Arti Kompleksitas

1 min read

Arti Kompleksitas

Arti Kompleksitas adalah? Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi negara Indonesia untuk menyatukan berbagai bahasa daerah yang ada. Indonesia merupakan negara yang kaya raya, bukan hanya kaya dari segi alam tapi juga dari bahasa, adat-istiadat, suku, budaya, dan lain sebagainya.

Karena suku atau etnis di Indonesia cukup banyak, bahasa yang digunakan oleh setiap suku pastinya berbeda-beda dan oleh karena itu pada tanggal 28 Oktober 1928 dalam butir sumpah pemuda diikrarkan “kami putra dan purti Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Panetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional adalah untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.

Terdapat banyak sekali kata atau istilah dalam bahasa Indonesia, bisa Anda di cek dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui apa arti dan maknanya, namun banyak juga istilah dalam bahasa Indonesia yang belum banyak diketahui oleh orang Indonesia. Salah satunya adalah kompleksitas.

Pengertian Kompleksitas

Kompleksitas berasal dari kata dasar “kompleks” yang diambil dari kata dalam bahasa Inggris “complex” yang artinya rumit, sedangkan kompleksitas artinya kerumitan. Kompleksitas adalah kualitas yang memungkinkan sesuatu tersusun dari sejumlah besar unsur, yang diatur secara lebih ketat di antara unsur-unsur itu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kompleksitas/kom·plek·si·tas/ /kompléksitas/ adalah kerumitan atau keruwetan. Contoh: saya tidak mempunyai kompleksitas kejiwaan dengan terlalu curiga terhadap orang lain.

Kompleksitas merupakan suatu tingkat kerumitan. Sedangkan menurut Praxis, kompleksitas adalah suatu skala berkelanjutan yang dapat diaplikasikan pada bidang manajemen P3 yang berbeda. Tingkat kompleksitas mempengaruhi cara penyesuaian fungsi, metode, dan kompetensi.

Pengertian lainnya, kompleksitas adalah suatu indikator mengenai hubungan di dalam suatu proyek, program, atau portofolio yang memengaruhi bagaimana cara suatu hubungan akan dikelola dan keahlian yang dibutuhkan untuk mengelolanya. Semua proyek, program atau portofolio dihasilkan dari berbagai fungsi dan proses yang saling berhubungan satu sama lain, dimana semuanya kompleks dan sesuai dengan definisi kamus.

Pengertian Kompleksitas Organisasi

Kompleksitas sangat erat hubungan dengan suatu organisasi, dimana semakin besar ukuran suatu organisasi maka semakin kompleks (rumit) keadaannya. Kompleksitas dalam organisasi umumnya menyangkut berbagai hal, diantaranya seperti kompleksitas alur informasi, kompleksitas pembuat keputusan, kompleksitas pekerjaan, kompleksitas pendelegasian wewenang, dan lain sebagainya.

Menurut teori evolusi Pierre Teilhard de Chardin, kompleksitas adalah kualitas yang memungkinkan sesuatu tersusun dari sejumlah besar unsur yang diatur secara lebih ketat di antara unsur-unsur itu.

Dalam organisasi, kompleksitas juga dapat digunakan untuk mengindentifikasi susunan dalam organisasi, seperti jabatan, kompleksitas tugas, wewenang, kedudukan, status, hal dan lain sebagainya Selain itu, Kompleksitas sendiri merujuk pada tingkat differensiasi yang ada di dalam sebuah organisasi. Terdapat 3 jenis kompleksita, yaitu vertical, horizontal, dan spasial.

Pengertian Kompleksitas Bisnis

Dalam bidang bisnis, kompleksitas adalah tingkat kerumitan dari hasil suatu barang, dimana jika suatu barang memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi, maka barang tersebut akan memiliki harga yang mahal. Jika dimisalkan dengan sebuah jasa, semakin berkualitas, berpengetahuan tinggi, dan sangat memuaskan maka sebuah jasa seseorang akan semakin mahal harganya.

Nah, itulah beberapa pengertian mengenai kompleksitas dalam berbagai bidang. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai kompeksitas dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *