Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

2 min read

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

Manfaat dan peran tumbuhan hijau bagi kehidupan di bumi sangatlah penting, karena selain sebagai produsen pertama dalam rantai makanan, tumbuhan juga memiliki peran positif bagi kehidupan. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari tumbuhan. Beberapa peran dan manfaat tumbuhan bisa dilihat dalam berbagai bidang seperti industri, kesehatan, dan juga pangan.

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

Tumbuhan di bumi memiliki manfaat dan peran yang sangat penting dalam segala aspek kehidupan manusia, terutama dalam bidang industri, kesehatan, dan juga ekonomi (pangan, sandang, pangan). Akan tetapi, peran tumbuhan yang paling utama dalam kehidupan adalah sebagai penyedia oksigen bagi seluruh makhluk hidup di bumi. Nah, berikut adalah beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia.
  1. Sebagai penyedia sumber oksigen.
  2. Sebagai sumber makanan.
  3. Sebagai bahan obat-obatan.
  4. Sebagai sumber bahan bakar.
  5. Sebagai bahan untuk sandang dan papan.

Baca juga: Manfaat tumbuhan lumut

Manfaat Tumbuhan dalam Berbagai Bidang

Selain itu, tumbuhan juga memiliki peran manfaat bagi manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Diantara dalam bidang industri, kesehatan, dan bidang ekonomi.

1. Bidang Industri

Dalam bidang industri, tumbuhan memiliki manfaat. Contohnya seperti tumbuhan berbiji yang menjadi bahan baku industri, seperti biji kopi, coklat, daun teh, kelapa sawit, tebu, dan kedelai.

2. Bidang Kesehatan

Manfaat tumbuhan dalam bidang kesehatan yaitu digunakan untuk mengobati segala macam penyakit (herbal). Contohnya Marchantia polymorpha digunakan untuk mengobati sakit hepatitis (radang hati), paku rane (Selaginella wildenowii) sebagai obat penyembuh luka, ekstrak Ginkgo biloba dapat mengobati pusing, penambah stamina hingga mampu mengobati kanker, pohon jambu (Psidium guajava) sebagai obat sakit perut.

3. Bidang Ekonomi

Manfaat dan peran di bidang ekonomi meliputi peran di bidang pangan, sandang, dan papan.

  • Peran di bidang pangan, contoh Plantae sebagai bahan pangan antara lain semanggi (Marsilea crenata), jagung (Zea mays), ketela pohon (Manihot utilissima), dan kentang (Solanum tuberosum).
  • Peran di bidang sandang, contoh anggota Plantae sebagai bahan sandang antara lain kapas (Gossypium sp.), dan rami.
  • Peran di bidang papan, contoh anggota Plantae yang digunakan untuk bahan bangunan, seperti pohon jati (Tectona grandis). Rotan pun banyak digunakan untuk perlengkapan alat rumah tangga.

Selain bermanfaat di beberapa bidang tersebut, banyak spesies anggota kingdom Plantae dapat dijadikan sebagai tanaaman hias, misalnya paku sarang burung (Asplenium nidus), paku ekor merak (Adiantum farleyense), paku suplir (Adiantum cuneatum), paku tanduk rusa (Platycerium bifurcatum), dan berbagai macam anggrek.

Manfaat Tumbuhan Bagi Makhluk Hidup Lain

Peran dan manfaat tumbuhan sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup lain, terutama dalam ekosistem. Karena tumbuhan dapat menjaga keseimbangan ekosistem. Berikut manfaat tumbuhan bagi lingkungan ekosistem.
  1. Sebagai produsen, tumbuhan berperan sebagai penyedia makanan bagi tumbuhan sendiri dan bagi makhluk hidup lain karena tumbuhan dapat melakukan fotosintesis.
  2. Sebagai penjaga ketersediaan air karena akar pohon yang menembus di dalam tanah dapat mengikat air hujan yang jatuh ke tanah dan mampu menahan derasnya aliran sungai di permukaan.
  3. Sebagai penjaga permukaan lahan, dengan akar tumbuhan yang kuat dapat menjaga dan menahan agar tanah tidak erosi dan longsor,
  4. Sebagai penyerap karbon dioksida (CO2), tumbuhan dapat menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan oleh makhluk hidup lain yang dimanfaatkan tumbuhan sebagai sumber pembentukan senyawa organik.
  5. Sebagai penghasil oksigen (O2), tumbuhan dapat menghasilkan oksigen dalam peristiwa fotosintesis, yang kemudian dimanfaatkan makhluk hidup lain untuk melakukan respirasi.

Dampak Menurunnya Keanekaragaman Tumbuhan

Tumbuhan memiliki fungsi utama yaitu menjaga keseimbangan ekosistem. Menurunnya keanekaragaman ekosistem biasanya terjadi pada ekosistem buatan seperti sawah karena ekosistem sawah tumbuhan yang hidup merupakan tanaman yang dibudidayakan oleh petani sehingga keanekaragaman tumbuhannya rendah bila dibandingkan dengan ekosistem alami seperti hutan yang memiliki keanekaragaman tumbuhan yang tinggi.

Oleh karena itu, ekosistem sawah lebih labil atau tidak seimbang bila dibandingkan dengan ekosistem hutan. Ekosistem yang tidak seimbang lebih mudah mengalami gangguan, seperti sering terjadi ledakan populasi hama yang dapat menyebabkan menurunnya keanekaragaman tumbuhan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *