Protista Mirip Jamur

1 min read

Protista Mirip Jamur

Pernahkah Anda minum es rumput laut? Tahukah Anda rumput laut bukan merupakan spesies tumbuhan, tetapi merupakan jenis Protista mirip tumbuhan (Alga)? Selain alga masih banyak organisme Protista di bumi ini. Kingdom Protista dibedakan menjadi tiga golongan yaitu Protista mirip jamur, Protista mirip tumbuhan (alga), dan Protista mirip hewan (Protozoa).

Protista berkembang biak secara seksual dan aseksual. Secara seksual, organisme Protista berkembang biak dengan pembelahan biner, sedangkan secara aseksual, organisme Protista berkembang biak dengan cara konjugasi ataupun dengan cara gametogami, baik isogami ataupun anisogami.

Kingdom Protista digolongkan menjadi tiga, yaitu Protista mirip jamur, Protista mirip hewan (Protozoa), dan Protista mirip tumbuhan (alga). Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai protista mirip jamur, berikut informasi lengkapnya.

Protista Mirip Jamur

Protista mirip jamur tidak dimasukkan dalam kelompok jamur karena struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda dengan jamur. Akan tetapi, Protista mirip jamur memiliki beberapa ciri yag sama dengan jamur, yaitu mempunyai struktur yang menghasilkan spora, bersifat heterotrof, dan hidup sebagai parasit atau pengurai dengan mengeluarkan enzim. Brikut Protista mirip jamur dibedakan menjadi 3 filum.

1. Oomycota (Jamur Air)

Anggota filum Oomycota biasanya memiliki tubuh berupa benang hifa yang berinti banyak (hifa tak bersekat) dan kebanyakan hidup di habitat akuatik atau terestrial. Selain itu, jamur air bersifat heterotrof dengan cara parasit atau saprofit yaitu mengambil makanan dengan cara memasukkan hifa ke dalam jaringan inang, mengeluarkan enzim pencerna, kemudian menghisap larutan hasil pencernaan.

Oomycota berkembang biak secara seksual dan aseksual. Secara seksual perkembangbiakan terjadi dengan penyatuan gamet jantan (dihasilkan oleh anteridium) dan gamet betina (dihasilkan oleh oogonium), sedangkan secara aseksual dengan membentuk zoospora berflagela.

Contoh anggota yang termasuk filum Oomycota, antara lain Phytophthora infestans, Phytium debaryanum, Saprolegnia, Saccharomyces cerevisiar, Plasmospora viticola, dan Downy mildew.

2. Myxomycota (Jamur Lendir Plasmodial)

Filum Myxomycota mempunyai ciri-ciri seperti hewan dan jamur, yaitu pada fase vegetatifnya yang berupa massa sitoplasma yang telanjang (Plasmodium) dan multinukleat (seperti sifat Amoeba), tetapi pada stadium badan buah seperti jamur. Hal tersebut terjadi jika Plasmodium merayap ke tempat yang kering akan terbentuk badan buah (fruiting body) yang kemudian badan buah tersebut akan berkembang dan membentuk spora berinti satu yang diselubungi dinding sel.

Dala keadaan lingkungan yang sesuai, Myxomycota terus bergerak seperti seperti Amoeba, tetapi jika keadaan lingkungan menguntungkan jamur jenis ini akan membentuk sporangia yang bertangkai dan berisi spora. Spora akan menjadi myxamuba atau myxoflagela. Myxomycota bereproduksi secara seksual dengan spora yang dibentuk di dalam sporangia bertangkai. Myxomycota banyak dijumpai di hutan basah, batang kayu membusuk, tanah lembap, dan kayu lapuk.

Beberapa contoh Myxomycota, antara lain Aethalium septicum, Dictyostelium discoideum, Physarium, Fuligo varians, dan Tubifera sp.

3. Acrasiomycota (Jamur Lendir Seluler)

Filum Acrasiomycota merupakan jamur lendir yang memiliki inti bersekat. Jamur kelompok ini memiliki tahapan (fase) makan yang berupa sel-sel yang hidup soliter, tetapi setelah makanannya habis sel-sel tersebut membentuk agregat (koloni) dalam suatu uniy. Jamur ini bereproduksi secara seksual dengan singami sel ameboid dan secara aseksual dengan membentuk tubuh buah (fruiting body).

Contoh anggota dari filum Acrasiomycota adalah Coenonia sp., Dictyostelium discoid, Polysphondylium sp., dan Acystostelium sp.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai Protista mirip jamur yang jumlahnya ada tiga filum , yaitu Oomycota, Acrasiomycota, dan Myxomycota, beserta contohnya masing-masing. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai salah satu jenis golongan protista dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *