Cara Menghormati Orang Tua dan Guru

2 min read

Cara Menghormati Orang Tua dan Guru

Cara Menghormati Orang Tua dan Guru – Ketika kita melihat keluarga yang bahagia alangkah senangnya. Mereka saling menyanyangi, menghormati, dan mengasihi. Akan tetapi, kita sering saksikan dalam kehidupan banyak yang jauh menyimpang dari ajaran Islam, seperti perilaku durhaka kepada kedua orang tua, tidak menuruti nasihat orang tua dan guru, dan tidak menghargai guru.

Perilaku ini apabila dibiarkan akan merugikan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain sehingga akan membuat kehidupan ini tidak nyaman dan tidak tenteram. Sebagai anak-anak muslim, kita seharusnya tidak melakukan perilaku seperti itu dan seharusnya kita menghormati orang tua dan guru.

Kita wajib menghormati kedua orang tua kita yang telah membesarkan kita. Kita juga wajib menghormati guru-guru kita karena dari merekalah kita sekarang ini bisa membaca dan menulis. Sikap menghormati orang tua dan menghormati guru merupakan perilaku terpuji yang harus dijunjung tinggi agar kita menjadi manusia yang sempurna.

Menghormati Orang Tua

Siapakah orang yang paling dekat dengan Anda sejak lahir? Tentua kedua orang tuamu, buka? Merekalah yang membawa kamu ke dunia ini dengan izin Allah Swt. Jasa mereka besar sehingga kamu tidak mampu menghitungnya, diantara jasa-jasa orang tua adalah sebagai berikut.

  1. Ibu mengandung dengan penuh susah payah, dan melahirkan dengan mempertaruhkan nyawa.
  2. Ibu menyusui selam dua tahun dengan penuh kasih sayang dan terjaga di malam hari karena memenuhi kebutuhan anaknya.
  3. Ibu dan ayah memelihara kita sehingga kita siap untuk hidup mandiri.
  4. Ibu dan ayah memberi bekal pendidikan.
  5. Ibu dan ayah memberikan kasih sayang dengan ikhlas tanpa meminta balasan.

Begitu besar jasa orang tua sehingga kita sebagai anak wajib hukumnya berbuat baik kepada keduanya. Allah Swt. memeirntahkan kita untuk berbuat baik kepada keduanya, sebagaimana firman-Nya:

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَٰقَ بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا ٱللَّهَ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَانًا وَذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَقُولُوا۟ لِلنَّاسِ حُسْنًا وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا مِّنكُمْ وَأَنتُم مُّعْرِضُونَ

Artinya: “Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.” (Q.S. al-Baqarah 2: 83)

Pada penggalan ayat, وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَانًا Allah Swt. menegaskan bahwa kita harus berbuat baik kepada orang tua. Terkiat dengan, Iman Abu Daud dan Baihaqi meriwayatkan sebuah hadis dari Abdullah bin Amru sebagai berikut.

Cara Menghormati Orang Tua dan Guru

Artinya: “Dari Abullah bin Umar berkata. Seseorang datang kepada Rasulullah saw. dan berkata, “Aku akan berbaiat kepadamu untuk berhijrah, dan aku tinggalkan kedua orang tuaku dalam keadaan menangis.” Rasulullah saw. bersabda, “Kembalilah kepada kedua orang tuamu dan buatlah keduanya tertawa sebagaimana engkau telah membuat keduanya menangis.” (H.R. Baihaqi)

Cara Menghormati Orang Tua

Hadis di atas menegaskan kepada kita agar tidak sekali-kali mengecewakan kedua orang tua kita. Nah, berikut adalah perilaku atau cara menghormati orang tua menurut agama Islam.

1. Ketika Orang Tua Masih Hidup

  • Memperlakukan keduanya dengan sopan dan hormat.
  • Membantu pekerjaannya.
  • Mengikuti nasihat (apabila nasihat itu baik).
  • Membahagiakan keduanya.

2. Ketika Orang Tua Sudah Meninggal

Jika keduanya muslim, kamu dapat mendo’akan setiap saat agar mendapat ampunan Allah Swt. Do’a yang diajarkan Rasululah saw, adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan rahmatilah mereka sebagaimana keduanya telah memeliharaku pada waktu kecil.

Selain dengan mendo’akan orang tua yang sudah meninggal, beberapa cara menghormati orang tua yang sudah meninggal adalah sebagai berikut.

  • Melaksanakan wasiatnya.
  • Menyambung dan melanjutkan silaturahmi yang dahulu sudah dilakukan oleh kedua orang tua.
  • Menjaga nama baik mereka.

Menghormati Guru

Kita harus berbuat baik atau berbakti kepada kedua orang tua dan kita juga diperintahkan untuk berbuat baik dan berbakti kepada guru. Gurulah yang telah mendidik dan mengajarkan ilmu kepada kita.

Sebagai pendidik, guru membentuk kita menjadi manusia yang beriman, mengerti baik dan buruk, berbudi pekerti luhur, dan menjadi orang yang bertanggung jawab, baik kepada diri sendiri, masyarakat, bangsa, maupun negara.

Gurulah yang menjadikan kita orang yang pandai dan memahami ilmu pengetahuan. Dengan demikian, kira akan memperoleh kedudukan yang tinggi di hadapan Allah Swt., sebagaimana firman-Nya.

 ۚيَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ …

…Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat…” (Q.S. al-Mujadalah 58: 11)

Cara Menghormati Guru dalam Islam

Cara menghormati atau berbakti kepada guru, antara lain dengan bersikap sebagai berikut.

  1. Mengucapkan salam apabila bertemu.
  2. Memperhatikan apabila diajak bicara di dalam dan di luar kelas.
  3. Rendah hati, sopan, dan menghargai.
  4. Melaksanakan tugas belajar dengan ikhlas.

Nah, itulah artikel kali ini mengenai cara menghormati orang tua dan guru yang wajib dilakukan oleh kita sebagai anak dan murid. Demikian artikel mengenai pelajaran agama Islam dalam bab menghormati itu indah, sekian dan semoga bermanfaat untuk Anda semua yang telah membaca.

Referensi

http://pendidikanislam95.blogspot.com/2016/07/kewajiban-menghormati-orang-tua-kita.html
https://tafsirweb.com/473-quran-surat-al-baqarah-ayat-83.html
https://tafsirweb.com/10765-quran-surat-al-mujadilah-ayat-11.html
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 2017

Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *