Kelompok Sosial – Pengertian, Ciri dan Syarat

2 min read

Kelompok Sosial - Pengertian, Ciri dan Syarat

Disadari atau tidak manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dan dibutuhkan oleh orang lain dalam kehidupan. Keterkaitan tersebut mendorong hubungan saling membutuhkan hingga dapat membentuk suatu kelompok.

Kelompok merupakan kumpulan individu yang diberi kesamaan berdasarkan sesuatu hal. Kelompok di dalam kehidupan masyarakat banyak sekali jumlahnya. Hal ini merupakan pengkategorian terhadap tujuan dari setiap anggotanya yang sama, jenis kegiatan yang sama, dan orientasi yang sama.

Anggota-anggota dari suatu kelompok berinteraksi secara langsung dan melakukan proses sosial secara akrab dan intensif. Pergaulan manusia tersebut akan menilmbulkan suatu perasaan yang saling membutuhkan. Semua itu berhubungan dengan kelompok sosial.

Lalu apa sesungguhnya kelompok sosial itu? Nah, untuk dapat memperluas wawasan Anda mengenai kelompok sosial, berikut adalah beberapa pengertian kelompok sosial secara umum dan menurut para ahli.

Pengertian Kelompok Sosial

Kelompok sosial adalah sekumpulan individu dengan karakteristik tertentu dan kesamaan identitas yang saling berinteraksi bersama serta memiliki kesadaran kolektif sebagai satu kesatuan.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Kelompok Sosial - Pengertian, Ciri dan Syarat

Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena adanya hubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi.

Menurut Astrid Susanto, kelompok sosial adalah kesatuan dari dua atau lebih individu yang mengalami interaksi psikologis satu sama lain.

Menurut Hendro Puspito, kelompok sosial adalah suatu kumpulan nyata, teraturm dan tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama.

Menurut Robert K. Merton, kelompok sosial adalah sekelompok orang yang saling berhubungan dalam sebuah struktur.

Menurut Horton dan Hunt, kelompok sosial adalah sejumlah orang yang sama-sama memiliki kesadaran tentang keanggotaan bersama dan interaksi antara mereka.

Menurut Giddens, kelompok sosial adalah sejumlah orang yang berinteraksi satu sama lain secara teratur.

Menurut Bierstedt, kelompok sosial adalah kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis, berhubungan satu dengan yang lain, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi.

Baca: Pengertian Hubungan Sosial

Penjelasan Kelompok Sosial

Berdasarkan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam kelompok sosial terdapat anggota kelompok yang saling berinteraksi dan memiliki kesadaran dalam satu ikatan, artinya kelompok sosial tidak terbentuk begitu saja.

Beberapa orang yang saling bertemu dan tidak berlangsung sebuah interaksi di dalamnya belum dapat dikatakan sebagai sebuah kelompok sosial. Sebab untuk dikatakan sebagai sebuah kelompok sosial harus berlangsung sebuah interaksi antarindividu yang ada di dalamnnya.

Oleh karena itu, tidak semua orang yang berkumpul merupakan kelompok sosial. Mungkin saja berkumpulnya orang tersebut hanyalah suatu kebetulan dan bukan atas dasar keterikatan pada suatu hal antara individu yang satu dan yang lain.

Contohnya orang-orang yang sedang hilir mudik berbelanja di pasar, orang yang sedang antre membeli karcis kereta, dan sebagainya. Mereka sebenarnya juga merupakan kelompok, tetapi bersifat semua dan tidak permanen.

Ciri Kelompok Sosial

Kelompok Sosial - Pengertian, Ciri dan Syarat

Secara umum, keberadaan kelompok sosial ditandai dengan adanya beberapa ciri sebagai berikut.

  • Mempunyai kepentingan bersama.
  • Merupakan kesatuan yang nyata dan dapat dibedakan antara kelompok satu dan kelompok lain.
  • Adanya interaksi dan komunikasi di antara para anggotanya.
  • Memiliki struktur sosial yang masing-masing anggotanya mempunyai status dan peran tertentu.
  • Memiliki norma-norma sosial yang mengatur hubungan antaranggotanya.

Adapun menurut Robert K. Merton, terdapat kriteria yang menandai suatu kelompok sosial yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki pola interaksi.
  • Pihak yang berinteraksi mendefinisikan dirinya sebagai anggota kelompok.
  • Pihak yang berinteraksi didefinisikan oleh orang lain sebagai anggota kelompok.

Baca juga: Pengertian Tindakan Sosial

Syarat Kelompok Sosial

Kelompok Sosial - Pengertian, Ciri dan Syarat

Prof. Soerjono Soekanto mengemukakan tentang adanya lima syarat yang harus dipenuhi agar suatu kumpulan manusia dapat dikategorikan sebagai kelompok sosial, yaitu sebagai berikut:

  1. Adanya kesadaran para anggotanya sebagai suatu kelompok. Kesadaran ini menjadi penting sebab dengan adanya kesadaran dalam diri anggota terhadap kelompoknya akan menimbulkan rasa memiliki yang pada gilirannya akan memelihara keutuhan kelompo. Keanggotaan suatu kelompok sosial dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu mengukuhkan diri menjadi anggota kelompok dan dikukuhkan orang lain sebagai anggota kelompok.
  2. Adanya hubungan timbal balik di antara sesama anggota dalam kelompok tersebut. Kekompakan atau solidaritas antara anggota akan memberikan kontribusi bagi perkembangan kelompok.
  3. Adanya struktur, kaidah, dan pola perilaku. Tiap anggota dari suatu kelompok mempunyai status sosial tertentu, dan setiap status sosial tersebut (baik sederajat maupun tidak sederajat) memiliki keterkaitan yang sangat erat sehingga membentuk suatu setruktur.
  4. Adanya faktor pengikat di antara anggota yang ada menjadi satu kelompok, seperti nasib, kepentingan, tujuan, ideologi politik, dan lain-lain. Keberadaan rasa senasib sepenanggungan atau sehidup semati dalam kelompook dapat menimbulkan semangat untuk bekerja sama demi tujuan bersama.
  5. Adanya sistem dan proses sosial.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai kelompok sosial, mulai dari pengertian, ciri-ciri dan syarat kelompok sosial. Demikian artikel yang dapat kami bagikan mengenai materi pelajaran Sosiaologi bab kelompok sosial, dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *