Pengertian Artikulasi

2 min read

Pengertian Artikulasi

Secara sederhana, artikulasi adalah teknik memproduksi suara yang baik dan mengucapkannya dengan jelas, nyaring, dan merdu. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikulasi adalah lafal atau pengucapan kata, perubahan rongga dan ruang yang terjadi dalam saluran suara untuk menghasilkan bunyi bahasa.

Pengertian Artikulasi

Artikulasi adalah Perubahan rongga dan ruang yang terjadi dalam saluran suara untuk menghasilkan bunyi atau bahasa. Daerah artikulasi terletak dari bibir luar sampai pita suara, dimana fonem-fonem terbentuk dari getaran pita suara disertai dengan perubahan posisi lidah dan semacamnya.

Artikulasi artinya pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas, sehingga telinga pendengar atau penonton bisa mengerti pada kata kata yang diucapkan.

Dalam vokal musik/lagu, artikulasi merupakan sebuah cara mengucapkan kata-kata dalam bernyanyi agar pesan lagu dapat dimengerti dan dipahami oleh para pendengar. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan artikulasi yang baik diantaranya yaitu sikap badan yang tegap, latihan vokalisis, posisi mulut yang benar, pembentukan bunyi lokal, dan pembentukan bunyi konsonan.

Pengertian Artikulasi Menurut Para Ahli

Menurut Mustain (2010: 30), artikulasi adalah apa yang kita definisikan sebagai struktur-struktur dalam otak yang melibatkan kemampuan bicara (area kemampuan bicara), membaca atau pemprosesan kata lainnya dan area gerak tambahan (menulis, membuat sketsa, dan gerak-gerak ekspresif lainnya).

Berdasarkan definisi menurut Mustain, artikulasi merujuk kepada apa saja yang berkaitan dengan aktivitas berbicara dan melakukan sesuatu akibat dari pemrosesan hasil dari kerja otak. Penerapan model artikulasi dalam proses pembelajaran sangat melibatkan kemampuan berbicara serta gerak ekspresi akibat dari kegiatan berpikir siswa.

Model Pembelajaran Artikulasi

Pengertian Artikulasi

Salah satu model artikulasi yang bisa dijadikan sebagai media pembelajaran adalah dengan cara membentuk kelompok berpasangan, di mana salah satu siswa menyampaikan materi yang baru diterima kepada pasangannya kemudian bergantian, presentasi di depan kelas perihal hasil diskusinya dan guru membimbing siswa untuk
memberikan kesimpulan.

Model pembelajaran artikulasi prosesnya seperti pesan berantai. Artinya apa yang telah diberikan guru, seorang siswa wajib meneruskan menjelaskannya pada siswa lain (pasangan kelompoknya). Hal ini merupakan keunikan model pembelajaran artikulasi. Siswa dituntut untuk bisa berperan sebagai penerima pesan sekaligus berperan sebagai penyampai pesan.

Pembelajaran Artikulasi Menurut Para Ahli

Menurut Huda (2013: 269), pembelajaran artikulasi merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam pembelajaran. Pada pembelajaran ini, siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil yang masing-masing anggotanya bertugas mewawancarai teman kelompoknya tentang materi yang baru dibahas. Skill pemahaman sangat diperlukan dalam model pembelajaran ini.

Dengan demikian, model pembelajaran artikulasi merupakan sebuah model pembelajaran yang menekankan pada konsep siswa aktif. Karena siswa akan dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil secara berpasangan, satu siswa bertugas untuk mewawancarai siswa lainnya secara bergantian guna untuk mengetahui seberapa paham para siswa mengenai materi yang disampaikan oleh guru. Setelah itu wakil kelompok akan menyampaikan hasil dari kegiatan wawancara.

Pengertian Artikulator

Artikulasi sangat berhubungan dengan artikulator. Apa itu artikulator? Artikulator adalah alat ucap, yaitu semua organ tubuh manusia yang berfungsi dalam pengucapan bunyi dan bahasa (artikulasi). Organ-organ artikulator diantaranya adalah paru-paru, laring, faring, rongga hidung, rongga mulut, bibir, gigi, lidah, alveolum, palatum, velum, dan unila.

Jenis Artikulator

Artikulator dibagi ke dalam dua jenis, yaitu artikuator pasif, dan artikulator aktif.

  • Artikulator aktif adalah alat ucap yg dapat bergerak, untuk menghasilkan bunyi bahasa (seperti lidah dan bibir).
  • Artikulator pasif adalah alat ucap yang tidak dapat bergerak, tetapi disentuh atau didekati oleh artikulator aktif dalam menghasilkan bunyi bahasa (misal gigi atas dan langit-langit).

Nah, itulah definisi atau pengertian mengenai artikulasi beserta model pembelajaran artikulasi dan pengertian artikulator beserta jenisnya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai artikulasi dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Arti Lockdown

Poer Poer
1 min read

Arti Ekuitas adalah?

Poer Poer
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *