Arti Saranghaeyo

2 min read

Arti Saranghaeyo

Saranghaeyo artinya apa?– Drama Korea yang sedang digandrungi oleh remaja sekarang ini ternyata memberikan dampak yang cukup signifikan. Dilihat dari segi penampilan, gaya foto, hingga bahasa yang digunakan sehari-hari. Bahasa yang sering kita dengar adalah sapaan (anyeong), ucapan terima kasih (gam-sa-ham-ni-da), dan yang tidak asing lagi yaitu ucapan untuk mengungkapkan rasa sayang atau cinta (saranghaeyo/saranghae).

Mengucapkan kalimat sayang untuk kekasih hati dapat dilakukan dengan berbagai bahasa. Bukan hanya dengan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Sekarang pengucapan kalimat cinta atau sayang dapat dilakukand dengan berbagai bahasa, seperti bahasa Korea. Korea memiliki ucapan saranghaeyo artinya mencintai.

Arti Saranghaeyo

Arti Saranghaeyo

Saranghaeyo artinya aku cinta kamu, sedangkan Saranghae artinya ‘aku mencintaimu’ yang dapat diucapkan untuk semua orang. Entah itu laki-laki, perempuan, tua ataupun muda karena sifatnya yang formal dan pengucapannya yang sopan. Untuk saranghae sendiri diucapkan untuk mereka yang sudah saling mengenal lama.

Sarang hae yo, berasal dari kata dasar sarang (hangul: 사랑) yang artinya cinta. Sedangkan Sarang hae yo (hangul: 사랑 해요), artinya aku cinta kamu.

Adapula sarang hae (hangul: 사랑해), yang artinya juga aku cinta kamu, tetapi sarang hae sifatnya lebih informal daripada sarang hae yo. Saranghaeyo dapat diucapkan kepada orang yang lebih tua dari kita atau lebih muda atau bisa juga untuk seusia. Saranghaeyo sendiri merupakan kata formal, sedangkan saranghae pengucapan kasih sayang yang bersifat informal. Namun memiliki arti yang sama yaitu ungkapan rasa sayang.

Kebanyakan mereka yang demam K-Pop sering mendengar ucapan tersebut dari drama-drama Korea yang laris dipasaran. Terlebih drama Korea yang bertemakan sekolah dan percintaan, terkesan lebih asyik untuk ditonton dan diikuti bahasanya oleh anak remaja zaman sekarang. Bukan hanya itu saja bahkan ada yang sampai mempelajari bahasa tersebut dikarenakan teramat sukanya terhadap Korea.

Saranghaeyo Oppa

Sedangkan untuk remaja yang menyukai K-Pop, mulai dari lagu-lagunya yang sering dinyanyikan oleh group idolanya. Pasti sering mendengarkan ucapan ‘saranghaeyo Oppa’ dengan membentuk simbol dari ibu jari dan jari telunjuk atau dengan melengkungkan kedua tangan diatas kepala hingga membentuk love.

Arti Saranghaeyo sama jika diucapan dengan tambahan ‘Oppa’ yang artinya aku mencintaimu Oppa. Oppa dalam bahasa Korea artinya kakak laki-laki yang diucapkan oleh saudara perempuan. Nah, saranghaeyo sendiri ditulis dengan huruf hangul.

Bahasa Korea memiliki banyak pengucapan untuk mengucapka rasa sayang atau cinta terhadap orang lain. Jadi bukan hanya saranghaeyo atau saranghae. Seperti ‘dangsi ttaemune eonjena haengbokhal subakke eomnuen na’ yang artinya ‘bahagiaku hanya bersamamu, sampai kapanpun’.

Penggunaan Saranghaeyo

Untuk kamu yang sudah mengetahui saranghaeyo artinya apa bisa digunakan atau dipraktekkan kepada orang yang disayang. Tapi tunggu dulu, selalu ingat penggunaan saranghaeyo bukan hanya untuk kekasih melainkan dapat digunakan untuk semua orang. Kamu bisa mengucapkanya kepada orang tua, saudara, ataupun teman.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai bahasa Korea, kamu dapat memperlajarinya dengan mengikuti kursus atau otodidak dengan memperlajari sendiri melalui film ataupun lagu. Karena pada dasarnya belajar bahasa harus lebih banyak praktek daripada teorinya saja.

Baca juga: Kamsahamnida dalam Bahasa Korea

Belajar dengan menonton film Korea atau drama Korea menjadi salah satu cara untuk mengetahui makna dari saranghaeyo. Bukan hanya itu saja kamu juga bisa belajar ucapan kasih sayang selain itu dan ucapan sehari-hari yang sering digunakan oleh orang Korea. Bermula dari kata saranghaeyo yang artinya aku mencintaimu, kamu akan bisa menggunakan bahasa asing selain bahasa Inggris. Juga akan menambah wawasan melalui bahasa itu sendiri.

Jadi untuk kamu pecinta K-Pop untuk menambah kosakata selain saranghaeyo bisa belajar lebih giat lagi siapa tahu kamu bisa mengunjungi negeri gingseng tersebut. Menggunakan bahasa setempat meski jarang sekali turis yang menggunakan bahasa tersebut.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai saranghaeyo artinya aku mencintaimu yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari kamu.

Arti Kamsahamnida

Avatar Freedoms
2 min read

Arti Kata Absurd

Avatar Freedoms
1 min read

Arti WYATB

Avatar Freedoms
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *