Pengertian Ovipar

2 min read

Pengertian Ovipar
Apa yang dimaksud dengan ovipar? Menurut Wikipedia.org, ovipar adalah salah satu jenis perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur, yang secara umum memiliki ciri-ciri telurnya dierami sampai menetas. Jadi, secara sederhana ovipar merupakan sebutan untuk hewan yang bertelur dan bukannya melahirkan (vivipar).
Ovipar merupakan salah satu cara berkembangbiak hewan secara genetatif yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu ovipar (bertelur), vivipar (melahirkan), dan ovovivipar (bertelur dan melahirkan). Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas ovipar atau perkembangbiakan hewan secara bertelur.

Pengertian Ovipar

Ovipar adalah salah satu cara binatang berkembang biak dengan cara bertelur yang umumnya dilakukan oleh unggas dan reptil. Ovipar merupakan jenis reproduksi yang mengakibatkan telur dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan induknya. Telur yang dikeluarkan dari tubuh induk betina kemudian akan dierami hingga menetas menjadi anak

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Ovipar adalah jenis reproduksi pada hewan yang mengakibatkan telur yang dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan induknya

Perkembangbiakan secara ovipar terjadi setelah pembuahan, dimana embrio yang dihasilkan akan tumbuh dan berkembang di dalam cangkang telur. Embrio yang ada di dalam cangkar telur tersebut akan mendapatkan nutrisi dan cadangan makanan dari dalam telur.

Ciri-ciri Hewan Ovipar

Adapun ciri-ciri hewan yang berkembang biak secara ovipar adalah sebagai berikut.

  • Mengeluarkan dan mengerami telur.
  • Tidak mempunyai daun telinga.
  • Tidak mempunyai kelenjar susu.
  • Pertumbuhan janin relatif lambat.
  • Tidak menyusui anaknya.
  • Bentuk tubuh si anak jika sudah menetas sama dengan sang induk.
  • Janin tumbuh dan berkembang di dalam telur.
  • Janin berkembang dengan mendapatkan makanan dari cadangan makanan yang sudah ada di dalam telur.

Jenis Hewan Ovipar

Cara berkembangbiak hewan secara ovipar berdasarkan tempat terjadinya pembuahan masih dibagi ke dalam dua jenis, yaitu sebagai berikut.

  1. Hewan bertelur yang pada pembuahannya terjadi di dalam tubuh hewan betina, contohnya seperti ayam dan burung.
  2. Hewan bertelur yang pada pembuahannya terjadi di luar tubuh betina, contohnya seperti katak dan ikan.

Baca juga: Pengertian Vivipar

Contoh Hewan Ovipar

Perkembangbiakan binatang secara ovipar umumnya terjadi pada hewan jenis burung (unggas), ikan, serangga dan beberapa jenis reptil. Berikut beberapa contoh hewan yang berkembangbiak secara ovipar.

1. Ayam

Pengertian Ovipar
Ayam pedaging

Ayam atau bahasa latinnya (Gallus gallus domesticus adalah unggas yang umumnya dipelihara dan diternakan untuk dimanfaatkan daging dan telurnya. Ayam yang dipelihara untuk diambil manfaatnya dibagi menjadi 2, yaitu ayam potong yang dipelihara hanya untuk diambil dagingnya dan ayam petelur (untuk diambil telurnya).

Secara umum ayam akan bertelur dan mengerami telurnya selama kurang lebih 21 hari. Namun untuk beberapa jenis ayam menghasilkan jumlah telur yang berbeda-beda. Adapun jenis ayam diataranya: ayam pedaging, ayam petelur, ayam hutan, ayam bangkok, dan lain sebagainya.

2. Burung

Pengertian Ovipar
Burung puyuh

Burung adalah salah satu kelompok hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap, serta bertelur. Burung berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar).

Semua jenis burung baik besar maupun kecil semuanya bertelur, namun jumlah dan lamanya waktu mengerami berbeda-beda pada jenis burung. Burung dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya adalah burung kicau seperti jalak, murai, kenari, cucak. Sedangkan untuk burung yang diambil daging dan telurnya diantaranya burung dara, burung puyuh, dan burung derkuku atau tekukur.

Hewan yang berkembangbiak secara ovipar dalam jenis unggas sebenarnya masih banyak seperti angsa, entok, bebek, burung merpati. Selain dalam jenis unggas, berkembang biak secara ovipar juga banyak dilakukan oleh jenis reptil dan ikan, diantaranya adalah sebagai berikut.

3. Cicak dan Tokek

Cicak atau cecak adalah salah satu jenis hewan reptil yang biasanya merayap di dinding atupun pohon. Cecak secara umum memiliki ciri bewarna abu-abu, ada juga yang bewarna coklat kehitam-hitaman. Cecak merupakan jenis reptil yang cukup kecil karena hanya berukuran sekitar 10 centimeter. Cecak bersama tokek merupakan jenis reptil yang berkembang biak secara ovipar dan juga termasuk dalam suku Gekkonidae.

4. Ikan Mujair

Beberapa jenis ikan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur, salah satunya adalah ikan mujair. Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan yang mendiami air tawar dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Ikan mujair banyak tersebar diperairan Afrika dan di Indonesia.

Nah, itulah pengertian mengenai hewan ovipar yaitu jenis hewan yang berkembang biak atau bereproduksi dengan cara bertelur, beserta ciri-ciri, jenis dan contohnya. Demikian artikel yang dapat saya baikan mengenai ovipar dan semoga bermanfaat.

Pengertian Interpretasi

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Diskriminatif

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Ovovivipar

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *