Pengertian Mediasi

1 min read

Pengertian Mediasi

Mediasi adalah? Saat seseorang mengalami masalah, hal pertama yang diambil untuk menyelesaikannya adalah dengan cara mediasi atau ada yang lebih senang menyebutnya secara kekeluargaan. Lalu mediasi itu apa?

Pengertian Mediasi

Mediasi adalahsuatu upaya penyelasaian konflik dengan melibatkan pihak ketiga yang netral (mediator), yang tidak memiliki kewenangan mengambil keputusan yang membantu pihak-pihak yang bersengketa mencapai penyelesaian (solusi) yang diterima oleh kedua belah pihak

Menurut Wikipedia, mediasi adalah upaya penyelesaian konflik dengan melihatkan pihak ketiga yang netral, yang tidak memiliki kewenangan mengambil keputusan yang dapat membantu pihak-pihak yang bersengketa mencapai solusi atau penyelesaian yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Dalam KBBI mediasi berarti proses pengikutsertaan pihak ketiga dalam penyelesaian suatu perselisihan sebagai penasihat.

Menurut etimologi, mediasi bersumber dari bahasa Latin yaitu ‘Mediare’. Kata tersebut memiliki arti ‘berada di tengah’. Sedangkan istilah mediasi jika dalam bahasa Inggris, ‘Mediation’, memiliki arti penyelesaian sengketa yang berkaitan dengan pihak ketiga sebagai penengah dalam penyelesaiannya.

Menurut Terminologi, mediasi adalah peran yang ditunjukkan pihak ketiga. Pihak ketiga ini disebut mediator. Mediator memiliki tugas menjadi penengah dan mencoba menyelesaikan suatu konflik atau sengketa antara pihak-pihak yang terlibat.

Definisi lainnya, mediasi artinya sebuah usaha untuk menyelesaikan konflik dengan melibatkan pihak ketiga yang memiliki sifat netral atau tidak memihak pihak mana pun, tidak memiliki wewenang mengambil keputusan yang berusaha memihak pada salah satu pihak yang bersengketa demi meraih penyelesaian atau solusi an solusi tersebut haruslah diterima kedua belah pihak yang bersengketa.

Pengertian Mediasi Menurut para Ahli

Pengertian Mediasi

Para ahli pun turut menyumbangkan definisi mediasi menurut pemahaman mereka. Berikut adalah definisi-definisi mediasi menurut para ahli tersebut.

1. Jacqueline M, Nolah Haley

Mediasi umumnya dipahami sebagai proses intervensi partisipatif terstruktur yang berorientasi sebagai tugas dan jangka pendek. Pihak-pihak yang berselisih bekerjasama dengan pihak ketiga yang netral. Di mana pihak ketiga disebut mediator untuk mencapai tujuan bersama. Ini adalah pengertian mediasi menurut Jacqueline M, Nolah Haley.

2. Mahkamah Agung no. 2 tahun 2003

Mediasi merupakan penyelesaian sengketa melalui perundingan para pihak yang bersengketa dengan bantuan mediator.

3. Kovach

Memfasilitasi proses negosiasi dengan adanya pihak ketiga atau mediator yang netral di mana ia bertugas membantu pihak yang berselisih dalam mencapai solusi yang saling memuaskan merupakan pengertian mediasi dari Kovach.

4. Priatna Abdurrasyid

Menurut Priatna Abdurrasyid, mediasi adalah suatu proses untuk mencapai damai di mana para pihak yang bersengketa menyerahkan penyelesaiannya kepada seorang pihak ketiga atau mediator. Mediator adalah seseorang yang mengatur pertemuan antara pihak yang bersengketa untuk kemudian berunding mencari solusi atau untuk mencapai hasil akhir yang adil untuk kedua belah pihak atau lebih yang bersengketa.

Tanpa biaya besar tetapi tetap efektif dan dapat diterima sepenuhnya oleh pihak-pihak yang terkait, terkhusus yang bersengketa. Pihak ketiga atau mediator berperan mendampingi dan memberikan nasihat yang kemudian memberikan solusi untuk perseteruan yang ada.

5. Folberg dan A. Taylor

Menurut J. Folberg dan A. Taylor adalah sebuah proses di mana masing-masing partisipan yang bersengketa bersama dengan bantuan orang netral. Secara sistematis mengisolasi sengketa untuk mengembangkan opsi penyelesaian, mempertimbangkan altenatif yang ada, dan mencapai penyelesaian konsensual yang akan mengakomodasi kebutuhan mereka.

Nah itulah beberapa pengertian mediasi menurut para ahli. Bisa disimpulkan dengen jelas bahwa mediasi adalah sebuah upaya untuk mencapai damai di antara pihak yang bersengketa dengan bantuan pihak ketiga atau mediator dengan biaya yang sedikit tetapi tetap efektif dan keputusan yang tercipta mampu diterima oleh masing-masing pihak.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Arti Lockdown

Poer Poer
1 min read

Arti Ekuitas adalah?

Poer Poer
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *