Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya

1 min read

Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya

Kalian semua yang beragama Islam mungkin sudah tahu bahwa Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui berjumlah 25 orang. Di antara rasul tersebut, ada 5 rasul yang diberi gelar “Ulul Azmi”. Lalu apa itu Ulul Azmi?

Pengertian Ulul Azmi

Ulul Azmi adalah orang-orang yang memiliki keteguhan hati dalam menghadapi cobaan dari Allah Swt. Ulul Azmi merupakan  sebuah gelar khusus yang diberikan oleh rasul pilihan Allah Swt. yang mempunyai ketabahan yang luar biasa. Gelar Ulul Azmi dijelaskand alam surat Al-Ahqaf Ayat 35 dan Asy Syura ayat 13

فَٱصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُو۟لُوا۟ ٱلْعَزْمِ مِنَ ٱلرُّسُلِ وَلَا تَسْتَعْجِل لَّهُمْ

Artinya: Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. (Q.S. Al-Ahqaf : 35)

Allah Berfirman dalam Surat Asy Syura ayat 13 berikut

شَرَعَ لَكُم مِّنَ ٱلدِّينِ مَا وَصَّىٰ بِهِۦ نُوحًا وَٱلَّذِىٓ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِۦٓ إِبْرَٰهِيمَ وَمُوسَىٰ وَعِيسَىٰٓ ۖ أَنْ أَقِيمُوا۟ ٱلدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا۟ فِيهِ ۚ كَبُرَ عَلَى ٱلْمُشْرِكِينَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ ۚ ٱللَّهُ يَجْتَبِىٓ إِلَيْهِ مَن

Artinya: Dia telah mensyari’atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya). (Q.S. Asy Syura : 13

Para rasul ulul azmi diberikan mukjizat (kemampuan luar biasa) oleh Allah agar umatnya percaya bahwa dirinya adalah seorang rasul pilihan Allah Swt. Adapun 5 rasul tersebut yang diberikan mukjizat oleh Allah adalah sebagai berikut.

1. Nabi Nuh a.s.

Nabi Nuh a.s. diberi mukjizat oleh Allah dapat membuat perahu yang sangat besar yang dapat memuat semua umatnya yang beriman kepada Allah dan semua jenis hewan yang hidup pada zaman tersebut sepasang-sepasang. Suatu hari Nabi Nuh a.s.mengingatkan Masyarakat jika akan ada Banjir besar dan mereka tidak mempercayainya. Sebagai Azab Masyarakat yang membangkan dan menjadi izin Allah datang Banjir besar dan ditenggelamkanlah semua dengan gelombang air bah dan hancurlah semuanya kecuali Nabi Nuh dan Pengikutnya yang beriman.

2. Nabi Ibrahim a.s.

Mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Ibrahim a.s. adalah tidak terbakar oleh api ketika dibakar oleh Raja Namrudz. Nabi Ibrahim a.s. juga bisa membuat burung yang sudah dalam keadaan dicincang bisa hidup kembali, dan bisa menjadikan pasir yang berubah wujud menjadi makanan atas izin Allah SWT.

3. Nabi Musa a.s.

Mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Musa a.s. adalah tongkatnya dapat berubah menjadi ular raksasa, tangannya dapat mengeluarkan cahaya ketika diminta bukti atas kerasulannya, serta dapat membelah laut Merah yang menjadi jalan ketika dikejar oleh raja Fir’aun dan bala tentaranya.

4. Nabi Isa a.s.

Mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Isa a.s. adalah dapat mengobati berbagai macam penyakit yang sulit disembuhkan, membuat burung dari tanah, dan dapat menghidupkan orang yang sudah meninggal walaupun sebentar.

5. Nabi Muhammad saw.

Mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad saw. adalah terbelahnya bulan menjadi dua walaupun hanya tampaknya, dapat mengeluarkan air dari celah-celah jarinya, al-Qur’an sebagai kitab yang paling lengkap dan sempurna serta selalu dijaga kemurniannya sampai akhir zaman serta peristiwa isra’ mi’raj dari Masjidil Haram sampai Sidratul Muntaha.

Baca juga: Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya

Nah, sekarang kalian tentunya semakin tahu bukan? Bahwa Allah mengutus manusia pilihan yaitu rasul untuk menyampaikan wahyu dan risalah yang telah diterimanya kepada umat-umatnya. Dan sebagian rasul tersebut bergelar Ulul Azmi.

Demikian artikel mengenai nabi dan rasul yang bergelar Ulul Azmi beserta mu’jizatnya. Sekian dan semoga bermanfaat buat Anda yang telah membaca.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *