Masyaallah Tabarakallah

1 min read

Masyaallah Tabarakallah

Masyaallah Tabarakallah Artinya dan Tulisan Arab – Dalam kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia yang sebagian besar beragama Islam, pasti kita sering mendengar kata-kata dalam bahasa Arab yang selalu diucapkan, seperti naudzubillah min dzalik yang diucapkan ketika melihat atau mendengar suatu peristiwa, perbuatan, dan fenomena buruk atau tidak baik.

Salah satu kata lain yang sering atau umum di ucapkan adalah kata masyaallah. Kata tersebut sering kita dengar setiap harinya, terutama di Indonesia. Memang kata tersebut sering diucapkan ketika sedang melakukan perbincangan dengan orang. Lalu apa arti masyaallah?

Masyaallah Tulisan Arab dan Artinya

Secara umum kata Masya Allah (ما شاء الله) di ucapkan ketika ada seorang muslim yang merasa kagum akan suatu hal atas kuasa Allah Swt, seperti kekaguman terhadap suatu kejadian peristiwa atau terhadap seseorang.

Selain itu, kata Masyaallah sering digunakan untuk ekspresi penghargaan, di waktu yang sama juga sebagai pengingat bahwa semua pencapaian bisa terjadi karena kehendak Allah Swt. Lalu apa arti dan makna dari kalimat Masyaallah?

Berdasarkan Kitab Tafsir Al Quranul Karim Surat Al Kahfi, Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin di dalamnya menjelaskan mengenai kalimat “Masya Allah” (ما شاء الله) yang diartikan dengan dua makna atau arti, yaitu sebagai berikut.

“inilah yang diinginkan oleh Allah”.
“apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi”

Jadi, ketika ada seseorang yang melihat sesuatu hal yang menakjubkan baginya, maka orang tersebut akan mengucap Masya Allah, karena kita menyadari bahwa itu semua yang terjadi karena kuasa Allah Swt.

Masyaallah Tabarakallah Tulisan Arab dan Artinya

Masyaallah Tabarakallah

Kata Masya Allah biasanya juga ditambahkan dengan kata Tabarakallah atau lengkapnya “Masyaallah Tabarakallah”. Karena kita sudah mengetahui arti dari kata Masyaallah, lalu apa arti dari kata Tabarakallah?

Arti “Baraka” (بارك) adalah memberkahi, sedangkan “Tabaraka” (تبارك) adalah Maha Berkah atau Maha Tinggi atau Maha Suci. Jadi kalimat “Tabarakallah” (تبارك الله) artinya semoga Allah memberkahi.

Tabarakallah memiliki arti atau makna semoga Allah memberkahimu atau berkat Allah semua hal bisa terjadi. Hal yang dimaksud adalah kejadian yang bersifat menyenangkan dan doa yang diucapkan untuk seseorang yang membuat diri kita kagum kepadanya.

Jadi, bila digabungkan dengan dengan Masya Allah, Masyaallah Tabarakallah memiliki arti sebagai berikut.

ما شاء الله تبارك الله

Artinya:Inilah yang dikehendaki Allah, semoga Allah memberkahimu.”

Dalil Tentang Kehendak Allah Swt.

فَمَن يُرِدِ ٱللَّهُ أَن يَهْدِيَهُۥ يَشْرَحْ صَدْرَهُۥ لِلْإِسْلَٰمِ ۖ وَمَن يُرِدْ أَن يُضِلَّهُۥ يَجْعَلْ صَدْرَهُۥ ضَيِّقًا حَرَجًا كَأَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِى ٱلسَّمَآءِ ۚ كَذَٰلِكَ يَجْعَلُ ٱللَّهُ ٱلرِّجْسَ عَلَى ٱلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ

Artinya: Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. (Q.S. Al-An’am Ayat 125)

Allah Swt. berfiman:

… يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ …

Artinya: “…Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghen-daki kesukaran bagimu… .” (Al-Baqarah/2 : 185)

Masyaallah Tabarakallah memiliki arti suatu ungkapan terima kasih kepada Allah Swt, karena dengan kehendak Allah Swt semua kejadian bisa terjadi. Nah, itulah informasi yang dapat saya bagikan mengenai kalimat Masyaallah Tabarakallah yang banyak digunakan dalam quote-quote agama Islam, dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

One Reply to “Masyaallah Tabarakallah”

  1. Bismillah
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh kak.
    Izin save and share tulisan arabnya ya kak. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *