Arti Kamsahamnida

2 min read

Arti Kamsahamnida

Kamsahamnida artinya apa? Kamsahamnida merupakan salah satu kata yang berasal dari bahasa Korea yang banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari, tidak terkecuali bagi orang Indonesia. Orang Indonesia juga sering mengucapkan kalimat ini, baik itu dalam percakapan sehari-hari atau di media sosial seperti Whatsapp (WA), Facebook, Line, Instagran, dan lain sebagainya.

Orang Indonesia yang sering mengucapkan kalimat “Kamsahamnida” umumnya yang menyukai sesuatu yang berbau Korea, seperti Drakor (Drama Korea), atau K-pop (Korean pop). Namun bagi orang yang kurang tahu mengenai hal-hal yang berbau Korea, pastinya cukup bingung bila ada orang yang bilang “kamsahamnida”, baik itu apa artinya atau bagaimana menjawabnya.

Kata “Kamsahamnida” merupakan salah satu kata formal di Korea, mungkin Anda sudah tahu bukan bahwa budaya Korea bisa dibilang lebih sopan dan formal dibandingkan dengan budaya barat. Maka dari itu jika ingin mengunjungi korea atau sekedar ingin berbicara dengan teman-teman korea Anda harus mempelajari kata atau frasa sopan, contohnya seperti “Kamsahamnida”.

Kamsahamnida Artinya adalah?

Arti Kamsahamnida

Kamsahamnida “감사합니다” (dibaca “kam-sa-ham-mi-da”) dalam bahasa Korea artinya “Terima Kasih”. Kata tersebut merupakan kata yang paling umum digunakan untuk mengucapkan terima kasih dalam bahasa Korea. Kata kamsahamnida dianggap sebagai kata yang sopan dan formal, jadi Anda bisa menggunakannya kepada orang dewasa yang tidak dikenal.

Selain digunakan untuk orang dewasa yang tidak dikenal, Anda juga bisa menggunakannya kepada anak-anak atau orang yang lebih muda dan tidak dikenal. Kamsahamnida juga bisa digunakan ketika berada di tempat umum, seperti ketika berterima kasih kepada pelayan, pramuniaga, atau pegawai toko.

감사합니다 (Kamsahamnida) artinya terima kasih. Bisa juga 고맙습니다 (komapseumnida) artinya juga terima kasih. Hanya saja kamsahamnida lebih untuk situasi sopan dan formal (misal orang tua, bos,dll).

Dengan demikian, jika Anda ingin mempelajari cara mengucapkan “terima kasih” dalam bahasa Korea, Anda hanya perlu menggunakan frasa “감사합니다” Kamsahamnida (dibaca: “kam-sa-ham-mi-da”). Dibandingkan dengan ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea, kata kamsahamnida lebih tepat digunakan dalam berbagai situasi.

Pengganti Kata Kamsahamnida

Kata “kamsahamnida” bisa digunakan sebagai ucapakan terima kasih dalam bahasa Korea dalam berbagai situasi. Kata tersebut juga bisa diganti dengan “Gomapseumnida” yang artinya juga sama yaitu terima kasih. Kata atau frasa Gomapseumnida “고맙습니다” (dibaca: “go-map-seum-mi-da”) bisa Anda gunakan sebagai pengganti frasa “감사합니다“ (kamsahamnida). Walaupaun kata kamsahamnida lebih umum digunakan sebagai ucapan terima kasih.

Baca juga: Arti Saranghaeyo

Kata Gomapseumnida umumnya digunakan pada percakapan yang lebih ringan, dimana tingkat kesopanan kata ini mencerminkan rasa terima kasih yang tulus. Contohnya ketika Anda berterima kasih kepada seseorang yang telah memberikan bantuan serius kepada kita, atau ketika kita berbicara kepada teman.

Terima Kasih dalam Bahasa Korea secara Informal

Selain kedua ucapan terima kasih secara formal atau sopan di atas. Terdapat ucapan terima kasih dalam bahasa Korea yang sifatnya informal atau tidak formal yaitu gomaweoyo “고마워요” (dibaca “go-ma-weo-yo”. Kata ini digunakan ketika berterima kasih kepada seseorang yang sudah akrab, tetapi lebih tua. Dimana kata “gomaweoyo” menunjukkan rasa hormat terhadap usia lawan bicara. Walaupun kata ini dianggal informal, tapi tidak boleh digunakan kepada orang asing karena terkesan kasar dan tidak sopan.

Karakter tambahan (“요”) berbunyi “yo” akan membuat ungkapan terima kasih Anda terkesan lebih sopan, dan bukan hanya informal atau santai.

Kata gomaweoyo juga bisa diucapkan dengan hanya “gomaweo” tanpa tambahan “yo”. Dimana kata ini sangat informal dan digunakan sebagai ucapan terima kasih kepada sahabat atau anggota keluarga sebaya (atau bisa yang lebih muda), kecuali anak-anak. Jangan gunakan kata ini kepada orang yang tidak dikenal atau orang asing, karena dianggap cukup kasar.

Jawaban Kamsahamnida

Seperti halnya di dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, jika ada orang yang mengucapkan terima kasih kita harus menjawabnya sebagai penghormatan kembali. Jika ada orang yang mengucapkan terima kasih dalam bahasa Korea “Kamsahamnida” kita bisa menjawabnya dengan Cheonmaneyo “천만에요” (dibaca: “Cheon-ma-ne-yo”) yang artinya sama-sama atau terima kasih kembali.

Nah, itulah arti dari kata Kamsahamnida dalam bahasa Korea beserta kata informalnya dan jawaban jika ada orang yang bilang “kamsahamnida”. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai bahasa korea dan semoga bermanfaat.

Arti Kata Absurd

Avatar Freedoms
1 min read

Arti WYATB

Avatar Freedoms
1 min read

Arti Awkward

Avatar Freedoms
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *