Pengertian inventarisasi

2 min read

Pengertian inventarisasi

Inventarisasi berasal dari kata “inventaris” yang memiliki arti daftar barang-barang. Jadi, inventarisasi adalah kegiatan mencatat dan menyurun barang/bahan yang ada secara benar menurut ketentuan yang berlaku. Definisi lainnya mengenai inventarisasi bisa dilihat dibawah ini.

Pengertian Inventarisasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inventarisasi adalah pencatatan atau pendaftaran barang-barang milik kantor, sekolah, rumah tangga, dan lain sebagainya yang dipakai dalam melaksanakan tugas. Inventarisasi juga diartikan sebagai pencatatan atau pengumpulan data tentang kegiatan, hasil yang dicapai, pendapat umum, persuratkabaran, kebudayaan, dan sebagainya.

Sedangkan menginventarisasi adalah kegiatan mencatat atau mendaftar barang-barang milik kantor, perumahan, rumah tangga, dan sebagainya, serta mengumpulkan atau mendaftar data barang tersebut. Menginventarisasikan memiliki arti yang sama dengan menginventarisasi.

Inventarisasi Barang

inventarisasi barang adalah semua kegiatan dan usaha untuk memperoleh data yang diperlukan tentang ketersediaan barang-barang yang dimiliki dan diurus, baik yang diadakan melalui pembelian menggunakan anggaran belanja, maupun sumbangan atau hibah untuk diadministrasikan sebagaimana mestinya menurut ketentuan dan cara yang telah ditetapkan di masing-masing instansi.

Pengertian Inventarisasi Barang Menurut Para Ahli

Menurut Soemarsono S.R. (1994, p15), inventarisasi adalah pencatatan barang-barang milik kantor perusahaan. Barang-barang tersebut adalah barang yang digunakan di perusahaan atau di kantor yang menyertakan harga, jumlah, jenis dan keadaannya.

Inventarisasi Aset

Inventarisasi Aset adalah serangkaian kegiatan untuk melakukan pendataan, pencatatan, pelaporan hasil pendataan aset, dan mendokumentasikannya baik aset berwujud maupun aset tidak berwujud pada waktu tertentu. Inventarisasi itu kumpulan dari rangkaian kegiatan mengidentifikasi kualitas dan kuantitas aset baik fisik serta legal aspek yang bersangkutan. Inventarisasi aset dalam perkembangannya sangat diperlukan bagi suatu perusahaan ataupun instansi pemerintah untuk mengetahui jumlah dan kondisi aset yang riil pada saat itu.

Pengertian Inventarisasi Aset Menurut Para Ahli

Menurut Harsono, dkk (2004:163), inventarisasi aset adalah kegiatan-kegiatan yang meliputi pendaftaran, pencatatan dalam daftar inventaris, penyusunan atau pengaturan barang-barang milik negara atau daerah serta melaporkan pemakaian barang-barang kepada pejabat yang berwenang secara teratur dan tertib menurut ketentuan dan tata cara yang berlaku sehingga mempermudah dalam penyajian data kekayaan negara/pemerintah daerah baik barang-barang tetap maupun barang-barang bergerak.

Menurut Sugiama (2013:173), inventarisasi aset adalah serangkaian kegiatan untuk melakukan pendataan, pencatatan, pelaporan hasil pendataan aset, dan mendokumentasikannya baik aset berwujud maupun aset tidak berwujud pada suatu waktu tertentu.

Menurut Siregar (2014:518-520), inventarisasi aset adalah kegiatan yang terdiri dari dua aspek, yaitu inventarisasi fisik dan yuridis/legal. Aspek fisik terdiri atas bentuk, luas, lokasi, volume/jumlah, jenis, alamat dan lain-lain. Sedangkan aspek yuridis adalah status penguasaan, masalah legal yang dimiliki, batas akhir penguasaan. Proses kerja yang dilakukan adalah pendataan, kodifikasi/labelling, pengelompokkan dan pembukuan/administrasi sesuai dengan tujuan manajemen aset.

Inventarisasi Kantor

Inventarisasi kantor adalah Inventarisasi kantor adalah suatu daftar yang berisi nama, spesifikasi, jumlah, dan kondisi barang-barang yang menjadi milik kantor, serta barang-barang tersebut didalamnya terdapat harga, jenis dan keadaan.

Pengertian inventarisasi
Ilustrasi inventarisasi

Pengertian Inventarisasi Kantor Menurut Para Ahli

Menurut Mugianti (2011 : 7), inventarisasi  kantor adalah kegiatan untuk memperoleh data yang dimiliki atau dikuasai serta diurus oleh organisasi guna mendukung proses pengendalian dan pengawasan demi mendukung efektifitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

Menurut Sedarmayanti (2009 : 6), inventaris kantor adalah segala sesuatu hal mulai dari gedung, kendaraan, mesin-mesin kantor hingga perabot kantor dan alat bantu lainnya yang dimiliki perusahaan guna terlaksananya pekerjaan dan untuk meningkatkan produktifitas kerja”.

Inventarisasi Hutan

Inventarisasi hutan adalah sebuah kegiatan pengumpulan dan penyusunan data, serta fakta mengenai sumber daya alam untuk perencanaan pengelolaan sumber daya alam tersebut. Sedangkan kegiatan inventarisasi merupakan kegiatan mengumpulkan data tentang jenis-jenis tumbuhan yang ada di suatu daerah. Kegiatan inventarisasi meliputi kegiatan eksplorasi dan identifikasi.

Pengertian Inventarisasi Hutan Menurut Para Ahli

Menurut Yuniarti, (2011), inventarisasi adalah kegiatan inventarisasi dan karakterisasi terhadap morfologi tumbuhan bawah diharapkan dapat mengungkapkan potensi dan informasi yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengenalkan jenis-jenis tumbuhan bawah yang ada di daerah kawasan penelitian.

Inventarisasi Sarana dan Prasarana

Inventarisasi sarana dan prasarana adalah  suatu proses penghitungan, pencatatan, penggolongan, pengklasifikasian, pengkodean, terhadap barang/sarana prasarana yang dimuat dalam suatu daftar. Sedangkan inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan adalah pencatatan atau pendaftaran barang-barang milik sekolah ke dalam suatu daftar inventaris barang secara tertib dan teratur menurut ketentuan dan tata cara yang berlaku.

Contoh Inventarisasi

Inventarisasi merupakan pencatatan atau pendaftaran barang-barang. Jadi, contohnya berbeda-beda tergantung dimana barang tersebut berada. Berikut beberapa contohnya diantaranya.

  • Contoh inventarisasi sekolah: Meja, bangku, gedung sekolah, peralatan penunjukan seperti papan spidol/kapur dan lain sebagainya.
  • Contoh inventarisasi kantor: Lemari, komputer, printer, meja kantor, dan alat tulis kantor (ATK) seperti pulpen, buku, dan lain sebagainya.

Nah, itulah pengertian mengenai inventarisasi lengkap mulai dari inventarisasi barang, aset, kantor, hutan, dan contoh inventarisasi. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai inventarisasi secara umum dan menurut para ahli. Sekian dan semoga bermanfaat.

Arti Kompleksitas

Avatar Freedoms
1 min read

Pengertian Konseptual

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *