Home » Biologi » Pengertian » Arti Kata Selulosa adalah? Pengertian dan Manfaat

Arti Kata Selulosa adalah? Pengertian dan Manfaat

1 min read

Arti Kata Selulosa adalah? Pengertian dan Manfaat

Bahasa Indonesia memiliki banyak sekali kosakata yang termuat di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, umumnya yang termasuk bahasa baku. Sedangkan bahasa yang tidak baku juga banyak sekali, dan umumnya bahasa gaul yang banyak digunakan oleh anak muda. Di dalam bahasa Indonesia yang termuat bahasa yang mungkin sebagian orang belum mengetahuinya. Salah satunya adalah Selulosa.

Apa itu Selulosa

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), selulosa adalah kata yang berasal dari bidang biologi, yaitu polisakarida yang dihasilkan oleh sitoplasma sel tanaman yang membentuk dinding sel. Polisakarida sendiri adalah polimer yang tersusun dari ratusan hingga ribuan satuan monosakarida yang dihubungkan dengan ikatan glikosidik. Polisakarida adalah karbohidrat, sehingga tersusun hanya dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen.

Sedangkan menurut Wikipedia.org, Selulosa adalah senyawa organik dengan rumus (C6H10O5)n, yaitu sebuah polisakarida yang terdiri dari rantai linier dari beberapa ratus hingga lebih dari sepuluh ribu ikatan β(1→4) unit D-glukosa. Selulosa disini sebagai komponen struktural utama dinding sel yang terdapat di tanaman hijau, biasanya yang berbentuk ganggang dan Oomycetes. Selain itu, beberapa bakteri juga mengeluarkan selulosa untuk membentuk biofilm.

Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa selulosa merupakan senyawa organik yang paling umum di Bumi. Setidaknya sekitar 33% dari semua materi tanaman adalah selulosa. Bahkan hampir 90% isi dari kapas adalah selulosa, dan kayu sekitar 40-50%. Namun paling banyak adalah yang berkombinasi dengan lignin dan polisakarida lain seperti hemiselulosa dalam dinding sel tumbuhan berkayu, baik pada kayu lunak dan keras, jerami atau bambu. Selain itu selulosa juga dihasilkan oleh bakteri Acetobacter xylinum secara ekstraseluler

Perlu diketahui bahwa selulosa tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan manusia, dan hanya dapat di cerna oleh hewan yang memiliki enzim selulase. Selulosa mengintegrasikan biomassa dari planet Bumi yaitu menjadi biopolimer (polimer alami), karena hanya terdiri dari molekul β-glukosa, itulah sebabnya ia adalah homopolisakarida.

Pengertian Selulosa Menurut Para Ahli

Selulosa pertama kali dijelaskan oleh Anselme Payen pada tahun 1838 sebagai serat padat yang tahan dan tersisa setelah pemurnian jaringan tanaman dengan asam dan amonia (Brown dan Saxena, 2007). Payen mengamati bahwa bahan yang telah dimurnikan mengandung satu jenis senyawa kimia yang seragam, yaitu karbohidrat. Hal ini berdasarkan residu glukosa yang mirip dengan pati. Payen juga mengatakan bahwa selulosa adalah isomer dari bahan penyusun pati (Zugenmaier, 2008).

Dengan demikian, selulosa merupakan molekul biologis organik yang paling berlimpah atau paling banyak dibumi, karena selulosa hampir terdapat di semua dinding sel tumbuhan. Itu adalah polisakarida struktural di tanaman karena merupakan bagian dari jaringan penyokong.

Manfaat Selulosa

Selulosa telah digunakan secara luas dalam sediaan farmasi seperti etil selulosa, metil selulosa, karboksimetil selulosa, dan dalam bentuk lainnya yang digunakan dalam sediaan oral, topikal, dan injeksi. Sebagai contoh, karboksimetil selulosa merupakan bahan utama dari Seprafilm, yang digunakan untuk mencegah adesi setelah pembedahan. Baru-baru ini, penggunaan selulosa mikrokristal dalam emulsi dan formulasi injeksi semipadat telah dijelaskan. Penggunaan bentuk-bentuk selulosa dalam sediaan disebabkan sifatnya yang inert dan biokompatibilitas yang sangat baik pada manusia.

Selain itu selolusa yang terdapat di serat rami (Boehmeria nivea) dapat diolah untuk kain fashion berkualitas tinggi dan bahan pembuatan selulosa berkualitas tinggi (selulose α). Selulosa α berkualitas tinggi merupakan salah satu unsur pokok pembuatan bahan peledak dan atau propelan (propellant) yaitu isian dorong untuk meledakkan peluru. Kayu dan serat rami dapat diolah menjadi pulp berkualitas tinggi sebagai bahan baku.

Nah, itulah pengertian mengenai selulosa, baik secara umum maupun para ahli beserta manfaat selulosa. Sekian informasi yang dapat freedomnesia.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *