Pengertian Baliho

2 min read

Pengertian Baliho

Pengertian baligho atau Baliho adalah? Pernahkah Anda melihat banner atau papan iklan berukuran besar di pinggir jalan? Sebagian besar orang pasti pernah melihatnya, terutama di jalan-jalan besar lintas kota. Umumnya papan iklan tersebut dibuat oleh orang tertentu kemudian disewakan bagi siapa saja yang ingin beriklan menggunakan papan iklan tersebut. Selain itu papan iklan juga dibuat dan digunakan oleh perusahaan tertentu untuk mempromosikan produknya.

Papan iklan juga bisa disebut sebagai media iklan atau media promosi, yaitu sarana yang digunakan oleh perusahaan untuk menyebarluaskan pesan, produk, atau sesuatu hal kepad atarget pasar yang dituju. Umumnya media iklan menjadi salah satu bentuk promosi yang paling efektif untuk memasarkan suatu produk.

Istilah lain dari papan iklan atau papan reklame adalah Baliho. Istilah “Baliho” sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya menyampaikan. Jadi baliho bisa dikatakan sebagai media untuk menyamapaikan sesuatu hal, baik itu pesan, promosi produk, iklan atau pemberitahua lain yang sifatnya agar diketahui oleh orang banyak (khalayak umum).

Pengertian Baliho

Baliho adalah suatu sarana atau media yang digunakan untuk promosi event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat luas atau khalayak umum. Selain itu, baliho digunakan untuk mempromosikan produk baru dari suatu perusahaan dan untuk memberitahukan informasi penting ke khalayak umum.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), baliho adaah publikasi yang berlebih-lebihan ukurannya agar menarik perhatian masyarakat (biasanya dengan gambar yang besar di tempat-tempat ramai)

Baliho merupakan salah satu media promosi yang cukup maju dan berteknologi. Dimana sebelum menjadi sebuah baliho, tampilan iklan promosi harus dibuat menggunakan komputer yang kemudian di cetak mengunakan print digital berbentuk portrait maupun vertical.

Ciri-Ciri Baliho

Berdasarkan definisi baliho di atas, adapun ciri-ciri dari baliho adalah sebagai berikut.

  • Memiliki ukuran yang besar, umumnya 4 x 6 meter.
  • Baliho dibuat untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu event produk tertentu.
  • Penempatan baliho umumnya ditempatkan di pinggir jalan.
  • Proses pemasangan dan pembongkaran baliho cenderung mudah, cepat, dan praktis.

Umumnya, baliho seringkali digunakan untuk mempromosikan sebuah produk event, diantaranya seperti dealer, mall, bank, asuransi, caleg pemilu dan lain sebagainya. Alasan mengapa baliho banyak digunakan untuk promosi iklan adalah karena baliho mudah untuk dipindah-pindahkan psisinya, mudah digulung, awat dan juga praktis.

Fungsi dan Manfaat Baliho

Fungsi utama dari baliho adalah sebagai media promosi dari suatu produk atau informasi tertentu yang sifatnya penting. Selain itum baliho juga mempunyai beberapa fungsi dan manfaat, diantaranya sebagai berikut.

  • Untuk menyampaikan informasi atau materi iklan kepada masyarakat luas.
  • Untuk promosi kontemporer atau promosi yang dilakukan secara instan.
  • Untuk menaikan penjulan atau market dari suatu produk.
  • Untuk menaikan popularitas perusahaan si pengiklan.
  • Untuk mempromosikan suatu produk cukup mudah dan biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Jenis-Jenis Baliho

Secara umum baliho dibagi menjadi dua jenis, yaitu baliho vertikal dan baliho horizontal. Seperti namanya baliho tersebut memiliki ukuran yang berbeda sesuai bentuknya. Berikut masing-masing penjelasannya.

  1. Baliho Vertikal, yaitu baliho yang berukuran 2×3 meter atau 4×6 meter. Umumnya baliho ini dibuat dengan bahan papan triplek, kain, kertas, dan dipasang pada tiang.
  2. Baliho Horizontal, yaitu baliho yang berukuran 3×4 meter. Baliho ini umumnya dibuat dengan bahan triplek, kain, kertas sticker, dan dibuat dengan konstruksi yang lebih kokoh.

Contoh Baliho

Pengertian Baliho

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah pernah melihat yang namanya baliho yang banyak terdapat di pinggir-pinggir jalan, terutama jalan besar lintas kota. Umumnya baliho ditempatkan di pingir jalan yang banyak dilalui oleh pengendara (jalur sentral/utama). Di setiap kota pastinya terdapat jalan yang dipinggirnya terdapat kumpulan baliho. Contoh baliho yang umum adalah papan iklan kendaraan (dealer), bank, universitas, mall, toko elektronik dan lain sebagainya.

Nah, itulah pengertian mengenai baliho beserta ciri-ciri, jenis baliho, fungsi, manfaat dan contoh baliho. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai baliho dan semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Arti Kompleksitas

Avatar Freedoms
1 min read

Pengertian Konseptual

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *