Pengertian Kopdar

1 min read

Pengertian Kopdar

Kopdar adalah? Kopdar atau Kopi darat merupakan sebuah istilah yang mulai populer dikalangan para pecinta suatu perkumpulan ataupun komunitas. Tidak sampai situ kadang istilah ini sering digunakan untuk sebuah pertemuan antara pria dan wanita yang belum pernah melihat satu sama lain.

Pengertian Kopdar

Kopdar adalah suatu pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau kelompok yang mayoritas dari mereka belum pernah bertemu sebelumnya dan mengenal satu sama lain, ditempat yang telah disepakati sebelumnya.

Kopi darat pertama kali dipopulerkan oleh Sys Ns yang berasal dari radio terkenal Prambors Jakarta didalam segment Warkop, pada era akhir 70-an. Lalu kemudian setelahnya kopi darat ikut dipopulerkan oleh Orari (Radio Breaker) yang sempat menjadi radio nomor satu di Indonesia pada tahun 1982-1984.

Maksud dan tujuan diadakannya suatu perkumpulan kopdar biasanya mengacu pada ajang pertemuan yang umumnya sudah saling kenal melalui handphone ataupun internet. Jika pada zaman dulu orang-orang yang akan bertemu biasanya sudah saling mengenal lewat komunikasi radio.

 

Pengertian Kopdar

Arti kopdar kerap diartikan sebagai perkumpulan komunitas biasa, namun pada zaman dulu kopdar justru lebih populer pengguna radio amatir. Sebab para pengguna radio amatir istilahnya berkenalan melalui udara sehingga tidak akan mengenal muka. Dari sini, biasanya kopdar baru dilakukan.

Kemudian pada era modern seperti saat ini, istilah kopdar mulai digunakan untuk suatu pertemuan tindak lanjut dari perkenalan melalui beberapa situs media sosial atau chat yang lebih pribadi. Dari sinilah pertemuan dengan tujuan kopdar menjadi lebih luas cakupannya.

Kopdar atau kopi darat sekarang ini banyak dilakukan oleh para komunitas pecinta motor tertentu seperti kopdar RX King, Beat, NMax, Xvion, Ninja, Motor CB, hingga kopdar komunitas ojek Online seperti Gojek atau Grab.

Tujuan Kopdar

Adapun tujuan untuk mengadakan kopi darat adalah sebagai berikut.

  • Untuk menjalin komunikasi yang aktif, nyata dan juga terbuka.
  • Untuk saling mengenal antara satu dengan yang lainnya, pengertian kopdar yang sesungguhnya dapat diterapkan diantara sesama member dari suatu komunitas baik yang lama atau baru, tua-muda, besar-kecil, pria-wanita, anak anak, para pengurus, ataupun para simpatisan sekalipun.
  • Mempererat tali persaudaraan, pertemanan, kekeluargaan diantara semua anggota pertemuan yang notabene merupakan bagian dalam organisasi tersebut.
  • Dapat memecahkan segala bentuk masalah yang muncul jika ada, untuk bersama mencari solusi dan jalan keluar dengan kekeluargaan, tanggung jawab, dengan tetap menjaga komitmen serta menjunjung tinggi harkat, martabat, dan juga kaidah berorganisasi ataupun berkelompok dalam komunitas.

Manfaat Kopdar

Adapun manfaat dari penerapan pengertian kopdar yang sesungguhnya adalah sebagai berikut.

  • Dapat memperluas informasi dan wawasan dengan saling bertukar pengalaman, ide dan juga konsep kelompok atas dasar kepentingan komunitas.
  • Dapat menciptakan suasana baru untuk menjauhkan atau menghilangkan diri dari rasa jenuh beraktifitas dari rutinitas sehari-hari.
  • Menciptakan kesan yang mendalam setelah pertemuan, sehingga akan memunculkan rasa ingin yang bertambah untuk melakukan kopdar kembali.
  • Dapat menghilangkan stres dan sebagai media hiburan

Dari awal mula adanya atau populernya istilah kopdar tentunya untuk menciptakan suatu hal yang positif bagi berbagai pihak tanpa perlu mengganggu apalagi sampai merugikan pihak lain yang tidak terlibat.

Tidak sedikit yang menggunakan dan merealisasikan pengertian kopdar sebagai suatu hal yang negatif hingga menimbulkan dampak yang sangat tidak baik bagi pihak yang terkait ataupun tidak terkait.

Diharapkan agar kopdar dilakukan dengan tujuan yang baik dan dengan cara yang baik untuk melahirkan ikatan persaudaraan yang positif dan akan lebih baik jika menghasilkan hal yang bermanfaat bagi berbagai pihak.

Pengertian Interpretasi

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Diskriminatif

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Empiris

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *