Pengertian Simposium

1 min read

Pengertian Simposium

Apa itu simposium? Simposium adalah pertemuan terbuka dengan beberapa pembicara ,yang menyampaikan ceramah pendek mengenai aspek yang berbeda tetapi saling berkaitan tentang suatu masalah. Simposium dipimpin oleh seorang ketua yang bertugas mengatur jalannya diskusi, pendengar bertanya kepada para ahli.

Pengertian Simposium

Simposium adalah serangkaian pidato pendek di depan peserta atau pengunjung dengan seorang pemimpin. Simposium menampilkan beberapa orang pembicara dan mereka mengemukakan aspek-aspek pandangan yang berbeda dan topik yang sama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simposium adalah pertemuan dengan beberapa pembicara yang mengemukakan pidato singkat tentang topik tertentu atau tentang beberapa aspek dari topik yang sama, kumpulan pendapat tentang sesuatu, terutama yang dihimpun dan diterbitkan, dan kumpulan konsep yang diajukan oleh beberapa orang atas permintaan suatu panitia.

Orang yang ada dalam simposium terdiri dari pembicara (pembahas utama) dan penyanggah (pemrasaran banding), dibawah pimpinan seorang moderator. Sedangkan para pendengar diberi kesempatan untuk mengajukan beberapa pendapat atau pertanyaan, setelah pembahas utama dan penyanggah selesai berbicara.

Tugas moderator disini hanya mengkoordinasikan jalannya pembicaraan dan meneruskan pertanyaan-pertanyaan, sanggahan, dan pendapat yang diajukan oleh pengunjung/peserta. Hasil dari simposium kemudian disebar luaskan, terutama dari yang dibahas oleh pembahas utama dan penyanggah, serta beberapa pendapat yang dianggap perlu saja.

Ciri-Ciri Simposium

Berikut beberapa ciri-ciri simposium dengan acara lainnya.

  • Melibatkan beberapa orang atau kelompok ahli yang membahas topik tertentu.
  • Dimpimpin oleh moderator.
  • Terdapat peserta dan penyanggah.
  • Ada seorang juru bicara atau pembahas utama.
  • Kemudian dilanjutkan ke diskusi panel.

Simposium Nasional Akuntansi

Pengertian Simposium nasional akuntansi adalah pertemuan dalam lingkup nasional bagi para dosen, peneliti, dan mahasiswa akuntansi dari seluruh Indonesia. Dalam kegiatan simposium ini membahas mengenai perkembangan akuntansi serta bagaimana penerapan hasil penelitian akuntansi dalam kehidupan. Kegiatan simposium nasional akuntansi ini diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntansi Publik atau IAI KAP.

Simposium banyak digunakan untuk membahas beberapa hal, seperti untuk mengemukakan beberapa aspek yang berbeda dari suatu topik tertentu, dapat digunakan bila kelompok peserta cukup banyak dan besar, digunakan untuk kelompok yang membutuhkan keterampilan yang ringkas, dan jika yang jadi pembicara (pembahas utama) memiliki keahlian dalam bidang tertentu.

Kelebihan dan Kelemahan Simposium

Seperti halnya acara lainnya, simposium juga mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Diantaranya adalah sebagai beirkut.

Kelebihan

  1. Dapat dipakai pada kelompok besar maupun kecil.
  2. Dapat mengemukakan informasi banyak dalam waktu singkat.
  3. Pergantian pembicara menambah variasi dan sorotan dari berbagai segi akan menjadi sidang lebih menarik.
  4. Dapat direncanakan jauh sebelumnya.

Kekurangan

  1. Kurang interaksi kelompok.
  2. Kurang spontanitas dan kneatifitas karena pembahas maupun penyanggah sudah ditentukan.
  3. Menekankan pokok pembicaraan.
  4. Agak terasa formal.
  5. Kepribadian pembicara dapat menekankan materi.
  6. Sulit mengadakan kontrol waktu.
  7. Secara umum membatasi pendapat pembicara.
  8. Membutuhkan perencanaan sebelumnya dengan hati-hati untuk menjamin jangkauan yang tepat.
  9. Cenderung dipakai secara berlebihan.

Nah, itulah pengertian mengenai simposium, beserta ciri-ciri, kelebihan-kekurangan simposium, dan penjelasan mengenai simposium nasional akuntasi. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai simposium dan semoga bermanfaat.

Pengertian Watermark

Avatar Freedoms
2 min read

Hubungan Sosial

Avatar Freedoms
5 min read

Pengertian Internalisasi

Avatar Freedoms
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *