Pengertian Reduksi

2 min read

Pengertian Reduksi

Reduksi adalah? Reduksi dan reduktor merupakan 2 kata yang saling berkaitan satu sama lain. Kedua kata tersebut sering ditemukan dalam pelajaran Kimia di tingkat sekolah. Di telinga orang awam kata tersebut memang jarang terdengar. Penggunaan katanya juga sangat jarang. Padahal kedua kata tersebut memiliki makna suatu hal yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Hanya saja kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

Pengertian Reduksi

Reduksi adalah peristiwa yang menyebabkan berkurangnya bilangan oksidasi suatu unsur, molekul, atom, ion, menuju nilai negatif. Banyak sekali contoh peristiwa reduksi ini. Misalnya saat Gas klor Cl2 berubah menjadi ion klor Cl–, Kation Besi III (Fe3+) berubah menjadi Besi II (Fe2+) atau besi (Fe), atau saat Kation tembaga II (Cu2+) berubah menjadi logam tembaga Cu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reduksi adalah pengurangan atau pemotongan harga dan sebagainya. Contohnya toko itu memberikan reduksi 20% menjelang Lebaran.

Secara sederhana, reduksi merupakan peristiwa diperolehnya elektron dengan menurunnya bilangan oksidasi suatu atom, molekul, ataupun ion. Sedangkan Reduktor merupakan zat yang melakukan proses reduksi terhadap zat lainnya. Selain itu, reduksi memiliki definisi lain dalam data, berikut arti reduksi data.

Pengertian Reduksi Data

Reduksi data adalah suatu bentuk analisis dengan tujuan, menajamkan, mengarahkan, menggolongkan, mengorganisasi data, dan membuang sesuatu yang tidak perlu dengan cara sedemikian rupa, sehingga mendapat kesimpulan final yang dapat ditarik dan diverifikasi.

Perbedaan Reduksi dan Oksidasi

Pengertian reduksi dan reduktor memang saling keterkaitan. Bila melihat konteks katanya, kata reduksi merupakan kata yang mengandung makna sebuah peristiwa. Sedangkan reduktor ialah benda yang berfungsi menjalankan peristiwa tersebut. Pada reduksi terdapat peristiwa diperolehnya elektron, atau menurunnya bilangan oksidasi suatu atom, molekul, atau ion. Sementara reduktor merupakan zat yang melakukan proses reduksi terhadap zat lainnya.

Terjadinya reduksi dikarenakan adanya reduktor, yaitu suatu materi yang berupa molekul, atom, atau ion, yang mereduksi molekul, atom, atau ion lainnya. Saat prosesnya terjadi, reduktor justru mengalami proses sebaliknya, yaitu oksidasi.

Oksidasi yaitu peristiwa pelepasan elektron atau penambahan (kenaikan) bilangan oksidasi. Reduksi memiliki peristiwa yang selalu stimulan dengan peristiwa oksidasi, artinya setiap peristiwa reduksi selalu menimbulkan reaksi oksidasi. Kata reduksi dan reduktor dalam reaksi kimia selalu bertemu dengan pasangan kata oksidasi dan oksidator.

Selain definisi reduksi, Anda juga perlu mengetahui pengertian reaksi disproporsionasi (autoredoks) yang bisa terjadi pada proses reduksi. Reaksi tersebut merupakan reaksi redoks dimana hanya satu jenis atom yang mengalami reduksi dan oksidasi atau reaksi redoks dimana hanya satu jenis atom yang bilangan oksidasinya berubah.

Proses Reduksi

Pengertian Reduksi

Pada proses reduksi terdapat konsep-konsep dasar reduksi, yaitu :

  • Reduksi yang merupakan peristiwa penangkapan elektron atau pengurangan (penurunan) bilangan oksidasi
  • Reduktor (pereduksi) ialah zat yang mengalami oksidasi atau zat yang melepaskan elektron, atau zat yang bilangan oksidasinya naik
  • Oksidator merupakan zat yang mengalami reduksi atau zat yang menangkap elektron atau zat yang bilangan oksidasinya turun
  • Redoks ialah reaksi yang terdiri dari peristiwa reduksi dan oksidasi atau reaksi perubahan bilangan oksidasi
  • Mol elektron yaitu selisih bilangan oksidasi

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan peristiwa reduksi. Misalnya pelarutan Asam Nitrat untuk bahan baku industri kimia atau pupuk pertanian, pengujian kandunhan sulfat pada garam, menghindari kontaminasi air laut dalam proses sianidasi mineral emas, dan unsur kimia arsen.

Reaksi Reduksi

Setelah mengetahui pengertian reduksi dan reduktor, kita juga bisa mengetahui bahwa terdapat penyetaraan reaksi reduksi dan oksidasi. Berikut ini cara penyetaraan reaksi tersebut dengan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut :

  • Melakukan pemisahan reaksi menjadi dua ruas bentuk reaksi, yaitu ruas pertama dan ruas kedua. Persamaan tersebut merupakan persamaan reaksi reduksi dan reaksi oksidasi
  • Jumlah unsur yang ada dalam reaaksi redoks harus disetarakan
  • Menambahakan unsur atau molekul yang belum tertulis dalam reaksi.

Dalam reaksi reduksi terdapat penambahan pada bagian hasil atau produk. Jika sudah selesai maka akan dilakukan penyetaraan jumlah koefisien molekul yang menyatakan jumlah tiap masing-masing unsur dalam molekul. Dari pengertian reduksi, kita bisa menyimpulkan bahwa reaksi tersebut diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi hal-hal yang bersifat kimiawi. Jadi akan sangat penting jika ilmu ini Anda pelajari.

Pengertian Interpretasi

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Diskriminatif

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Empiris

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *