Zakat – Pengertian, Hukum, Jenis, dan Dalil

2 min read

Zakat - Pengertian, Hukum, Jenis, dan Dalil

Pengertian zakat adalah sejumlah harta yang harus atau wajib dikeluarkan oleh pemeluk agama Islam (muslim), untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima atau orang yang kurang mampu seperti fakir miskin dan semacamnya, sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh syariah.

Daftar Isi

Pengertian Zakat

Zakat - Pengertian, Hukum, Jenis, dan Dalil

Menurut bahasa, kata zakat diambil dari Bahasa Arab yang berasal dari kata zakka-yuzakki-tazkiyatan-zakatan yang artinya menyucikan. Selain itu, zakat juga berarti barakah (keberkahan), nama’ (pertumbuman dan perkembangan, taharah (kebersihan), dan shalah (keberesan dan amal salah).

Pengertian zakat menurut istililah, zakat adalah penunaian hak yang diwajibkan atas harta tertentu yang diperuntukan bagi orang tertentu, yang kewajibannya didasari oleh haul (batas waktu satu tahun) dan nisab (batas ukuran minimum).

Al-Hafidz Ibnu Hajar mendefinisikan zakat adalah memberikan sebagian dari harta sejenis yang sudah sampai nisab selama setahun dan diberikan kupada orang yang berhak menerimanya (mustahik zakat) yang bukan dari keturunan Bani Hasyim dan Bani Mutalin.

Menurut hukum Islam (istilan syarak), zakat adalah memberikan (menyerahkan) sebagian harta tertentu untuk orang yang telah ditentukan Oleh syarak dennen niat karena Allah Swt.

Hukum Zakat

Zakat merupakan salah satu rukun Islam dan menjadi salah satu unsur pokok bagi tegaknya syariat Islam. Oleh sebab itu, hukum zakat adalah wajib (fardu) bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat termasuk dalam kategori ibadah (seperti shalat, haji dan puasa) yang telah diatur secara terinci dan paten berdasarkan Al-Qur’an dan sunah, sekaligus merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan umat manusia.

Dalil Tentang Zakat

Zakat - Pengertian, Hukum, Jenis, dan Dalil

Di dalam rukun Islam, zakat termasuk rukun yang keempat. Oleh karena terrasuk salah satu rukun Islam, zakat wajib hukumnya. Selain itu, zakat mempunyai peran yang sangat penting bagi umat Islam. Oleh karena begitu pentingnya kedudukan zakat sehingga kata zakatdi dalam Al-Qur’an selalu disebut dengan kata shalat dan itulah yang menjadi dasar kewajiban zakar.

Perhatikan firman Allah Swt. berikut.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Q.S. Al-Baqarah, 2: 277)

Jenis Zakat

Zakat - Pengertian, Hukum, Jenis, dan Dalil

Zakat dibagi dalam dua jenis, yaitu zakat nafs (jiwa) atau lazim disebut zakat fitri (zakat fitrah) dan zakat mal (harta).

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim, baik kaya maupun miskin, laki-laki maupun perempuan, dewasa maupun anak-anak, bahkan bayi yang baru lahir, sebelum memasuki hari Raya Idulfitri atau tepatnya sebelum dilaksanakan shalat Idulfitri. Jumlah zakat yang dikeluarkan sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter makanan pokok masyarakat setempat.

Kata “fitri” diambil dari kata fitrah, yakni asal-usul penciptaan jiwa manusia sehingga setiap jiwa yang lahir ke dunia wajib mengeluarkan zakat fitrahnya.

2. Zakat Mal (Harta)

Pengertian mal menurut terminologi adalah segala sesuatu yang selalu diinginkan oleh manusia untuk disimpan, dimiliki, dan dimanfaatkan. Adapun menurut istilah syariat, mal adalah segala macam benda (materi) berupa kekayaann yang dapat dimiliki (dikuasai) dan dapat dipergunakan atau dimanfaatkan menurut kelazimannya.

Artinya, segala sesuatu dapat dikatakan sebagai harta kekayaan jika bisa dimiliki, dihimpun, dikuasai, disimpan, dan bisa dimanfaatkan, seperti rumah, pabrik, mobil, uang, emas, perak, hasil perkebunan, hasil peternakan, hasil pertanian, hasil pertambangan, dan sebagainya.

Jadi, zakat mal adalah membersihkan harta yang dimiliki dengan cara memberikannya kepada orang-orang yang berhak menerimanya dengan kadar dan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh agama.

Nah, itulah pengertian zakat secara lengkap baik secara bahasa maupun istilah dalam agama Islam, beserta dalil tentang zakat, jenis-jenis zakat, dan hukum mengenai zakat. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai zakat dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *