Arti Mimi

2 min read

Arti Mimi

Arti mimi yang harus kamu tahu! Ada yang sudah pernah dengar Mimi? Bukan nama orang ya teman-teman. Mimi adalah hewan sejenis kepiting tapi bukan keluarga kepiting. Mimi juga mempunyai nama lain yaitu kepiting tapal kuda, belangkas atau dalam bahasa Jawa sering disebut “Mimi Mintuno”.

Bukan tanpa alasan dia memiliki julukan “Mimi Mintuno” dalam Filosofi Jawa mengibaratkan Mimi dan Mintuno merupakan sepasang sejoli yang terkenal setia sehidup semati. Dalam budaya Jawa, sering sekali terdengar doa terucap untuk pasangan yang baru saja menikah yang berbunyi “Dadio pasangan koyo mimi lan mintuno” artinya jadilah pasangan suami istri yang awet, setia seperti mimi dan mintuno.

Apa itu Mimi?

Mimi atau umumnya dikenal sebagai Belangkas adalah sebutan untuk empat jenis hewan beruas yang menghuni perairan dangkal di wilayah paya-paya dan kawasan hutan mangrove. Kesemuanya merupakan anggota suku Limulidae dan menjadi satu-satunya wakil dari bangsa Xiphosurida yang masih sintas di bumi. (source: wikipedia.org)

Arti Mimi Menurut KBBI: mimi/mi·mi/ n = belangkas

Mimi sebenarnya bukan merupakan makhluk asing lagi bagi penduduk pantai, terutama masyarakat yang ada di sekitar Laut Jawa, khususnya Jawa Tengah. Mereka mengenalnya sebagai sebutan “Mimi” (bila ditemukan sendiri) dan “Mimi Mintuno” (bila ditemukan sepasang).

Mimi atau Belangkas merupakan hewan keluarga dari Limulidae yang terkenal sebagai living fossils (fosil hidup). Mimi adalah nama belangkas untuk yang berjenis kelamin jantan, sedang Mintuno sebutan nama yang diberikan untuk yang berjenis kelamin betina.

Bentuk Mimi

Arti Mimi

Meskipun memiliki tekstur dan bentuk yang keras macam kepiting (crab), tetapi belangkas bukan dari kelurga kepiting.  Mimi dan Mintuno mempunyai fisik yang hampir sama, hanya berbeda di bagian depan tubuhnya betina (anterior prosoma) agak lebar dan dipenuhi ribuan telur, sedang yang jantan bagian depannya lebih kecil. Memiliki tubuh yang beruas-ruas, maka, arti mimi mintuno masuk ke golongan Arthropoda.

Bentuk tubuh mimi mintuno terbagi dalam tiga bagian. Pertama, bagian depan tubuhnya (anterior pro-soma) yang menyerupai “Tapal Kuda”. Bagian ini mempunyai tepi yang licin, menutupi ruas-ruas kepala juga ruas-ruas dada (Cephalothorax). Kedua, bagian tengah (Ophisthosoma), bagian ini menutupi 7 ruas perut (abdomen), di mana tepinya terdapat duri-duri yang panjangnya bervariasi tergantung dari jenis kelaminnya. Ketiga, bagian belakang yang berbentuk menyerupai daun yang panjang dan runcing, disebut sebagai duri ekor.

Kita harus mengetahui belangkas atau mimi mintuno merupakan salah satu sumberdaya genetic yang dilindungi oleh (SK Menteri Kehutanan No. 12/Kpts-II/1987 dan Peraturan Pemerintah RI No. 7/1999). Satwa ini mempunyai kepunahan yang cukup tinggi akibat adanya degredasi habibat, reklamasi, perburuan komersial, dan pencemaran. Hilangnya habitat dan sumber makanan, perubahan kondisi air, serta peningkatan predasinya.

Jenis Mimi atau Belangkas

Hingga saat ini, terdapat empat spesies belangkas atau mimi mintuno yang masih ada di dunia, yaitu Limulus Polyphemus (terdapat di pantai Antlantik Amerika Utara) dan tiga berikutnya merupakan spesies Asia yaitu Tachypleus gigas, Tachypleus tridentatus dan Carcinoscorpius rotundicauda. Keberadaan tiga spesies Asia ini dinyatakan oleh near threatened IUCN 2010, threatened 2014 dan data deficient 2015. Limulus polyphemus dinyatakan oleh lower risk/near threatened berdasarkan IUCN 2015 dikutip dalam penelitian Meilana 2015, IPB.

Belangkas atau mimi mintuno merupakan hewan yang memiliki peranan penting, baik secara ekonomi atau ekologi. Menurut informasi yang didapat adalah mimi dan mintuno adalah sepasang kekasih yang tidak dapat dipisahkan, apabila mereka terpisah maka keduanya akan mati.

Konon, apabila mimi dan mintuno tidak dimasak bersamaan maka ia akan mengeluarkan racun, tetapi jika dimasak bersamaan maka hewan ini tidak akan mngeluarkan racun jadi bisa dimakan. Demikian informasi mengenai arti mimi yang harus kamu ketahui. Sudah sepatutnya kita semua menjaga kelestarian dari Mimi dan Mintuno ya teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *