Pengertian Vivipar

2 min read

Pengertian Vivipar

Apa yang dimaksud dengan vivipar? Menurut Wikipedia.org, vivipar adalah salah satu cara perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan, berbeda dengan ovipar yang perkembangbiakannya dengan cara bertelur. Selain vivipar dan ovipar, masih ada satu lagi cara perkembangbiakan binatang yaitu dengan cara ovovivipar atau perkembangbiakan binatang dengan cara bertelur dan juga melahirkan.

Karena pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas mengenai ovipar atau cara perkembangbiakan binatang dengan cara bertelur, maka kali ini kita akan membahas kebalikannya yaitu vivipar atau cara perkembangbiakan binatang dengan cara melahirkan. Berikut informasi lengkapnya.

Pengertian Vivipar

Vivipar adalah cara perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan atau beranak. Cara perkembangbiakan secara vivipar umumnya terjadi pada hewan mamalia atau menyusui. Contoh hewan vivipar diantaranya: kucing, gajah, sapi, kambing, singa, kuda, unta, dan ikan paus.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), vivipar adalah cara reproduksi pada hewan yang mengakibatkan telur berkembang di dalam tubuh hewan betina dan perkembangan janinnya mendapatkan makanan dari induknya.

Proses Perkembangbiakan Vivipar

Perkembangbiakan secara vivipar, embrio berkembang di dalam tubuh induk betina dan mendapatkan makanan dari tubuh induknya melalui plasenta. Setelah embrio atau anak hewan cukup umur, maka akan dikeluarkan dari tubuh induknya atau dilahirkan.

Sebelum terbentuknya embrio, hewan jantan akan membuahi sel telur betina. Setelah itu embrio akan berubah menjadi janin dan akan mengalami pertumbuhan hingga akhirnya dilahirkan dalam bentuk individu baru yang sejenis. Proses ini umumnya disebut dengan melahirkan atau beranak.

Ciri-Ciri Hewan Vivipar

Adapun ciri-ciri dari hewan yang berkembangbiak dengan cara vivipar atau melahirkan adalah sebagai berikut.

  • Memiliki daun telinga.
  • Memiliki organ bernama rahim untuk induknya.
  • Memiliki kelenjar susu yang digunakan untuk menyusui anaknya.
  • Penutup tubuh hewan Vivipar adalah rambut.
  • Hewan-hewan Vivipar umumnya adalah kelompok dari hewan mamalia.
  • Individu baru akan dikeluarkan atau akan dilahirkan dari tubuh induknya.
  • Perkembangan tubuh janin relatif lambat.
  • Bentuk fisik tubuh anak yang dilahirkan sama dengan bentuh tubuh induknya.
  • Janin mendapatkan makanan dari induknya melalui perantara tali pusat atau plasenta.
  • Janin tumbuh dan berkembang selama masa kehamilan di dalam organ rahim.

Contoh Hewan Vivipar

Dibandingkan dengan hewan yang berkembangbiak dengan cara ovipar, contoh hewan vivipar lebih mudah untuk ditemui dan diketahui. Berikut beberapa contoh hewan mamalia yang berkembangbiak dengan melahirkan atau beranak.

1. Kucing

Pengertian Vivipar

Kucing merupakan salah satu hewan yang hidupnya cukup dekat dengan manusia dan umumnya dijadikan hewan peliharaan. Kucing termasuk ke dalam hewan mamalia pemakan daging (karnivora), namun kucing juga tidak selalu memakan daging. Kucing juga termasuk ke dalam keluarga felidae berukuran relatif kecil.

Baca juga: Pengertian Ovovivipar

Kucing telah hidup bersama manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM yang dibutikan dengan ditemukannya kerangka kucing di Pulau Siprus. Sejak dulu kucing sudah dijadikan hewan peliharaan untuk mengusir tikus atau hewan pengerat lainnya dari lumbung yang menyimpan hasil panen.

2. Sapi

Sapi merupakan hewan ternak dalam kelompok mamalia (melahirkan) yang termasuk dalam suku Bovidae dan anak suku Bovinae. Umumnya sapi dipelihara atau diternakkan untuk diambil susu dan dagingnya sebagai kebutuhan pangan manusia.  Hampir semua bagian tubuh sapi bisa dimanfaatkan, mulai dari daging, susu, kulit, bahkan tenaga sapi sejak dulu sudah digunakan transportasi, untuk membajak sawah, dan alat industri sepertu peremas tebu.

3. Gajah

Gajah adalah salah satu hewan mamalia yang mempunyai tubuh yang besar dan termasuk dalam keluarga Elephantidae dan juga ordo Proboscidea. Secara umum, terdapat dua spesies gajah yang diakui, yaitu gajah afrika dan gajah asia, walaupun ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa gajah semak afrka dan gajah hutan afrika merupakan spesies yang berbeda.

4. Kuda

Kuda merupakan salah satu hewan mamalia dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Kuda sudah dari dulu dipelihara oleh manusia untuk diambil kegunaaanya, terutama dalam hal ekonomis dan historis. Kuda telah lama memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun, dan sekarang ini masih ada yang menggunakan kuda sebagai alat transportasi.

5. Paus

Paus atau ikan paus adalah salah satu jenis mamalia yang hidup di layan. Sebutan “paus” pertama kali diberikan pada bangsa Cetacea yang berukuran besar. Walaupun paus termasuk ke dalam keluarga mamalia, namun paus tergolong dalam keluarga ikan. Selain berkembangbiak secara beranak atau melahirkan, ikan paus juga bernapas dengan paru-paru dan juga mempunyai kelenjar susu.

Nah, itulah pengertian mengenai hewan vivipar atau hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan beserta ciri-ciri dan contoh beberapa contoh hewan vivipar. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai vivipar dan semoga bermanfaat.

Arti Mimi

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Ovovivipar

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *