Pengertian Intonasi

2 min read

Pengertian Intonasi

Intonasi adalah? Hayo! siapa yang sering mendengar kata intonasi disebut? Kalian pasti sering atau bahkan sesekali mendengar orang-orang di sekeliling kalian berbicara atau berbincang soal intonasi.

Sejujurnya apa pengertian intonasi itu? Apa intonasi begitu penting saat kita melakukan pembicaraan dengan orang lain? Atau malah sebenarnya tidak terlalu penting bahkan hanya dianggap sebagai angin lalu? Nah kali ini penulis akan memberitau apa itu intonasi dan bagaimana cara pengucapannya yang benar? Yuk simak penjelasan berikut ini,

Pengertian Intonasi

Menurut Wikipedia.org, Intonasi adalah tinggi rendahnya nada pada kalimat yang memberikan penekanan
pada kata-kata tertentu di dalam suatu kalimat.

Intonasi merupakan dinamika nada yang diucapkan pada setiap kata pada sebuah kalimat entah itu panjang atau pendek yang memiliki nada tinggi atau rendah dan berfungsi untuk memberikan penekanan pada setiap kata-kata yang diucapkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), intonasi adalah lagu kalimat (dalam linguistik), sedangkan dalam musik intonasi didefinisikan sebagai ketepatan penyajian tinggi rendag dana (dari seorang penyanyi).

Intonasi sendiri merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dengan betul saat berkomunikasi dengan orang lain. Menurut kalian kenapa? Alasannya sederhana kok, intonasi adalah lagu kalimat yang berfungsi untuk menekankan setiap kata yang diucapkan agar terdengar jelas.

Lalu Bagaimana kalau tidak jelas? Tentu saja akan terjadi kesalahan saat berkomunikasi dengan orang sekitar kamu. Emangnya kamu mau ada kesalahpahaman dengan orang lain saat berkomunikasi bersama mereka? Engga kan.

Baca juga: Pengertian Artikulasi

Pengertian Intonasi Menurut Para Ahli

Menurut Halim (1984:1), intonasi adalah salah satu pilar utama dalam wacana lisan dan ikut pula dalam membangun kohesi wacana dalam komunikasi lisan.

Menurut Amran Halim (1984:88), Intonasi adalah partikel sebagai pola tinggi nada dan gelombang sebagai gerak tinggi nada.

Menurut Gorys Keraf (1991), Intonasi adalah sebuah kerja sama antara nada, durasi, tekanan, dan perhentian-perhentian yang menyertai suatu tutur, dari awal hingga perhentian yang terakhir.

Nah, pengertian intonasi sendiri juga memiliki pola tertentu yang harus diperhatikan dengan sangat betul, supaya tidak terjadi kesalahpahaman antara kamu dan orang lain. Menurut kalian intonasi ada apa aja sih macamnya? Ada berapa aja yang perlu diperhatikan dalam sebuah intonasi? Yuk kita cek.

Macam-Macam Intonasi

Intonasi adalah tinggi rendahnya nada pada kalimat yang diucapkan dan memberikan penekanan pada kata-kata tertentu di dalam kalimat tersebut. Intonasi secara umum dibagi menjadi 3 macam, yaitu tekanan dinamik, tekanan nada, dan tekanan tempo, Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Tekanan Dinamik

Tekanan dinamik pada intonasi adalah keras lembutnya nada saat diucapkan pada setiap kata yang keluar dari mulut. Contohnya seperti kalimat dibawah ini. Ucapakanlah kalimat yang bercetak kapital yang sudah tersedia.

  • SAYA membaca buku ini.’ Yang ditekankan di kalimat barusan adalah kata ‘saya’. (SAYA, bukan kamu atauapun dia)
  • ‘Saya MEMBACA buku ini.’ Yang ditekankan dari contoh pengertian intonasi kedua ini adalah kata ‘membaca’dalam kalimatnya. (MEMBACA, bukan menjual ataupun membeli)
  • ‘Saya membaca BUKU ini.’ Dari contoh selanjutnya dapat diketahui bahwa penekannya terdapat pada kata ‘buku’. (BUKU, bukan majalah atau novel).

Nah, seperti yang sudah dijelaskan seperti sebelumnya, kenapa sih harus perlu setiap kata yang diucapkan atau keluar dari mulut kita harus ada penekanannya? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal tersebut dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman saat berbicara atau kehilangan informasi yang didengarnya barusan.

2. Tekanan Nada (Tinggi)

Selanjutnya macam-macam dari intonasi adalah tekanan nada (tinggi). Sekarang kamu coba berucap atau berbicara menggunakan aksen atau nada yang jarang kamu pakai. Nanti pasti kamu merasakan akan ada serangkaian kalimat yang baru saja kamu ucapkan dengan nada yang naik turun di setiap katanya dan pastinya berubah-ubah. Nah, jadi tekanan nada yang dimaksud disini adalah tinggi rendahnya suatu nada.

3. Tekanan Tempo

Kamu pasti pernah mendengar soal Tempo. Nah pada intonasi juga terdapat tempo, yang biasa disebut tekanan tempo. Tekanan tempo adalah pengucapan yang diperlambat atau dipercepat secara sengaja. Tekanan tempo sendiri dipergunakan sebagai mempertegas makna dari ucapan kamu.

Untuk percobaannya, kamu bisa mulai berlatih dengan membaca naskah dengan tempo yang berbeda. Baca teks dengan cepat atau lambat silih berganti. Atur sedemikian hingga, sampai kamu merasakan mulai terbiasa dengan tempo yang kamu buat.

Nah itu dia tadi penjelasan mengenai pengertian intonasi. Jadi kesimpulannya intonasi adalah naik turunnya nada pada setiap pengucapan kata. Intonasi sendiri cukup penting dan diperlukan karena dengan intonasi kita ataupun orang lain bisa dengan mudah menangkap apa maksud kita dan tidak akan terjadi kesalahpahaman. Nah segitu dulu ya penjelasan soal intonasi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Kesan dan Pesan Perpisahan

Poer Poer
4 min read

Unsur Puisi

Poer Poer
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *