Kalimat Utama

2 min read

Kalimat Utama

Kalimat utama adalah? Dalam setiap pembuatan karangan kita selalu menyusun kalimat yang sesuai dengan karangan yang akan kita buat. Kalimat adalah satu hal yang penting pada sebuah paragraf. Sedangkan pada sebuah paragarf terdapat dua jenis kalimat, yaitu kalimat utama dan kalimat penjelas. Namun dalam artikel kali ini akan membahasa mengenai kalimat utama.

Pengertian Kalimat Utama

Kalimat utama adalah suatu kalimat yang mengandung gagasan utama, yaitu gagasan yang mengandung inti dan digunakan untuk membangun seluruh isi sebuah paragraf. Dengan kata lain, kalimat utama merupakan suatu gagasan utama atau ide pokok yang sifatnya masih umum atau keseluruhan dalam suatu paragraf.

Kalimat utama adalah salah satu unsur pembangun paragraf dalam Bahasa Indonesia. Paragraf sendiri merupakan kumpulan kalimat yang berisi mengenai kalimat utama dan penjelas. Untuk dapat membangun sebuah paragraf diperlukan sebuah kalimat utama dan kalimat penjelas.

Perbedaan Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang di dalamnya mengandung gagasan utama yaitu gagasan yang mengandung inti dan digunakan dalam membangun sebuah isi paragraf. Sedangkan kalimat penjelas adalah sebuah kalimat yang didalamnya mengandung gagasan penjelas yang berfungsi menjelaskan gagasan utama.

Mendengar kalimat utama, pasti dalam benak kamu suatu kalimat yang terletak di awal paragraf. Namun tidak selamanya kalimat utama tereletak di awal paragraf. jika kalimat utama terletak di awal paragraf maka disebut sebagai paragraf deduktif. Sedangkan jika kalimat utama terletak di akhir maka disebuat sebagai kalimat induktif. Dan jika terletak di awal dan di akhir dinamakan kalimat campuran.

Fungsi Kalimat Utama

Fungsi dari kalimat utama adalah sebagai gagasan paragraf dan sebagai gagasan teks cerita. Pertama, fungsi kalimat utama sebagai gagasan paragraf merupakan pokok pikiran yang berada di kalimat utama dan diperjelas oleh kalimat penjelas juga sebagai inti dari pembahasan dalam paragraf tersebut. Kedua, fungsi kalimat sebagai gagasan teks merupakan gagasan utama yang mengacu pada gagasan teks. Merupakan topik yang dibicarakan pada suatu teks.

Pada dasarnya kalimat utama terletak pada semua karangan. Entah itu, dalam berita, artikel, jurnal, ataupun karangan lain seperti cerpen dan novel. Karena kalimat utama selalu digunakan pada setiap paragraf dalam sebuah karangan. Dengan dengan adanya kalimat utama, penulis dapat mengembangkan kalimat selanjutnya dalam suatu karangan.

Ciri-Ciri Kalimat Utama

Setelah mengetahui fungsi kalimat utama dan penggunaannya, alangkah baiknya jika kamu juga mengetahui ciri-cirinya. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut kamu akan lebih mudah untuk mengetahui letak dari kalimat utama tersebut. Ciri-ciri kalimat utama adalah sebagai berikut.

  1. Terletak di awal paragraf, namun terkadang pada tengah atau akhir paragraf.
  2. Di dahului oleh kata ‘jadi’ dan ‘demikin’ atau ‘dengan demikin’.
  3. Berisi mengenai kalimat yang dapat dikembangkan oleh kalimat penjelas.
  4. Sifatnya umum.

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, dan ciri-ciri dari kalimat utama. Lalu bagaiman kita menemukan letak kalimat utama dalam sebuah paragraf? Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, mudah saja. Kamu hanya perlu membaca paragraf dari awal hingga akhir dengan saksama. Lalu menentukan ide pokok dalam paragraf tersebut, dan menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama.

Jika kamu ingin membuat suatu karangan pastikan kalimat utama apa yang akan kamu jelaskan pada karangan tersebut. Karena kalimat utama adalah aspek terpenting dalam suatu paragraf. Tanpa adanya kalimat utama maka paragraf yang kamu buat tidak akan terarah dan terkesan berantakan ketika dibaca.

Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Berikut contoh paragraf yang didalamnya terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas.

Senam arobik merupakan jenis senam yang digunakan untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan kebugaran dalam tubuh manusia dengan gerakan yang diiringi oleh alunan musik. Pada gerakan senam aerobik ini bertujuan untuk melatih otot-otot dan meningkatkan kadar oksigen pada tubuh.

Dari contoh diatas kamu sudah bisa menemukan kalimat utamanya. Kalimat utamanya terletak pada kalimat awal, sedangkan kalimat selanjutnya merupakan kalimat penjelas. Mudah bukan untuk menentukan kalimat utama dalam suatu paragraf? Hanya mencari kalimat umum dengan ciri-ciri yang sudah dijelaskan, kamu akan dengan cepat menemukan kalimat utamanya.

Baca juga: Unsur Intrinsik Cerpen

Itulah beberapa penjelasan mengenai kalimat utama. Pada dasarnya kalimat utama adalah kalimat yang sering sekali muncul pada paragraf. Untuk itu betapa pentingnya mengetahui kalimat utama pada setiap paragraf yang kamu baca atau yang akan kamu buat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Kesan dan Pesan Perpisahan

Poer Poer
4 min read

Unsur Puisi

Poer Poer
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *