Contoh Teks Negosiasi Dalam Bentuk Dialog

2 min read

Contoh Teks Negosiasi Dalam Bentuk Dialog

Setiap manusia umumnya pernah melakukan tawar-menawar dengan orang lain dalam jual beli, pengusaha dan pihak bank, maupun lainnya. Tawar-menawar ini sering disebut juga dengan negosiasi. Negosiasi sebenarnya tidak hanya ditemukan pada kegiatan jual beli, tetapi dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan negosiasi.

Negosiasi ini dilakukan oleh pihak-pihak yang berbeda kepentingan untuk mencapai penyelesaian masalah dengan cara baik agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan. Melalui negosiasi inilah akan menghasilkan jalan tengah yang merupakan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Pengertian Teks Negosiasi

Teks negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan mencapai kesepakatan antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Kedua belah pihak yang melakukan negosiasi mempunyai hak terhadap hasil yang akan disepakati. Hasil akhir negosiasi harus mempunyai persetujuan dari semua pihak sehingga semua pihak menerima hasil akhir dengan kesepakatan bersama.

Ciri-Ciri Teks Negosiasi

Hal yang membedakan antara teks negosiasi dan teks lainnya karena negosiasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Menghasilkan kesepakatan (yang saling menguntungkan).
  2. Mengarah pada tujuan praktis.
  3. Memprioritaskan kepentingan bersama.
  4. Merupakan sarana untuk mencari penyelesaian.

Tujuan Teks Negosiasi

Adapun tujuan dilakukan negosiasi dalam hal bisnis, di antaranya sebagai berikut.

  1. Mencapai kesepakatan yang memiliki kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan.
  2. Mencapai penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi secara bersama.
  3. Mencapai kondisi saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan (win-win solution)

Manfaat Teks Negosiasi

Contoh Teks Negosiasi Dalam Bentuk Dialog
Source img: learnenglish.britishcouncil.org

Manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan negosiasi adalah melatih kemampuan kita dalam bersosialisasi dalam kehidupan masyarakat. Kita bisa menyampaikan pendapat dengan baik serta bisa mempertahankannya. Kemampuan bernegosiasi perlu diasah agar dapat memiliki kepandaian dan kesantunan dalam menyampaikan dan mempertahankan pendapat.

Kemampuan ini sangat memengaruhi hasil kesepakatan kedua belah pihak. Selain itu, untuk menciptakan jalinan kerja sama antara institusi, badan usaha, maupun perorangan dalam melakukan suatu usaha dan kegiatan bersama atas dasar saling pengertian. Proses negosiasi akan memberikan manfaat bagi perusahaan di antaranya membuat hubungan bisnis menjadi lebih luas dan pasar lebih berkembang.

Contoh Teks Negosiasi Dalam Bentuk Dialog

Di sebuah kelas, wali kelas sedang berdiskusi dengan siswa kelas X SMA Bhinneka tentang rencana memperingati hari kartini.

Wali kelas : “Anak-anak sebentar lagi kita akan merayakan hari Kartini. Pihak sekolah memberikan kesempatan tiap kelas untuk mesukan dan saran bentuk acara apa yang akan kita lakukan untuk memperingati hari Kartini. Masihkah seperti tahun kemarin, kita mengadakan lomba keluwesan dengan pakaian adat atau ada masukan lain? Saran yang kalian sampaikan akan Ibu laporkan dalam rapat dengan kepala sekolah.”

Siswa 1 : “Bu, kalau seperti tahun-tahun kemarin, apa tidak membosankan? Lomba keluwesan dengan pakian adat hampir setiap tahun dilaksanakan bahkan banyak sekolah yang mengadakannya? Bagaimana kalau kita adakan lomba lain yang berbeda?”

Wali kelas : “Boleh saja, asalkan lomba masih berkaitan dengan peringatan Kartini. Mungkin ada usul dari yang lainnya?”

Siswa 2 : “Iya Bu, saya pribadi tidak sepakat kalai diadakan lomba pakaian adat karena terus terang itu memberatkan karena biaya sewa pakaian adat dan riasnya sangat mahal. Bagaimana kalai diadakan lomba pidato bertema emansipasi wanita? Bukankah tema itu identik dengan cita-cita R.A. Kartini.”

Wali kelas : “Wah, bagus usulmu, tetapi apakah siswa banyak yang tertarik untuk mengikuti lomba ini?”

Siswa 3 : “Saya sepakat dengan ide lomba itu, Bu. Dengan lomba itu diharapkan sebagai sarana untuk belajar public speaking bagi siswa. Selain itu, bisa memupuk kepercayaan diri. Saya rasa keberhasila sebuah acara bukan bergantung pada berapa banyaknya yang ikut serta, tapi juga manfaat apa yang bisa kita dapatkan dari kegiatan tersebut.”

Wali kelas : “Bagaimana dengan yang lain? Apakah kalian juga setuju?”

Siswa-Siwa : “Setuju, Bu.”

Wali kelas : “Baiklah kalau begitu, nanti akan Ibu sampaikan kepada kepala sekolah tentang usulan ini.”

Contoh Teks Negosiasi Dalam Bentuk Dialog Singkat

Penjual : “Ada yang bisa dibantu, Mas?”
Pembeli : “Baju yang ini ukuran L ada nggak?”
Penjual : “Ada Ma, sebentar saya ambilkan.”
Pembeli : “Iya.”
Penjual : “Ini Mas yang ukuran L.”
Pembeli : “Berapa harganya, Mas?”
Penjual : “Itu 300 ribu, Mas.”
Pembeli : “Wah, apa nggak kemahalan, Mas? Bisa 250 nggak, Mas?”
Penjual : “Tidak bisa Mas, paling kurnagi 10 ribu jari 290 ribu.”
Pembeli : “Ya 275 ribu deh Mas, langsung saya beli.”
Penjual : “Iya baiklah.”

Nah, itulah contoh teks negosiasi dalam bentuk dialog beserta pengertian teks negosiasi, ciri-ciri, tujuan dan manfaat. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai contoh teks dalam bahasa Indonesia. Sekian dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Kesan dan Pesan Perpisahan

Poer Poer
4 min read

Unsur Puisi

Poer Poer
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *