Pengertian Reduce, Reuse, dan Recycle

2 min read

Pengertian Reduce, Reuse, dan Recycle

Reduce adalah salah satu kegiatan mencintai lingkungan yang sering disebut dengan 3R. Kegiatan ini adalah kegiatan yang didukung dengan gerakan pasti dari masyarakat untuk mencintai lingkungan sekitarnya. 3R itu adalah reduce, reuse, dan recycle.

Secara singkat, reduce adalah mengurangi penggunaan atau pembelian bahan-bahan yang berpotensial menjadi sampah, reuse adalah penggunaan kembali limbah B3, dan recycle adalah mendaur ulang komponen-komponen yang bermanfaat. Untuk penjelasan lengkap dan contohnya bisa dilihat di bawah ini.

Pengertian Reduce

Pengertian Reduce, Reuse, dan Recycle
Reduce

Reduce adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi segala sesuatu yang dapat menimbulkan sampah.

Reduce memiliki arti mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat merusak lingkungan. Jika dimisalnya, reduce merupakan aktivitas mengurangi barang belanjaan yang tidak terlalu dibutuhkan, seperti baju baru, aksesoris atau apapun dengan tujuan pengurangan kebutuhan.

Dalam reduce, masyarakat diajak sebisa mungkin untuk mengurangi pengeluaran sampah dari barang rumah tangga, baik yang terbakar ataupun yang tidak. Jadi, sebisa mungkun lakukan minimalisasi terhadap barang atau material yang tidak terlalu dibutuhkan atau dipergunakan, karena semakin semakin banyak material semakin banyak pula sampah yang dihasilkan.

Contoh Reduce

Contoh kegiatan reduce adalah membeli produk kemasan yang dapat dipakai kembali, membeli barang yang dapat diisi ulang, contohnya pewangi pakaian, pensil dan pulpen yang sudah disediakan isinya. Jika Anda memiliki kertas tidak terpakai namun memiliki banyak ruang bersih yang masih bisa ditulis atau digambar Anda jangan langsung membuangnya karena kertas itu dapat dipakai untuk menulis catatan kecil. Belilah barang seperlunya karena barang yang telah dibeli akan masuk rumah atau kamar, jika ruangan Anda luas akan menjadi indah karena penyimpanananya ditata dan sebaliknya.

Pengertian Reuse

Pengertian Reduce, Reuse, dan Recycle
Reuse

Reuse adalah kegiatan memakai kembali sampah yang masih bisa dimanfaatkan baik untuk fungsi yang sama atau fungsi yang berbeda.

Reuse memiliki arti memakai kembali barang-barang yang masih bisa dipakai tapi tidak kita inginkan, namun masih memiliki fungsi yang lain. Jadi, pilihlah barang yang nantinya bisa dipakai kembali walaupun kegunaanya berbeda aslinya.

Maka dari itu hindari penggunaan barang yang disposable atau barang sekali pakai dan langsung dibuang. Dengan hal ini tentunya akan memperpanjang pemakaian barang sebelum berang tersebut menjadi sampah.

Contoh Reuse

Contoh kegiatan reuse adalah pilihlah tempat yang dapat Anda gunakan kembali untuk jangka waktu yang panjang, contohnya setelah menuci tangan Anda sebaiknya memakai serbet yang dapat digunakan secara berulang dibanding tisu sekali pakai saja. Memakai barang bekas untuk keperluan lain, contohnya: gunakan kaleng kue untuk celengan harian, memakain ban bekas untuk wadah atau tempat tanaman.

Pengertian Recycle

Pengertian Reduce, Reuse, dan Recycle
Recycle

Recycle adalah kegiatan daur ulang sampah yang sekiranya dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan cara membuat produk baru yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar.

Recycle memiliki arti mendaur ulang barang. Recycle jika dimisalnya seperti mendaur ulang sampah organik yang ada di rumah, seperti menggunakan botol bekas air minum menjadi menjadi pot tanaman, dan mendaur ulang kertas bekas menjadi kertas baru.

Walaupun mendaur ulang barang atau recycle merupakan kegiatan yang bermanfaat, namun daur ulang barang besar-besaran belum menjadi kebiasaan di Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat pada tidak berjalannya tempat sampah organik dan non-organik, karena tidak bisa membedakan. Akan tetapi, sudah banyak gerilyawan lingkungan yang menularkan daur ulang secara kreatif dibandingkan pemerintah.

Contoh Recycle

Contoh kegiatan recycle adalah memilih produk yang mudah terurai, meminimalisir pemakain plastik dan memakai tas khusus untuk berbelanja. Mengolah sampah kertas untuk dipakai kembali. Membuat kompos dari sampah organik. Membuat barang yang bisa dipakai dari sampah anorganik, seperti: botol minuman atau minuman gelas dapat Anda gunakan untuk media tanam tumbuhan, bungkus pencuci piring, sabun mandi, pengharum pakaian dapat Anda jadikan tas, topi dan lain—lain.

Manfaat Reuse, Reduce dan Recycle (3R)

Anda dapat mengelola sampah dengan prinsip 3R, Anda dapat mengelola sampah setiap hari, dimana saja dan gratis karena memanfaatkan barang yang sudah tidak bisa terpakai lagi. Dari pengertian reduce, rause dan recycle yang telah dituliskan diatas apakah Anda sudah mengetahui manfaat dari penggunaan 3R ini dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Memisahkan sampah organik dan anorganik yang dapat menjadi barang baru yang dapat Anda pakai sehari-hari dan pupuk kompos yang berguna untuk pertanian dan perkebunan.
  2. Anda dapat membantu pengelolaan sampah dengan cara yang tepat dan dilakukan secepat mungkin tanpa memberi imbas pada lingkungan
  3. Menghemat biaya angkut sampah ke tempat pembuangan sampah
  4. Mengurangi aroma bau kurang sedap yang dapat menggangu kenyamanan masyarakat
  5. Anda dapat menerapkan sistem 3R untuk kenyamanan dan mempercantik taman rumah Anda

Di masa sekarang ini tidak sedikit masyarakat yang kurang memperhatikan kendahan dan keasrian lingkungan, lahan hijau yang begitu luas dijadikan mall atau perumahan sehingga kurangnya udara segar. Maka dari itu kegiatan 3R ini adalah kegiatan yang banyak berperan dalam kesehatan dan keasrian lingkungan.

Demikian artikel ini yang membahas tentang pengertian reduce, reuse dan recycle dengan manfaat dan contoh kegiatan reduce dan lain-lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua!

Pengertian Interpretasi

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Diskriminatif

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Empiris

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *