Pengertian Opportunity Cost

2 min read

Pengertian Opportunity Cost

Apa itu opportunity cost? Opportunity cost adalah biaya peluang atau biaya kesempatan yaitu biaya yang dikeluarkan ketika memilih suatu kegiatan. Opportunity cost berbeda dengan biaya sehari-hari, karena opportunity cost muncul dari kegiatan alternatif yang tidak bisa dilakukan.

Opportunity cost diibaratkan bila seseorang mempunyai uang sebesar 10 juta. Dengan uang yang cukup besar tersebut, seseorang dapat berlibur ke Bali ataupun membeli Laptop. Jika ia membeli Laptop, maka ia akan kehilangan kesempatan untuk dapat berlibur ke Bali. Begitu pula sebaliknya, jika ia berlibur ke Bali ia juga akan kehilangan kesempatan membeli sebuah Laptop. Kesempatan yang hilang itulah yang disebut dengan opportunity cost atau biaya peluang.

Pengertian Opportunity Cost

Secara umum, opportunity cost adalah kesempatan atau peluang yang hilang jika kita memilih suatu hal atau kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi, dan dalam hal pilihan yang akan kita pilih tersebut, kesempatan yang hilang tersebut lah yang dianggap sebagai opportunity cost atau biaya peluang.

Pengertian Opportunity Cost Menurut Para Ahli

Beberapa para ahli bahasa di dunia mengemukakan pendapatnya mengenai opportunity cost, diantara sebagai berikut.

  • Menurut N. Gregoru Mankiw, opportunity cost adalah segala sesuatu yang wajib Anda korbankan agar dapat mengorbankan sesuatu.
  • Menurut Robert B. Ekelund, Jr serta Robert D. Tollison, opportunity cost adalah biaya penggunaan sumber daya ekonomi dengan maksud untuk tujuan yang tertentu yang di ukur berdasarkan ukuran keuntungan yang tidak jadi diperoleh yang disebabkan karena tidak memilih alternatif atau pilihan tersebut dibandingkan dengan komodini yang diperoleh sebagai gantinya yang disebabkan karena memilih alternatif lain.
  • Menurut Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus, opportunity cost adalah keputusan untuk memilih biaya peluang karena memilih 1 hal di dalam dunia kelangkaan yang menyebabkan harus menyerahkan sesuatu yang lainnya. Sehingga biaya peluang adalah nilai barang ataupun jasa yang paling berharga yang hilang.

Jadi secara sederhana, opportunity cost adalah biaya yang dikeluarkan atau dikorbankan jika kita memilih sesuatu hal.

Baca: Pengertian Negosiator

Penyebab Opportunity Cost

Penyebab timbulnya opportunity cost adalah berbagai masalah ekonomi yang dihadapi oleh manusia sehingga menuntut mereka untuk berpikir secara rasional dalam menentukan beragam pilihan, yang akhirnya membuat sumber alam atau sumber lainya yang dimilikinya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan maksimal.

Penyebab munculnya opportunity cost (biaya peluang)

  • Kelangkaan.
  • Tidak ada pilihan lain.
  • Memilih salah satu dari beberapa pilihan berdasarkan kebutuhan.

Oleh karena itu, pilihan ekonomi merupakan sebuah keputusan yang sadar dalam menggunakan sumber daya yang langka dengan cara tertentu. Jadi, kita harus memutuskan untuk menentukan dan memilih berapa banyak barang atau kegiatan yang akan dibeli. Sebagai saran, jika kita membuat pilihan maka harus menyeimbangkan antara manfaat yang akan kita peroleh dan miliki dengan biaya yang akan dikeluarkan hika kita harus mengorbankan sesuatu.

Opportunity Cost Ekonomi

Pengertian Opportunity Cost

Dalam ekonomi, opportunity cost adalah biaya yang muncul akibat dari memilih sebuah opsi terbaik dari beberapa opsi yang ada. Di saat orang dihadapkan pada beberapa pilihan opsi dan harus memilih satu, maka opsi yang tidak dipilih tersebutlah yang menjadi biaya peluang atau atau opportunity cost.

Pengertian lainnya mengenai opportunity cost ekonomi adalah biaya yang dikeluarkan dalam menggunakan sumber daya dengan tujuan tertentu, dan mengukur manfaat yang dilepaskan karena tidak menggunakan tujuan tersbeut.

Contoh Opportunity Cost

Putri adalah seorang lulusan D3 yang sedang merintis usaha kue dengan penghasilan bersih 30 juta/tahun. Kemudian rini mempertimbangkan pendidikannya untuk meneruskan ke jenjang S1. Rini merasa bahwa usaha kue yang ditekuninya akan mengalami peningkatan yang tinggi jika ia memiliki pendidikan yang tinggi juga. Maka ia memutuskan untuk menghentikan sementara usaha kuenya dan fokus untuk kuliah.

Dengan demikian, maka ia kehilangan penghasilan 30 juta per tahun tersebut. Jadi, opportunity cost untuk kuliah SI adalah sebesar penghasilan yang hilang tersebut. Penghasilan yang hilang tersebut (30 juta) dianggap sebagai biaya peluang untuk melanjutkan pendidikan.

Contoh Soal Opportunity Cost

Andi adalah lulusan perguruan tinggi, ia ingin mencari pekerjaan. Ia diwawancari di beberapa tempat, yaitu di perusahaan motor memperleh penghasilan Rp.3.000.000/bulan, Sedangkan perusahaan elektronik memperoleh penghasilan Rp. 2.250.000. Apabila Anda memutuskan bekerja di perusahaan elektronik, maka biaya peluangnya adalah

a. Rp. 500.000
b. Rp. 750.000
c. Rp. 2.250.000
d. Rp. 2.500.000
e. Rp. 3.000.000

Jawaban: Rp. 3.000.000, menghitung opportunity cost adalah dengan cara memilih pilihan yang ditinggalkan dengan opsi terbesar. Karena Anda lebih memilih bekerja di perusahaan elektronik, maka ia meninggalkan kesempatan bekerja di perusahaan motor dan meninggalkan kesempatan untuk mendapatkan gaji Rp. 3.000.000.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian mengenai biaya peluang atau opportunity cost, beserta penyebab, contoh opportunity cost dan contoh soal. Demikian artikel yang dapat saya share dan semoga bermanfaat.

Arti Kompleksitas

Avatar Freedoms
1 min read

Pengertian Konseptual

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *