Arti Lockdown

1 min read

Arti Lockdown

Terkait wabah virus corona atau COVID-19 yang terus menyebar dan mewabah ke penjuru dunia. Organisasi kesehatan dunia (WHO) selaku badan kesehatan dunia menetapkan bahwa COVID-19 sebagai pandemi atau wabah penyakit global. Sehingga, negara yang mengalami wabah terbanyak seperti Italia menetapkan kebijakan “lockdown” demi mencegah penularan yang semakin luas. Lalu apa itu lockdown?

Apa itu Lockdown?

Lockdown merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya “terkunci”. Kata terkunci sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah terkancing (tertutup) dengan kunci. Umumnya istilah lockdown digunakan untuk sesuatu yang terkunci atau tertutup dengan sebuah kunci. Walaupun begitu, sebenarnya kata tersebut memiliki arti cukup luas, dan bisa juga digunakan untuk masalah yang darurat seperti wabah virus COVID-19.

Pengertian Lockdown Virus

Lockdown adalah suatu tindakan darurat atau kondisi disaat orang-orang untuk sementara waktu dicegah memasuki atau meninggalkan area atau bangunan yang telah ditentukan selama ancaman bahaya berlangsung. Lockdown yang dilakukan oleh suatu negara biasanya jika terjadi wabah yang berbahaya, seperti Virus Corona (COVID-19) yang bila tidak dilakukan Lockdown akan semakin besar penyebarannya.

Dengan memberlakukan sistem Lockdown akan membuat penyebaran virus tidak semakin meluas, karena dilakukan penutupan akses masuk dan keluar. Sistem lockdown akan membatasi setiap orang untuk berinteraksi, seperti penutupan suatu acara yang melibatkan banyak orang, menyarankan untuk bekerja di rumah, dan pemberlakukan aktivitas di malam hari.

Negara yang telah menerapkan lockdown terhadap virus COVD-19 adalah China, Italia dan Denmark. Contoh dari kebijakan ini seperti meliburkan sekolah, dilarang bepergian, dan tidak boleh beraktivitas di area publik demi mencegah penyebaran virus.

Pengertian Lockdown Lainnya.

Lockdown atau terkunci adalah protokol darurat yang biasanya mencegah orang atau informasi meninggalkan suatu area. Protokol biasanya hanya dapat diprakarsai oleh seseorang dalam posisi otoritas. Terkunci juga dapat digunakan untuk melindungi orang di dalam fasilitas atau, misalnya, sistem komputasi, dari ancaman atau peristiwa eksternal lainnya.

Dari segi bangunan, kuncian bor biasanya berarti bahwa pintu yang mengarah ke luar dikunci sehingga tidak ada orang yang bisa masuk atau keluar. Penguncian penuh biasanya berarti bahwa orang harus tinggal di tempat mereka berada dan tidak boleh masuk atau keluar dari gedung atau kamar di dalam bangunan tersebut. Jika orang berada di lorong, mereka harus pergi ke kamar terlindung terdekat yang aman.

Nah, itulah pengertian mengenai lockdown yang berkaitan dengan virus corona dan dalam bidang protokol serta bangunan. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan, sekian dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Arti Safe Flight

Poer Poer
1 min read

Arti Ekuitas adalah?

Poer Poer
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *