menguatkan hasil temuan dan penelitiannya. Gambar-gambar tersebut diperlukan untuk menunjang dan melengkapi hasil penelitian yang sudah dilaksanakan supaya bisa dipresentasikan kepada pihak penguji.

Penambahan gambar-gambar ini memiliki tujuan bukan hanya sekedar memudahkan peneliti untuk menyebutkan dan menjabarkan hasil penelitiannya, juga bermanfaat sebagai bahan pertimbangan untuk meyakinkan penguji.

2. Implikasi Metodologi

Pengertian implikasi metodologi dalam penelitian adalah mengkaji tentang bagaimana cara dan metode berasal dari teori-teori yang digunakan di dalam sebuah penelitian. Biasanya seorang peneliti memiliki banyak metode yang dapat atau sudah digunakan di dalam penelitiannya. Sehingga implikasi ini lebih ke sebuah refleksi seorang peneliti pada hasil penelitiannya. Hal ini karena setiap peneliti pasti memiliki cara yang khas dan metode masing-masing untuk menyelesaikan hasil penelitian tersebut.

Di dalam total hasil penelitian, biasanya terdapat metode yang sulit dilaksanakan maupun yang ringan di dalam pengaplikasiannya. Implikasi metodologi ini memiliki tujuan untuk menyebutkan tantangan yang dialami oleh peneliti sepanjang menyelesaikan hasil penelitian.

Baca juga: Pengertian Etiologi

Selain itu implikasi metodologi juga menyebutkan inovasi-inovasi ataupun ide-ide apa saja yang sudah ditemukan, dikembangkan serta dilaksanakan. Implikasi tersebut untuk memecahkan sebuah kasus di dalam pengetahuan pengetahuan melalui hasil penelitian.

3. Implikasi Manajerial

Implikasi manajerial membahas sebuah analisis atau hasil akhir dari penelitian. Tentunya analisis selanjutnya ini diperoleh berdasarkan kebijakan-kebijakan yang diterapkan pada sebuah metode penelitian. Kebijakan-kebijakan tersebut untuk hasil akhir ketentuan selanjutnya yang diperoleh melalui sebuah proses pengambilan ketentuan yang bersifat menyeluruh.

Implikasi kebijakan-kebijakan ini berkaitan dengan hasil penelitian selanjutnya disebut juga sebagai implikasi manajerial. Selain itu, implikasi manajerial ini memberikan fungsi bagi pengetahuan manajemen.

Contoh Implikasi

Berikut beberapa contoh Kalimat implikasi

  • Implikasi manusia sebagai objek percobaan atau penelitian semakin terasa manfaat dan kepentingannya.
  • Apakah ada implikasi dalam pernyataan itu?
  • Kepentingan umum memiliki implikasi pada kepentingan pribadi sebagai anggota masyarakat.

Contoh Implikasi Penelitian

Pengertian Implikasi
Contoh Implikasi Penelitian

Seorang peneliti ingin meneliti tingkah laku seekor kelinci ketika bertemu dengan kelinci lainnya. Namun sebelumnya kelinci tersebut diisolasikan (diasingkan). Berdasarkan penelitian ini, Anda bisa menerapkan jenis implikasi teoritis. Implikasi dari penelitian ini adalah reaksi kelinci pertama kali dipertemukan merasa ketakutan, karena dianggap asing. Namun lama-kelamaan kelinci tersebut tidak merasa takut dan mulai terbiasa.

Implikasi Letak Indonesia Secara Geologis

Implikasi adalah sebagai dampak atau akibat dari sesuatu, sedangkan geologis merupakan cara menentukan suatu wilayah berdasarkan lempengan penyusunanya. Berdasarkan geologisnya, Indonesia terletak atau berada di dua rangkaian pegunungan muda, yaitu pegunungan Sirkum Mediterania dan pegunungan Sirkum Pasifik.

Dengan telak geologis yang seperti itu, dampak yang bisa ditimbukan adalah berpotensi adanya letusan gunung berapi di wilayah Indonesia. Dengan danpak negatif ini, tentunya tidak bisa kita hindari namun kita bisa mempersiapkan diri ketika bencana gunung meletus terjadi untuk meminimalisir kerugian yang lebih besar. Sedangkan untuk dampak positifnya, kondisi tanah di Indonesia cenderung lebih subur sehingga mampu ditanami oleh banyak tanaman.

Jadi, implikasi letak indonesia secara geologis Indonesia adalah terletak atau berada di dua pegunungan muda, yaitu sirkum pasifik dan sirkum mediterania.

Itulah penjelasan mengenai pengertian implikasi. Dengan mengetahui istilah implikasi dan penjelasannya maka Anda tidak terlalu bingung jika mendengar istilah tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *