Pengertian Konseptual

2 min read

Pengertian Konseptual

Konseptual adalah? Semua hal yang berhubungan dengan hasil yang baik pastilah mempunyai konsep yang baik pula di dalamnya. Konsep disini diibaratkan sebagai rancangan abtrak, jika rancangan baik maka hasil dari tugas yang dirancang tersebut juga baik. Sebagian besar mungkin sudah mengetahui apa itu konsep, tapi bagaimana dengan konseptual? berikut pengertian konseptual.

Pengertian Konseptual

Konseptual berhubungan dengan konsep. Konseptual memberi tahu mengenai arti konsep secara abstrak atau teoretis. Konseptual juga menggambarkan sesuatu dalam hal karakteristik abstrak dan hubungannya dengan entitas konseptual lainnya.

Contoh konseptual misalnya, “administrator penjualan memastikan bahwa manajemen memiliki informasi terkini yang secara akurat mencerminkan kinerja departemen penjualan dengan memproses pesanan penjualan secara tepat waktu.” Dalam hal ini, konsepnya adalah “manajemen”, “kinerja” , “Mode tepat waktu”, dan sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konseptual/kon·sep·tu·al/ /konséptual/ adalah berhubungan dengan (berciri seperti) konsep

Definisi operasional menghubungkan suatu konsep dengan dunia nyata dengan memberi tahu Anda bagaimana mengamati dan / atau mengukur konsep tersebut.  Contohnya: harga diri yang tinggi secara konseptual dapat didefinisikan sebagai seseorang yang menunjukkan nilai diri yang tinggi. Secara operasional, Anda dapat mendefinisikannya sebagai skor di atas sejumlah skala harga diri.

Dengan demikian, definisi konseptual konseptual berguna dalam memahami bagaimana suatu hal berhubungan dan bekerja dengan hal lain.

Makna Konseptual

Makna konseptual adalah makna yang sesuai dengan konsepnya, makna yang sesuai dengan refennya, makna yang bebas dari asosiasi atau hubungan apapun.

Makna konseptual merupakan makna kata yang terdapat dalam kamus atau sumber-umber terpercaya lainnya, seperti KBBI atau wikipedia.org. Dengan kata lain konseptual bisa dikatakan sebagai makna multak dari sebuah kata.

Makna konseptual umumnya digunakan untuk menunjukkan sesuatu hal yang terdapat dua atau tiga. Maksudnya, makna konseptual hanya dimiliki satu kata baik secara konsep maupun ide yang terdapat pada kata-kata yang lainnya.

Makna yang terdapat dalam konseptual biasanya berhubungan erat dengan konsep-konsep yang sudah ada. Hal tersebut supaya makna konseptual bisa lebih dipahami.

Pengertian Konseptualisasi

Konseptualisasi adalah suatu proses pembentukan konsep dengan bertitik tolak pada gejala-gejala pengamatan. Proses ini berjalan secara induktif, dengan mengamati sejumlah gejala secara individual, kemudian merumuskannya dalam bentuk konsep dan konsep tersebut bersifat abstrak.

Pengertian Konsep

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa konseptual berhubungan dengan konsep. Konsep adalah sebuah rancangan yang disusun sedemikian rupa menggunakan sebuah rencana yang telah dibuat sebelumnya secara baik dan matang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konsep adalah suatu rancangan atau buram surat dan sebagainya. Ide atau pengertian yang diabstrakkan dari suatu peristiwa yang konkret. Contohnya kata” satu istilah dapat mengandung dua konsep yang berbeda.

Sedangkan menurut wikipedia.org, konsep disebut juga anggitan adalah abstrak, entitas mental yang universal yang menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu kejadian, entitas, dan hubungan. Kata konsep sendiri berasal dari bahasa latin “conceptum” yang artinya sesuatu yang dipahami.

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

Menurut Aristoteles dalam “The classical theory of concepts“, menyatakan bahwa konsep adalah penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat manusia. Konsep sendiri merupakan abstraksi dari suatu ide dan juga gambaran mental, dimana hal tersebut dianyatakan dalam suatu kata dan simbol. Konsep dinyatakan juga sebagai bagian dari pengetahuan yang dibangun dari macam karakteristik.

Menurut Soedjadi, konsep adalah sebuah ide abstrak yang dapat digunakan untuk melakukan penggolongan atau klasifikasi yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata (lambang bahasa).

Menurut Singarimbun dan Effendi, konsep adalah generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, sehingga dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai fenomena yang sama. Konsep merupakan suatu kesatuan pengertian tentang suatu hal atau persoalan yang dirumuskan.

Nah, itulah pengertian mengenai konseptual dan makna konseptual, beserta definisi konsep menurut para ahli. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai konsep dan konseptual. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *