Arti Bacot

2 min read

Arti Bacot

Arti Bacot – Bahasa adalah sistem yang digunakan untuk komunikasi baik dengan yang kita kenal maupun orang baru. Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak istilah-istilah asing yang digunakan setiap harinya oleh remaja.

Kata-kata tersebut biasanya dianggap normal, tidak ada masalah saat kata itu digunakan. Bahasa inilah yang biasa mereka sisipkan dalam kalimat-kalimat yang mereka lontarkan. Kata-kata tadi ada yang dalam artian positif, ada juga yang negatif. Salah satu dari sekian banyaknya kata yang beredar di kalangan generasi milenial, dan yang sering diucapkan oleh mereka adalah bacot.

Arti Bacot adalah?

Arti bacot menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau lebih dikenal dengan KBBI adalah mulut. Kata bacot di dalam KBBI masuk ke dalam jenis atau ragam kata kasar yaitu banyak cocot (bacot), walaupun arti sebenarnya adalah mulut.

Bacot adalah sebuah kata ungkapan kekesalan yang ditujukan kepada orang lain ketika merasa jengkel dengan perkataan orang lain tersebut. Contohnya ketika orang lain mengomentari sesuatu tentang diri kita dan membuat kita tidak nyaman akan perkataan tersebut, maka terlontarlah kata bacot (banyak cocot).

Kata ini masuk ke dalam kata benda yang dapat menyatakan nama dari seseorang, suatu tempat, atau segala sesuatu yang dibendakan. Contoh penggunaan kata bacot dalam kalimat berikut ini, “kamu tuh bacot gak ada remnya? Ngomong terus dari tadi.”

Kamu pasti sering melihat atau mendengar kata yang satu ini. Di berbagai platform media sosial kata bacot sering kali muncul, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya. Bahkan di kehidupan nyata pun, banyak sekali orang yang menggunakan kata ini.

Penggunaan Kata Bacot

Kata bacot lumrah mereka gunakan saat ingin meluapkan emosi terhadap suatu hal yang tidak mereka suka. Saat mereka mulai marah atau kesal, bisa juga karena terganggu dengan perkataan lawan bicaranya, pada saat itu mereka akan menggunakan kata ini. Terkadang kata ini juga digunakan untuk merendahkan orang lain, memancing emosi lawan bicaranya, contohnya “halah, bacot digedein, nyalinya ciut.”

Banyak anak muda yang menggunakan kata bacot untuk menghentikan apa yang lawan bicaranya katakan. Dan biasanya cara yang satu ini cukup efektif untuk menghentikan percakapan dan ganti ke topik baru. Namun, bisa saja dia masih memendam kekesalan dan membuat suasana menjadi canggung.

Contoh Kalimat Bacot

Arti Bacot

Salah satu contoh keadaan yang sering ditemui adalah saat seorang teman kamu memberi tahu apa yang mereka lakukan dengan maksud pamer atau menyombongkan diri. Misalnya teman kamu berkata, “eh, lu tahu gak gue baru pulang dari luar negeri, beli sepatu, make up, banyak banget deh pokoknya.” Kemungkinan, kebanyakan orang akan menjawab, “bacot lu!” Dalam situasi  seperti ini bacot artinya adalah banyak omong atau berisik.

Dari definisi bacot tadi, kamu juga bisa menggunakan kata ini untuk menghentikan orang yang terlalu banyak berkomentar tentang suatu hal. Contohnya saja, “eh, liat deh dia cantik banget. Bodynya beh, gitar Spanyol. Lu kenal dia kan? Kenalin ke gue dong … yaya.” Nah ini saat yang tepat untuk kamu menggunakan kata bacot. Balas dengan, “ahh… bacot lu!”

Tujuan Kata Bacot

Berdasarkan contoh bacot diatas, umumnya orang mengatakan kata bacot agar lawan bicaranya berhenti merengek, atau juga bisa saat dia terlalu banyak berkomentar akan suatu hal. Saat menemui beberapa orang seperti di dalam situasi yang sudah disebutkan tadi, tentunya akan sangat menyebalkan yang menguji kesabaran kamu.

Penggunaan kata bacot juga banyak ditemukan di dalam permainan game yang dilakukan secara online. Dimana perseteruan yang terjadi di dalam game biasanya akan memancing player untuk mengomentari lawan atau teman yang noob (bermain tidak bagus). Jika lawan bicara atau chatting terlalu sering melontarkan kata, terutama kata makian lama kelamaan akan muncul kata “bacot”.

Itu dia sedikit penjelasan tentang pengertian bacot, bahasa gaul yang sering digunakan di kalangan anak muda saat ini atau yang lebih dikenal dengan generasi milenial. Tapi dalam berbahasa tentunya kamu harus lebih bijak dan mampu memilah bahasa yang kamu gunakan setiap harinya. Serta gunakan kata-kata tertentu dengan melihat situasi dan kondisi agar tidak menimbulkan masalah yang besar. Sekian dan semoga bermanfaat.

Arti Kamsahamnida

Avatar Freedoms
2 min read

Arti Kata Absurd

Avatar Freedoms
1 min read

Arti WYATB

Avatar Freedoms
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *