Arti Propagandis dan Propaganda

2 min read

Arti Propagandis dan Propaganda

Propagandis adalah? Di dalam dunia yang serba berteknologi seperti sekarang ini melakukan sebuah propaganda atau mengutarakan suatu pesan dengan tujuan untuk mempengaruhi orang lain cukup sering ditemui. Apalagi sekarang ini banyak sekali influencer di dunia maya yang diikuti oleh banyak orang, seperti Youtuber, selebgram, blogger dan lain sebagainya.

Jika sekarang ini mungkin melakukan sebuah propaganda sangat mudah untuk dilakukan, apalagi jika dilakukan oleh orang yang terkenal yang mempunyai banyak pengikut. Dulu untuk melakukan sebuah propaganda dilakukan secara langsung disertai bukti yang kuat untuk menarik simpati masyarakat agar setuju dengan pendapat kita.

Dalam dunia pemropagandaan, dikenal juga istilah propagandis. Mungkin sebagian orang sudah mengetahui apa itu propaganda namun masih sedikit yang mengetahui apa itu propagandis. Nah, disini saya akan memberi informasi mengenai apa itu propagandis dan juga pengertian propaganda secara lengkap. Berikut informasinya.

Pengertian Propagandis

Propagandis adalah orang yang melakukan propaganda atau orang yang pekerjaannya melakukan propaganda. Pekerjaan atau tugas dari seorang propagandis adalah untuk mengarahkan opini publik dengan tujuan untuk mengubah tindakan dan harapan dari target individu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), propagandis (pro·pa·gan·dis) adalah orang yang pekerjaan tetapnya melakukan propaganda.

Propagandis haruslah mempunyai pengetahuan yang luas disertai dengan bukti-bukti yang kuat agar orang lain terpengaruh dan dapat menuruti apa yang propagandis inginkan. Seorang propagandis juga harus menonjolkan gagasan atau kata-kata yang sifatnya memicu seperti “demi keadilan, kemerdekaan atau kebebasan”.

Dengan demikian, propagandis perannya cukup penting dalam suatu perubahan, baik itu yang sifatnya positif atau negatif. Karena ia menjadi seorang pelopor yang mempu menggerakkan orang lain dengan hanya berupa kata-kata saja. Propagandis masih menjadi pekerjaan yang dilakukan oleh beberapa orang, terutama di media massal yang menginginkan perubahan.

Pengertian Proganda

Arti Propagandis dan Propaganda

Jika propagandis adalah orang yang melakukan propaganda, sedangkan propaganda merupakan kalimat yang diucapkan atau diutarakan untuk memengaruhi orang lain. Propaganda adalah sendiri berasal dari bahasa latin modern “propagare” yang artinya mengembangkan atau memekarkan. Propaganda dilakukan oleh propagandis untuk memengaruhi orang lain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), propagandi adalah penerangan (paham, pendapat, dan sebagainya) baik itu benar atau salah yang dikembangkan dengan tujuan menyakinkan orang lain agar menganut suatu aliran, sikap atau arah tindakan tertentu.

Menurut Wikipedia.org, propaganda adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat dan kelakukan masyarakat atau sekelompok orang. Propaganda umumnya tidak menyampaikan informasi secara obyektif, melainkan memberikan informasi yang sudah dirancang untuk mempengaruhi pihak yang mendengar atau melihatnya.

Propaganda biasanya menyampaikan pesan atau informasi yang benar, tapi kadang juga menyesatkan. Namun yang pasti propaganda harus disampaikan beserta fakta atau bukti agar bisa menghasilkan pengaruh dan reaksi emosional daripada raksi rasional.

Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

Menurut Harold Laswell, propaganda adalah suatu teknik yang digunakan untuk mempengaruhi kegiatan manusia dengan memanipulasikan representasinya. Menurutnya, propaganda menjadi kontrol opini yang dilakukan melalui simbol-simbol yang mempunyai arti, atau menyampaikan pendapat seacra kongkrit dan akurat melalui sebuah cerita, rumor dan bentuk-bentuk lain dalam komunikasi sosial.

Menurut Jacques Ellul, propaganda adalah suatu komunikasi yang digunakan oleh sekelompok secara terorganisasi yang ingin menciptakan partisipasi aktif atau pasif dalam tindakan massa yang terdiri atas individu dan dipersatukan secara psikologis melalui manipulasinya serta digabungkan dalam suatu organisasi.

Menurut Sumarno (1989), propaganda adalah suatu kegiatan persuasif untuk mempengaruhi seseorang atau orang banyak (kelompok), dalam kehidupan masyarakat atau negara dengan dasar psikologis agar bisa menerima gagasan, ideologi, ide, hasil penemuan baru, konsep poltik dan suatu hal yang belum diterima dan belum dianggap bermanfaat untuk kemudian bertingkah laku sesuai dengan apa yang diharapkan oleh propagandis.

Tujuan Propaganda

Propagandis melakukan sebuah propaganda pastinya memiliki tujuan tertentu. Berikut beberapa tujuan propaganda secara umum.

  • Untuk mempengaruhi pendapat, ideologi, dan perilaku masyarakat.
  • untuk mengubah opini, sikap, dan perilaku individu/kelompok, dengan teknik-teknik memengaruhi.
  • Untuk mempengaruhi kegiatan individu atau kelompok masyarakat.
  • untuk mengubah pikiran kognitif narasi subjek dalam kelompok sasaran untuk kepentingan tertentu.

Nah, itulah definisi propagandis dan propaganda beserta tujuannya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai propagandis, dan semoga bermanfaat.

Arti Kompleksitas

Avatar Freedoms
1 min read

Pengertian Konseptual

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *