Pengertian Mimikri, Macam, dan Contoh Hewan

2 min read

Pengertian Mimikri, Macam, dan Contoh Hewan

Secara umum, arti mimikri adalah kemampuan adaptasi yang dimiliki hewan dengan cara menyamarkan diri dari lingkungannya. Seperti bunglon yang berubah warna sesuai warna tempat yang di hinggapinya sehingga mampu mengelabui musuh. Sementara itu, manusia beradaptasi menyesuaikan diri dengan lingkungan agar dapat terbiasa menjadi bagian dari lingkungan tersebut.

Secara etimologi, pengertian mimikri berasal dari bahasa yunani yaitu “mimetiokos” sedangkan dalam bahasa inggris disebut “imitative” dan ketika di artikan dalam bahasa indonesia adalah bersifat meniru.

Pengertian Mimikri

Mimikri adalah sebuah evolusi hewan yang terjadi pada satu spesies untuk menjadi sama dengan spesies lainnya. Biasanya jenis mimikri ini di gunakan oleh spesies hewan yang sedang terancam nyawanya karna berhadapan dengan predator atau saat satu spesies hewan ingin memangsa.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mimikri memiliki dua pengertian, yaitu: 1. tindakan menirukan (seperti menirukan suara kera atau jalannya katak). 2. penyesuaian diri (seperti mengubah warna tubuh dan sebagainya) sehingga sesuai dengan keadaan alam sekitarnya untuk melindungi diri dari bahaya (contohnya seperti kemampuan pada bunglon).

Dalam ilmu biologi, mimikri adalah kemampuan adaptasi yang dimiliki hewan untuk mengubah warna tubuhnya menjadi seperti warna tempat yang sedang ditempatinya. Mimikri merupakan cara unik yang dilakukan oleh spesies tertentu untuk melindungi diri dari bahaya yang mengancam dirinya.

Jadi, hewan yang memiliki kemampuan mimikri tidak perlu repot-report dalam mencari tempat yang sama dengan warna tubuhnya untuk bersembunyi atau berlindung, karena hewan tersebut bisa merubah warna tubuhnya menjadi seperti tempat yang sedang dia singgahi.

Macam-Macam Mimikri

Secara umum, definisi mimikri hanya ada dua, yaitu tindakan menirukan, dan penyesuaikan diri. Namun, mimikri masih memiliki definisi lain berdasarkan macamnya. Berikut macam-macam mimikri beserta penjelasannya.

1. Mimikri Molekuler

Molekuler mimikri ini sama dengan kemungkinan teoretis bahwa kemiripan sekuens antara peptida asing dan diri sendiri cukup memadai. menyebabkan aktivasi silang sel T atau B yang autoreaktif oleh peptida turunan patogen. Saat pengaktifan sel B atau T, dipercaya bahwa sel yang spesifik “mimik peptida” itu dapat bereaksi silang dengan epitop diri, yang menimbulkan. Istilah tersebut disebut dengan mimikri molekuler.

Peptida mimikri adalah salah satu mimikri yang di lakukan beberapa hewan untuk mengelabui pemangsa atau bahkan mangsanya.

2. Mimikri Bates

Bates mimikri ini adalah merupakan jenis mimikri yang terjadi ketika suatu spesies yang tidak begitu membahayakan telah berevolusi sehingga mampu menyerupai sinyal spesies yang berbahaya untuk menakuti pemangsanya. Konsep iniah yang di sebut dengan mimikri bates, mengapa  dikenal dengan nama bates? karna untuk menghargai Henry Walter Bates, sebagai penghargaan atas karya-karyanya mengenai kupu-kupu di hutan hujan Brasil.

Bates mimikri adalah jenis mimikri yang paling dikenal dan yang paling sering dipelajari, sehingga konsep mimikri kadang-kadang dianggap sinonim dengan konsep mimikri Bates.

3. Mimikri Agresif

Mimikri agresif adalah jenis mimikri yang terjadi ketika suatu predator, parasit atau parasitoid memiliki sinyal yang mirip dengan mangsa atau inangnya dengan tujuan agar mereka tidak dikira sebagai predator atau parasit oleh mangsa atau inangnya.

Dalam artian yang lebih luas, agresif mimikri adalah adaptasi yang dapat mencakup berbagai jenis “muslihat”, seperti saat bunga anggrek “memperdaya” serangga jantan dengan menyerupai betina yang tampaknya siap untuk bereproduksi, tetapi di artikel ini istilah “mimikri agresif” hanya mengacu kepada tipuan yang membuat korbannya dimangsa oleh predatornya.

4. Mimikri Muller

Mimikri muller adalah salah satu dari jenis mimikri dimana, suatu fenomena ketika dua atau beberapa spesies yang berbahaya menyerupai sinyal peringatan satu sama lain. Spesies-spesies ini tidak harus berkerabat dekat, tetapi mereka biasanya memiliki satu (atau beberapa) pemangsa yang sama, dan mimikri Muller menguntungkan spesies-spesies ini karena para pemangsa akan menghindari semua spesies yang terlibat hanya dengan sedikit pengalaman. Muller mimikri adalah suatu proses menyesuaikan diri yang dilakukan spesies kupu kupu.

Contoh Hewan Mimikri

Adapun contoh hewan yang memiliki kemampuan mimikri (menirukan dan menyesuaikan diri) adalah sebagai berikut.

1. Lalat Bunga

Pengertian Mimikri, Macam, dan Contoh Hewan
Lalat Kerbau Eropa (Sirelane)

Kemampuan mimikri dengan cara menyerupai spesies lainnya dimiliki oleh lalat bunga, terutama jenis lalat kerbau eropa. Lalat bunga secara tampilan mirip atau menyerupai lebah/tawon. Lalat jenis ini sering menempel ke bunga dan menirukan perilaku tawon jika bertemu dengan predator lalat tersebut. Mimikri ini bertujuan melindungi diri dari bahaya dengan cara menyerupai dan berperilaku seperti hewan lain.

2. Bunglon

Pengertian Mimikri, Macam, dan Contoh Hewan
Bunglon

Bunglon merupakan salah satu hewan reptil yang sebagian besar menghabiskan hidupnya di atas pohon. Bunglon adalah hewan ovovivipar yang memiliki kemampuan untuk  menyesuaikan diri dengan menyamarkan warna kulitnya agar tidak terlihat oleh pemangsa atau mangsanya. Mimikri ini bertujuan untuk melindungi diri dari bahaya yang ada disekitar.

Sekian pembahasan mengenai pengertian mimikri yang dapat saya ulas dalam artikel ini kurang lebihnya saya mohon maaf. Dan teruslah membaca untuk memperluas ilmu pengetahuan.

Nah, itulah pengertian mengenai mimikri, yaitu kemampuan hewan dalam menyesuaikan dengan lingkungan (berkamuflase) dan menirukan hewan lain, beserta macam dan contoh hewan mimikri. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai mimikri dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *