Variabel Bebas

3 min read

Variabel Bebas

Variabel Bebas adalah? Sebelum masuk ke pembahasan variabel bebas, kita akan membahas mengenai variabel dulu. Variabel adalah obejak penelitian atau sesuatu hal yang menjadi fokus dari suatu penelitian, baik yang berbentuk abstrak maupun real (nyata).

Pengertian Variabel Bebas

Variabel bebas adalah variabel yang menyebabkan atau memengaruhi, yaitu meliputi faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi dan dipilih oleh peneliti untuk menentukan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau diamati.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), variabel bebas adalah dapat berubah-ubah, berbeda-beda, bermacam-macam (tentang mutu, harga dan sebagainya).

Variabel bebas merupakan variabel yang dapat mempengaruhi faktor lain, variabel ini dapat dimanipulasi oleh data yang diperoleh peneliti dengan tujuan menentukan ada atau tidak adanya hubungan dalam penelitian atas dasar fenomena dan data yang sebelumnya telah diteliti.

Variabel bebas atau variabel independent ini yang dapat disebut variabel penyebab. Variabel bebas digunakan saat melakukan penelitian, karena variabel yang menyebabkan adanya faktor yang saling ketergantungan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan dari faktor lain.

Pengertian Variebal Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian variabel dan pengertian variabel bebas menurut para ahli:

1. Sugiyono (2009:38)

Menurut Sugiyono (2008:38), variabel adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi mengenai hal tersebut. Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya variabel dependent.

2. F.N. Kerlinger

Menurut F.N. Kerlinger, variabel adalah sebuah konsep yang mempunyai nilai dan sudah diubah.

3. Sutrisno Hadi

Menurut Sutrisno Hadi, variabel adalah variasi dari obyek penelitian, misalnya saja tinggi manusia dan divariasikan dengan umur atau berat yang dimilikinya

4. Feddy Rankuti

Menurut Feddy Rankuti, variabel adalah sebuah konsep yang memiliki nilai dan di dalamnya terdiri dari empat data yang meliputi skala, rasio, ordinal, nominal dan internal.

5. Sugiyono (2009)

Menurut Sugiyono (2009:60), variabel adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya.

6. Moh. Nazir

Menurut Moh. Nazir, variabel adalah sebuah konsep yang mempunyai bermacam-macam nilai.

7. Edy Soeryanto

Menurut Edy Soeryanto, variabel adalah suatu objek yang memiliki nilai penting dalam sebuah riset.

8.Kidder

Menurut Kidder, variabel adalah sebuah kuantitas yang dipelajari dan diambil kesimpulannya oleh seorang peneliti.

Macam-Macam Variabel

Variabel Bebas

Variabel bebas adalah salah satu macam variabel. Variabel sendiri merupakan objek penelitian atau sesuatu yang menjadi titik perhatian dari penelitian. Variabel adalah segala hal yang menjadi objek pengamatan pada sebuah penelitian dan variabel cukup bervariasi. Berikut beberapa macam variabel.

1. Variabel Bebas

Variabel bebas atau variabel penyebab (independent variables) adalah variabel yang menjadi penyebab dan mempengaruhi terhadinya perubahan. Variabel bebas merupakan fakto yang nantinya akan dipilih, diukur, da dimanipulasi oleh peneliti dalam melihat hubungan antara fenomena dan peristiwa yang diamati atau diteliti.

2. Variabel Terikat

Variabel terikat atau variabel tergantung (dependent variables) adalah faktor yang diobservasi atau diukur untuk menentukan adanya pengaruh dari variabel bebas, seperti faktor yang muncul, atau tidak muncul atau berubah sesuai dengan yang diperkenalkan oleh peneliti.

3. Variabel Kontrol

Variabel Kontrol atau variabel kendali adalah variabel yang dinetralkan oleh peneliti dalam suatu penelitian. Variabel kontrol yang menyebabkan hubungan antara variabel bebas dan juga variabel terikap agar tetap konstan. Variabel ini yang menggugurkan atau mengeliminasi dampak yang diakibatkan oleh adanya variabel-variabel moderasi.

Perbedaan Variabel Bebas dan Variabel Terikat

Dari pengertian variabel menurut para ahi diatas dapat disimpulkan bahwa Variabel bebas adalah variabel yang berkaitan erat dengan variabel terikat. Perbedaan kedua variabel ini terletak pada hubungan yaitu, mempengaruhi dan dipengaruhi, variabel ini akan Anda temui ketika mengerjakan skripsi, tesis atau disertasi. Dalam melakukan tugas akhir untuk mencapai gelar tertentu minimal Anda akan bertemu dengan dua x dan satu y.

Untuk memudahkan sebaiknya langsung melakukan pembahasan melalui judul skripsi yang terkenal sulit di bidangnya, jika mengambil kuliah jurusan akuntansi setidaknya Anda akan menemui lima konsentrasi, yaitu: akuntansi keuangan, akuntani manajemen, akuntansi sektor publik, akuntansi perpajakan dan akuntansi auditing. Dari konsentrasi tersebut yang terkenal sulit lulus adalah perpajakan dan auditing.

Salah satu judul perpajakan tersulit adalah analisis rekonsiliasi fiskal atas laporan keuangan komersial terhadap PPh Badan. Apa hubungan contoh skripsi dengan variabel bebas dan terikat? Dapat dilihat dari judul tersebut terdapat dua x dan satu y.

Sesuai dengan pengertian variabel bebas, variabel bebas adalah variabel yang menyebabkan ada atau tidak adanya pengaruh, yang berperan sebagai variabel bebas dalam kasus ini adalah rekonsiliasi fiskal dan laporan keuangan komersial sedangkan PPh Badan adalah variabel terikat karena dipengaruhi oleh dua faktor x yang telah sisebutkan.

Dari judul, Anda sudah dapat melihat mana yang termasuk dalam kategori variabel bebas dan terikat. Untuk lebih jelasmya Anda dapat membaca abstrak, melakukan deteksi melalui rumusan masalah dan menganalisa hipotesis karena akan berpengaruh besar pada cara menghitung dan kesimpulan pada bab lima.

Baca juga: Pengertian Surplus

Contoh Variabel Bebas

Berikut 2 contoh tentang variabel bebas dalam panelitian yang dilakukan oleh peneliti dan ilmuan.

  1. Seorang ilmuwan sedang menguji efek cahaya dan gelap pada perilaku ngengat dengan menyalakan dan mematikan cahaya. Variabel independen adalah jumlah cahaya dan reaksi ngengat adalah variabel dependen.
  2. Dalam sebuah penelitian untuk menentukan efek suhu pada pigmentasi tanaman, variabel independen (penyebab) adalah suhu, sedangkan jumlah pigmen atau warna adalah variabel dependen (efeknya).

Artikel ini berisi tentang pengertian variabel menurut para ahli,  pengertian variabel bebas dan contoh kasus yang diharapkan dapat memudahkan Anda memahami apa yang dimaksud dengan variabel bebas. Seoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Pengertian Interpretasi

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Diskriminatif

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Empiris

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *