Pengertian RSVP

2 min read

Pengertian RSVP

RSVP adalah? Di dalam sebuah undangan pernikahan, mungkin kalian pernah menemukan tulisan RSVP. Apa itu RSVP? RSVP artinya apa? RSVP kepanjangannya apa? Dan kira-kira apakah maksudnya? Berikut informasi lengkap mengenai RSVP untuk menjawab rasa penasaran Anda.

Apa itu RSVP?

Usut punya usut, singakatan RSVP yang sering ada di beberapa kartu undangan ini berasal dari bahasa Perancis. Yaitu Répondez s’il vous plaît yang memiliki arti “mohon berkenan untuk menjawab undangan”. Untuk membacanya, bisa dibaca Repongdey Dil Vu Ple.

Dalam bahasa Inggris, RSVP sama dengan “please reply” yaitu suatu permintaan oleh pihak mengundang dalam meminta balasan atau jawaban. RSVP pada undangan dimaksudkan kepada para pihak yang diundang untuk membalas undangan “apakah bisa hadir atau tidak” dengan menghubungi kontak yang tercantum dalam undangan. Apabila tidak ada yang menghubungi kontak yang tertulis di undangan, maka oleh pihak pengundang dianggap tidak datang.

Dengan demikian, RSVP disini berfungsi sebagai penghitung jumlah undangan yang akan hadir dan menghindari tamu-tamu yang tidak dikehendaki. Dari pengertian RSVP tersebut, pengirim undangan berharap bahwa penerima akan mengabarkan kedatangannya. Biasanya, hal ini menyangkut dengan jumlah kursi, meja, catering makanan untuk berapa orang dan sebagainya.

Penggunaan RSVP

Penggunaan kata singkatan ini bisa Anda gunakan saat akan menyelenggarakan pesta atau acara lain. Apabila Anda mengharap tamu yang diundang membalas undangan atau merespon undangan, dengan mengatakan akan hadir di pesta yang akan digelar tersebut, maka Anda bisa menggunakan RSVP.

Bukan hanya pengertian RSVP saja yang harus dipahami, tetapi juga tujuan dari si pemilik acara menggunakannya. Biasanya, pesta yang akan diadakan dalam jumlah kecil atau terbatas. Sehingga membutuhkan konfirmasi kedatangan.

Hal ini tentu tak lepas dari kemampuan sang pemilik acara dalam memberikan tempat yang nyaman untuk tamu undangan. Biasanya, di dalam pemberitahuan RSVP akan ada sebuah kartu kecil di dalam undangan. Atau juga bisa dengan mengirim SMS atau menelepon di nomor sekian-sekian atau juga mengirimkan Email terkait berapa orang yang mampu menghadiri acara.

Contoh RSVP

Berikut salah satu contoh RSVP dalam undangan pernikahan.

Pengertian RSVP

Memang, budaya membalas undangan ini masih kurang lazim. Hal ini tentu karena dipengaruhi pula oleh kurangnya pemahaman atau penjelasan akan RSVP itu sendiri. Namun, dengan adanya ini mampu membantu si pemilik acara untuk mengurangi kebingungan dalam memperkirakan tamu. Bayangkan saja, menyewa tempat yang luas, makanan yang banyak tetapi yang datang tidak terlalu banyak. Hasilnya hanya akan mubazir uang.

Kalau kurang fasilitasnya pun berdampak pada pelayanan terhadap tamu yang menjadi buruk. Tak lupa malu juga sebagai pemilik acara karena merasa kurang mampu menjamu tamu yang hadir. Bukan hanya tamu yang Anda pastikan kenyamanannya, tetapi pihak lain juga. Seperti fotografer, video shooting, dan catering.

Pihak-pihak di atas membutuhkan ruang gerak yang cukup agar mampu menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, semua akan berjalan lancar. Lalu, apakah hanya pengertian RSVP saja yang harus diketahui? Tentunya Anda juga harus tahu apa keuntungannya, hal ini agar tidak terjadi kekeliruan dan Anda bisa memaklumi pemilik acara. Bahkan Anda juga bisa menerapkannya pula di acara jika memang tujuan acara sangat privasi.

Keuntungan RSVP

Keuntungan dari adanya RSVP ini ada beberapa. Secara tidak langsung apa yang tertuang di atas pun menjadi bagian dari keuntungan penggunaan RSVP ini. Seperti menentukan kuantitas tamu yang mampu melihat acara dan biasanya acaranya pun khusus atau tertentu. Yaitu lebih privasi dan jelas, hal ini juga mampu mencegah segala sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, seperti munculnya mantan saat di pernikahan Anda.

Dengan adanya RSVP dan penjelasan tujuannya, bisa berdampak pada seberapa banyak tamu tersebut boleh membawa pasangan, anak, atau keluarga. Biasanya juga akan dibatasi, misalnya hanya membawa pasangan. Hal ini untuk disesuaikan dengan jumlah kursi yang ada.

Bagi tamu undangan, RSVP ini pun bisa diperbaharui selama masih dalam batas waktu yang diberikan. Misalnya saja h-7 dari acara. Karena biasanya undangan akan disebar dalam kurun waktu satu bulan hingga dua minggu sebelum acara akan dimulai.

Bagaimana? Sudah paham apa pengertian RSVP serta kegunaannya? Jangan sampai salah lagi ya. Sekian dan semoga bermanfaat mengenai informasi RSVP diatas.

Pengertian Imitasi

Avatar Freedoms
2 min read

Arti dan Kepanjangan GWS

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Intervensi

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *