Teks Biografi

2 min read

Teks Biografi

Membaca adalah suatu kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Ada beberapa jenis buku yang sering diburu oleh para kutu buku untuk memenuhi hasrat membaca mereka. Salah satu jenis buku yang sering dibaca adalah buku biografi. Beberapa alasan membaca buku biografi salah satunya adalah keingintahuan tentang kehidupan seorang tokoh yang diidolakan.

Biografi umumnya mencaritakan kisah hidup seorang tokoh dengan segenap peristiwa yang terjadi dalam kehidupannya. Tidak semua tokoh bisa kita temukan pada buku biografi, hanya tokoh terkenal saja atau tokoh yang mempunyai prestasi dan kontribusi besar terhadap bidang yang digelutinya, seperti di bidang politik, seni, olahraga, budaya atau yang lainnya.

Secara umum, orang yang berburu dan membaca biografi tokoh, salah satu tujuannya adalah untuk mengambil pelajaran, hikmah, dan pengalaman hidup dari tokoh tersebut. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai teks biografi yang menjadi salah satu materi dalam Bahasa Indonesia.

Pengertian Teks Biografi

Teks biografi adalah sebuah teks narasi yang menceritakan tentang kisah hidup seseorang yang memiliki karakter-karakter unggul yang disusun oleh orang lain dan ditulis secara kronologis sesuai dengan urutan kejadian.

Kata biografi berasal dari kata “bio” yang berarti hidup dan “graf” yang berarti huruf atau tulisan.

Teks biografi berisi riwayat hidup seseorang tokoh, yang biasanya berisi pandangan hidup, perjuangan, keberhasilan.prestasi, kesulitan yang dihadapi sang tokoh sejak dia dilahirkan hingga meninggal dunia atau hingga masa sekarang. Buku biografi ini biasanya ditulis oleh orang lain, sedangkan yang ditulis sendiri oleh sang tokoh disebut autobiograf.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Adapun ciri-ciri atau hal yang biasa terdapat di dalam teks biografi tokoh antara lain sebagai berikut.

  • Data pribadi tokoh dimulai dari nama, latar belakang keluarga, riwayat pendidikan hingga riwayat pekerjaan.
  • Hubungan tokoh dengan keluarga dan teman atau kerabat dekat.
  • Prinsip hidup, cita-cita, dan perjuangan dari sang tokoh.
  • Hasil perjuangan yang telah dan belum dicapai tokoh.
  • Karya atau prestasi yang pernah dicapai dan dikenang hingga saat ini.

Struktur Teks Biografi

Adapun struktur biografi adalah sebagai berikut.

  • Orientasi atau setting (aim), berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar/pembaca. Informasi yang dimaksud berkenaan dengan siapa, kapan, di mana, dan bagaimana.
  • Kejadian penting (important event of events), berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, menurut urutan waktu, meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh. Dalam bagian ini. mungkin pula disertai komentar-komentar pencerita pada beberapa bagiannya.
  • Reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Bagian ini sifatnya opsional, yang mungkin ada atau tidak ada di dalam teks biografi.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Adapun kaidah kebahasaan teks biografi adalah sebagai beirkut.

  • Menggunakan pronomina (kata ganti) orang ketiga tunggal ia atau dia atau beliau. Kata ganti ini digunakan secara bervariasi dengan penyebutan nama tokoh atau panggilan tokoh.
  • Menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa atau perbuatan fisik yang dilakukan oleh tokoh. Contoh: belajar, membaca, berjalan, dan melempar.
  • Menggunakan kata adjektiva untuk memberikan informasi secara terperinci tentang sifat-sifat tokoh. Contoh: genius, rajin, ulet. Dalam melakukan deskripsi, sering penggunaan kata sifat didahului oleh kopulatif adalah dan merupakan.
  • Menggunakan kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh sebagai subjek yang diceritakan. Contoh: diberi, ditugaskan, dan dipilih.
  • Menggunakan kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh sebagai subjek yang diceritakan. Contoh: memahami, menyetujui, menginspirasi, dan mencintai.
  • Menggunakan kata sambung, kata depan, ataupun nomina yang berkenaan dengan urutan wkatu. Contoh: sebelum, pada saat, kemudian, selanjutnya, sampai, hingga, pada tanggal, nantinya, selama, dan saat itu.

Manfaat Teks Biografi

Manfaat yang bisa diperoleh dari membaca teks biografi adalah sebagai berikut.

  • Muncul kesadaran diri bahwa kita selalu belajar agar berhasil seperti mereka.
  • Tumbuh rasa bangga kepada pahlawan di bidang apa pun.
  • Mendapatkan pengalaman hidup bahwa suatu keberhasilan dapat diraih dengan bekerja keras dan pengorbanan.

Baca: Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Biografi Singkat

Berikut contoh teks biografi singkat tentang “W.R. Supratman“.

Teks Biografi
W.R. Supratman (Image by Tribunnews.com)

Wage Rudolf Supratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903 di desa Sumongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. W.R. Supratman sangat pandai bermain sandiwara dan mahir memainkan alat musik.

Setiap waktu luang ia memanfaatkannya untuk bermain musik terutama biola. Kebaraniannya mengutarakan pendapat membuat dia diangkat menjadi pembantu surat kabar Kaoem Moeda di Bandung. Meskipun gaji yang diperolehnya kecil, ia puas karena dapat dengan bebas mengutarakan pendapat serta pikiran-pikiran lewat tulisannya.

W.R. Supratman menulis dan mengubag lagu-lagu perjuangan untuk mengobarkan semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air. Ia dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pada saat ia diminta memperdengarkan lagu Indonesia Raya dan semua hadirin berdiri hikmat adalah hal yang tak terlupakan baginya. Ia bekerja tanpa pamrih. Dalam hidupnya ia lebih suka memberi daripada menerima.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai teks biografi yang termasuk ke dalam jenis teks narasi, mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, manfaat dan contoh teks biografi singkat. Demikian artikel mengenai teks biografi dalam materi bahasa Indonesia, dan semoga bermanfaat!

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Kesan dan Pesan Perpisahan

Poer Poer
4 min read

Unsur Puisi

Poer Poer
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *