Kompeten dan Kompetensi

2 min read

Kompeten dan Kompetensi

Kompeten adalah? Istilah kompeten merupakan kata serapan dari bahasa Inggri “competent” yang artinya mampu melakukan sesuatu dengan baik. Contohnya seperti seorang sekretaris, pengendara, atau juru masak yang kompeten. Kompeten merupakan salah satu kata yang belum banyak diketahui oleh banyak orang, oleh karena iru disini saya akan membahasa mengenai apa itu kompeten.

Pengertian Kompeten

Kompeten adalah mampu melakukan sesuatu dengan baik. Kompeten merupakan keterampilan yang diperlukan seseorang yang ditunjukkan dengan kemampuan melakukan sesuatu dengan baik dan dapat memberikan tingkat kinerja yang memadai aau tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan spesifik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kompeten memiliki 2 arti yaitu cakap (mengetahui) atau mampu melakukan sesuatu dengan baik, dan berkuasa (memutuskan, menentukan) sesuatu atau berwenang.

Kata kompeten dan kompetensi hampir sama dalam pemakaiannya, walaupun begitu kedua kata tersebut harus dibedakan terutama dalam pemakaian umum. Kedua kata tersbut diadaptasi dari bahasa Inggris, yaitu competent dan competence.

Perbedaan dari keduanya yang paling mendasar adalah kompeten merupakan sebuah kata sifat, sedangkan kompetensi itu sendiri adalah kata benda.

Pengertian Kompetensi

Kompetensi adalah suatu kemampuan atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan di bidang tertentu yang dilandasi atas keterampilan dan pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan sesuai dengan jabatan yang sedang disandangnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kompetensi adalah kewenangan (kekuasaan) dalam menentukan dan menentukan sesuatu. Sedangkan dalam ilmu linguistik, kompetensi adalah kemampuan dalam menguasai gramatika suatu bahasa secara abstrak atau batiniah.

Selain itu, definisi kompetensi lainnya adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dikuasi, dihayati, dan diaktualisasikan oleh seseorang dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya.

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

Kompeten dan Kompetensi

Menurut Kravetz (2004), kompetensi adalah sesuatu yang seseorang tujukan dalam kerjanya setiap hari. Fokusnya adalah pada perilaku di tempat kerja, dan bukan sifat-sifat kepribadian atau keterampulan dasar yang ada di luar tempat kerja ataupun di dalam tempat kerja.

Menurut Stephen Robbin (2007), kompetensi adalah suatu kemampuan atau kapasitas seseorang untuk melaksanakan atau melakukan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan, dimana kemampuan tersebut ditentukan oleh faktor intelektual dan juga fisik.

Menurut Sedarmayanti, kompetensi adalah suatu karakteristik yang mendasari seseorang dalam berhubunann dengan efektivitas kinerja individu dalam melakukan pekerjaannya.

Kompetensi tidak hanya mengetahui apa yang harus dilakukan, tetapu juga melakukan apa yang telah diketahui sebelumnya. Karena kompetensi merupakan kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dan sikap dasar dalam nilai yang tercermin ke dalam kebiasaan berpikir serta bertindak.

Dengan kebiasaan berpikir dan juga bertindak secara spontan dan konsisten yang dilakukan secara terus menerus akan membuat seseorang menjadi lebih kompeten, terutama di bidang yang sedang digelutinya. Kompetensi juga memiliki beberapa macam, yaitu sebagai berikut.

Kompetensi Pedagogik

Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan pemahaman seorang guru terhadap peserta didik yang meliputi perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, eveluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu jenis kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru, karena kemampuan ini untuk memahami bagaimana karakteristik peserta didik dan melakukan evaluasi dalam pembelajaran.

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar adalah kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dan sikap minimal yang harus dicapai dan dikuasai oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa tersebut telah menguasasi standar kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, kompetensi dasar menjadi penjabaran dari standar kompetensi.

Komepetensi dasar merupakan sebuah kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai oleh peserta didik. Kompetensi ini harus dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal dan ciri dari suatu mata pelajaran.

Kompetensi Kepala Sekolah

Kompetensi kepala sekolah adalah kemampuan, keterampulan, pengetahuan dan sikap yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah, untuk dapat melaksanakan tugas dan perannya sebagai kepada sekolah. Peran kepala sekolah diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memimpin jalannya sekolah, agar dapat berjalan dengan lancar.
  2. Menyelesaikan masalah-masalah yang ada dan berkaitan dengan sekolah
  3. Memberikan fasilitas yang layak bagi siswa siswinya.

Baca juga: Pengertian Kuantitas

Kompetensi Inti

Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki oleh peserta didik pada tiap tingkat, kelas dan program. Kompetensi inti merupakan operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki oleh mereka yang teleh menyelesaikan pendidikan pada tingkat atau jenjang pendidikan tertentu.

Nah, itulah pengertian mengenai kompeten dan kompetensi beserta jenis atau macam kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, dasar, kepada sekolah dan kompetensi inti. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai arti kompeten dan kompetensi. Semoga bermanfaat!

Pengertian Baliho

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Olahragawan

Avatar Freedoms
1 min read

Arti Kredibilitas

Avatar Freedoms
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *